Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cat Dinding Rusak karena Hujan (bagian #3 dari seri artikel Jenis Kerusakan Cat Dinding)

cat eksterior rusak karena salah dalam memilih cat dan penggunannya - diminimalis.com

Cat dinding rusak karena hujan  merupakan permasalahan umum yang dialami kebanyakan penduduk wilayah tropis seperti kita. Secara garis besar, penyebab kerusakan cat dikarenakan dua hal, yaitu proses pengecatan yang tidak benar dan efek dari cuaca.

cat dinding rusak karena hujan, solusi cat dinding rusak karena hujan, cat tembok rusak karena hujan
cat dinding rusak karena hujan – diminimalis.com

Ketika kita bisa melakukan proses pengecatan dengan benar, tentu umur cat akan lama dan awet. Namun masalah tidak berhenti disitu saja, kita juga dihadapklan dengan kemungkinan keursakan lain yang disebabkan oleh cuaca di lingkungan tempat tinggal kita.
Selain itu kita juga harus paham bagaimana memperlakukana dinding interior dan eksterior dalam proses pengecatan. Pada dinding interior, ketika kita bisa melakukan proses penegcatan dengan benar, kemungkinan besar cat dinding mampu bertahan lama. Namun pada dinidng eskterior, ada beberapa teknik khusus yang harus kita pahami, diantarnya memelihi cat dinding khusus eksterior yang tahan terhadap gangguan cuaca dan memilih waktu yang tepat untuk mengecat supaya hasil yang di dapat bisa maksimal.


Cat dinding rusak karena hujan

Kali ini diminimalis akan ulas tentang masalah kerusakan dinding yang disebabkan karena hujan beserta solusinya.karena berada di luar rumah maka cat eksterior sangat rentan rusak.Air hujan yang mengandung asam tinggi dapat berakibat fatal jika terkena pada cat dinding rumah secara terus menerus, salah satunya akan membuat cat menjadi mengelupas, bahkan jika dinding dibiarkan lembab terus menerus akan membuat cat menjadi berjamur.

cat dinding rusak karena hujan, solusi cat dinding rusak karena hujan, cat tembok rusak karena hujan
cat dinding berjamur – diminimalis.com

Dinding luar rumah biasanya akan mengalami kerusakan seperti menjamur dan retak.
Salah satu hal yang membuat cat rumah rusak ketika hujan karena dinding yang lembab, disebabkan karena adanya rembesan air. Untuk itu periksalah dengan seksama dari mana sumber rembesan air tesebutmuncul, biasanya rembesan air bisa muncul dari talang yang konstruksinya kurang baik.

Dibawah ini ada beberapa antisipasi untuk mencegah cat dinding rusak disebabkan karena hujan.

1. Gunakan Cat Khusus Eksterior
Pada dasarnya ada dua jenis cat rumah, yakni cat khusus interior dan untuk eksterior. karena cat jenis ini memiliki daya tahan yang cukup bagus. Jenis  cat eksterior rumah memang sudah khusus  diformulasikan untuk mengecat dinding bagian luar. Dengan dimikian cat tipe ini akan lebih kuat dan tahan lama untuk melindungi dinding dari hujan. Jangan lupa untuk memastikan tidak adanya kebocoran di kaleng cat saat membelinya.

2 Sebelum mengecat bersihkan dinding dari segala kotoran yang menempel pada dinding
Tujuannya agar nanti cat dapat merekat dengan baik.Selain itu Anda juga perlu  memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna.

3. Pilih waktu yang tepat untuk mengecat
Yaitu jangan mengecat saat cuaca mendung, karena dikhawatirkan akan ada air yang terperangkap di dalam dinding. Proses pengeringan cat agar lebih maksimal di pengaruhi oleh sinar matahari. Maka sangat penting untuk mengecat rumah saat cuaca cerah.
Demikian ulasan kami tentang ragam permasalahan tentang cat dinding, Anda juga bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang permasalahan cat dan solusinya di bawah ini. (ls)
Jenis Kerusakan Cat Dinding dan Solusinya (Bagian #1 dari 3)
Jenis Kerusakan Cat Dinding dan Solusinya (Bagian #2 dari 3)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.