Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

5 Poin ini Perlu Ada pada Checklist Anda Sebelum Merenovasi Rumah

Ada beberapa point penting yang semestinya ada pada checklist sebelum merenovasi rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Membuat checklist renovasi rumah rumah sebenarnya merupakan tahapan terpenting sebelum  Anda mengeksekusi rumah untuk direnovasi. Pentingnya fungsi dari checklist ini untuk memastikan semua hal yang Anda rencanakan dapat berjalan dengan baik.

Bayangkan bagaimana ribetnya bila Anda tidak menyiapkan checklist ini. Bisa-bisa Anda akan keteteran saat mencari berbagai kebutuhan material, termasuk menyiapkan dana yang ternyata diluar ekspektasi sebelumnya.


Maka dengan membuat perencanaan yang tepat, nanti diharapkan Anda dapat mewujudkan rancangan rumah terbaik sebagai tempat berkumpul bersama keluarga tercinta. Oleh sebab itulah menciptakan suasana rumah senyaman mungkin, sudah menjadi suatu prioritas utama sebelum rasa jenuh melanda.

Checklist renovasi rumah, persiapan budget untuk renovasi rumah, persiapan renovasi rumah
Ada beberapa point penting yang semestinya ada pada checklist sebelum merenovasi rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Checklist renovasi rumah yang perlu Anda catat sebelumnya

Disini ada beberpa poin yang bisa Anda rangkum untuk membuat daftar apa saja yang perlu dikerjakan sebelum melakukan renovasi rumah minimalis Anda, diantarnya yaitu :

1. Cek Kerusakan

Poin paling utama dari persiapan merenovasi rumah, tentu saja mengecek apa saja bagian yang sudah mendesak untuk diperbaiki. Dalam proses pengecekan ini, akan lebih baik bila Anda melibatkan arsitek atau tukang bangunan untuk memberikan saran tentang apa saja yang perlu diperbaiki dari rumah Anda.Karena perhitungan mereka tentu lebih akurat daripada perhitungan orang awam. Bisa jadi yang menurut kita baik-baik saja, namun di mata seorang ahli, hal tersebut sudah berdampak kritis dan berpotensi menyebabkan resiko yang fatal bila dibiarkan begitu saja.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jual Beli Rumah Dengan Mudah dan Aman agar terhindar dari Kerugian

2. Buat persiapan budget yang tepat

cara menaikkan harga jual tanah, cara meningkatkan harga jual tanah, cara bisnis jual beli tanah agar tidak tertipu, cara menaksir harga rumah, cara menaksir harga rumah bekas, cara menghitung harga rumah untuk dijual
Siapkan perhitunganyang tepat sebelum merenovasi rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Persiapan budget juga termasuk point terpenting dari persiapan renovasi rumah Anda.  Tanpa Perencanaan budget yang tepat, bisa jadi pengeluaran Anda akan menjalar kemana-mana. Kesiapan dana yang Anda miliki nantinya akan menentukan, apakah Anda perlu melakukan renovasi rumah secara bertahap atau menyeluruh. Maka,agar  rencana renovasi rumah Anda tidak tumpang tindih dengan berbagai keperluan lain, perencanaan di awal sangat perlu dilakukan.

3. Cek harga bahan bangunan 

Dengan mengetahui terlebih dahulu harga dari berbagai material yang dibutuhkan, Anda akan terhindar dari membengkaknya biaya diluar perhitungan awal. Akan lebih baik lagi apabila Anda mengalokasikan menuliskan poin dana takterduga pada salah satu estimasi anggaran Anda.  Karena nantinya memang akan ada banyak biaya-biaya lain yang kadang harus diluar perencanaan awal. Namun bisa jadi saat pengerjaan, ada juga barang-barang yang harganya ternyata lebih murah dari asumsi awal. Namun bagaimanapun, perencanaan keuangan dan survey harga memang penting dilakukan sebelum Anda melakukan renovasi rumah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Menyiasati Kamar Tidur Sempit Ternyata Tidak Sulit!

4. Pilih waktu yang tepat 

Pemilihan waktu yang tepat ini diperlukan agar pengerjaan renovasi rumah Anda berjalan dengan lancar. Sebaiknya jangan memilih waktu di musim hujan, karena turunnya hujan, sedikit banyak akan mengurangi performa kinerja tukang Anda. Selain itu resiko korsleting listrik juga rentan terjada ketika hujan turun. Maka demi menghindari berbagai dampak buruk yang tidak diinginkan, alangkah baiknya Anda benar-benar cermat memilih waktu yang tepat untuk merenovasi rumah.

5. Pindah tempat sementara jika diperlukan

Anda bisa memilih untuk pindah sementara daripada harus tinggal di dalam rumah yang sedang dalam proses renovasi. Selain tidak nyaman ditinggali, mengosongkan rumah juga dapat membut para tukang lebih leluasa untuk mengerjakan tugasnya.

Itulah beberapa checklist renovasi rumah minimalis yang bisaa Anda terapkan. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, tentunya berbagai hal buruk saat eksekusi renovasi bisa dihindari. Dan alangkah baiknya Anda bisa menambah berbagai point di atas dengan mengkonsultasikan checklist ini dengan arsitek atau tenaga ahli di bidangnya. Semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.