Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cegah atap dari kebocoran (Bagian #2 dari artikel Persiapan menghadapi musim hujan)

cegah atap dari kebocoran saat musim hujan- diminimalis.com

Cegah atap dari kebocoran sejak dini, sebelum semuanya terlambat! Upaya antisipasi harus diprioritaskan daripada memperbaiki kerusakan ketika kebocoran atap benar-benar terjadi. Memperbaiki atap yang bocor saat musim hujan tidaklah efektif, Anda tidak bisa menjamin kapan bisa memiliki waktu luang yang sekaligus bertepatan dengan kondisi cuaca kering. Kalaupun hujan turun tiap hari dari siang hingga sore, tak mungkin juga Anda akan memperbaikinya di malam hari.

 cegah atap dari kebocoran, cegah atap dari kebocoran saat musim hujan, solusi atap bocor, antisipasi atap bocor,
cegah atap dari kebocoran saat musim hujan- diminimalis.com

Di artikel sebelumnya kami telah membahas tentang persiapan menghadapi musim hujan. pada artikel kali ini kami akan lebih banyak menyoroti tentang permasalahan kebocoran atap rumah. Sebagaimana yang kami jelaskan di atas, solusi terbaik dari masalah bocornya atap rumah adalah dengan mencegahnya sebelum musim hujan datang.

Cegah atap dari kebocoran sebelum terlambat

Sebelum menyelesaikan masalah kebocoran atap, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan atap bocor. Ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah atap dari kebocoran saat musim hujan.

1. Kemiringan atap
Point ini kami tulis di urutan teratas karena terkait dengan upaya paling awal dalam merancang bangunan rumah. Semaksimal apapun Anda menanggulangi masalah kebocoran atap rumah minimalis Anda, hal ini akan menjadi sia-sia bila faktor kemiringan atap rumah tidak kondusif untuk melindungi rumah Anda dari air hujan. Pada saat membangun rumah, kondisi atap sebaiknya dirancang dengan kemiringan 30°—40°.

2. Berikan pelapis
Lembaran pelapis yang dugunakan bisa dari bahan plastik maupun alumunium foil di bagian bawah genteng. Dengan begini, air yang masuk melalui celah atap akan terbawa ke talang. Cara ini hanya bersifat sementara dan biasa dilakukan setelah adanya genteng yang pecah.

3. Rapikan posisi dan pemasangan genteng maupun asbes
Rapikan letak genteng hingga posisi presisi dan lurus. Bila didapati ada genteng yang pecah, segera ganti dengan genteng yang sama. Untuk atap asbes, jangan lupa lapisi paku baut dengan karet di area pakunya. Setelah itu, baru Anda bisa mengebornya. Dengan begitu, air tidak merembes melalui celah lubang paku.

4. Bersihkan talang air secara rutin
Sebaiknya pastikan ukuran dan bentuk talang sesuai dengan debit air hujan, jangan terlalu sempit sehingga talang tidak cukup untuk menampung volume air ketika turun hujan. Anda bisa memilih dan berkonsultasi kepada tukang talang yang sudah berpengalaman, untuk meminimalkan kesalahan pemasangannya. Bersihkan talang secara rutin agar tidak ada tumpukan sampah yang membuat aliran air terhambat.

 cegah atap dari kebocoran, cegah atap dari kebocoran saat musim hujan, solusi atap bocor, antisipasi atap bocor,
plafon yang lapuk karena lembab – diminimalis.com

5. Plafon lembab

Selain memperhatikan bagian atap dan talang, jangan lupa juga untuk menjaga agar plafon tidak lembab. Plafon yang lembab dapat menjadi lapuk dan roboh. Ketika kayu sudah menjadi lapuk, maka dengan mudah akan diserang rayap.
Demikianulasan kami tentang antisipasi kebocoran atap saat musim hujan, Anda juga bisa membaca artikel kami sebelumnya terkait persiapan menghadapi musim hujan di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Persiapan musim hujan utuk rumah minimalis Anda (Bagian #1 dari 2)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.