Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Setting Wifi Sendiri tanpa Bantuan Ahli, Begini caranya

Sebenarnya setting wifi sangat mudah - Diminimalis.com

Salah satu kemajuan teknologi yang saat ini banyak kita manfaatkan adalah jaringan wifi. Makin kesini ketergantungan kita akan akses internet memang semakin tinggi. Untuk itu, banyak keluarga yang akhirnya memasang paket internet rumahan untuk seluruh anggota keluarga, untuk mengefisienkan penggunaan paket data internet dari masing-masing gadgetnya. Selain memang terbukti lebih hemat, cara setting wifi sendiri ternyata tak sulit dilakukan, tanpa harus meminta bantuan teknisi jaringan.

Wifi merupakan singkatan dari wireless fidelity. Wifi merupakan teknologi nirkabel yang memiliki kemampuan untuk menyediakan akses internet bagi penggunanya dengan kecepatan yang cukup tinggi. Keberadaan wifi sangat membantu menunjang berbagai aktivitas manusia saat ini. Setting wifi sendiri saat ini dapat dilakukan oleh para pengguna, sehingga wifi bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, selama tersedia jaringan.

 Cara Setting Wifi Sendiri, cara membuat jaringan wifi gratis, cara membuat wifi dengan modem, buat sendiri wifi, cara membuat jaringan wifi di rumah, cara memasang wifi di hp, cara membuat wifi sendiri dengan modem, cara membuat wifi sendiri di laptop
Sebenarnya setting wifi sangat mudah – Diminimalis.com

Wifi memungkinkan seseorang untuk mengakses jaringan internet sehingga dapat memperoleh informasi, bertukar informasi, transfer data, dan lain-lain. Wifi sama dengan radio, yaitu memanfaatkan gelombang radio untuk mengirimkan sejumlah informasi tanpa menggunakan jaringan kabel (nirkabel). Cara kerja wifi adalah dengan mengirim sinyal melalui antena kemudian akan diterjemahkan. Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet dengan melalui ethernet kabel.

Manfaat Teknologi Wifi

Masyarakat kita saat ini mengenal istilah wifi sebagai jaringan internet, dimana wifi saat ini sudah tersebar di beberapa area dengan sinyal yang cukup kencang, atau biasa disebut dengan hotspot area. Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh bagi para pengguna wifi, antara lain :

tips aman pasang koneksi internet di rumah, cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon, cara pasang wireless router
ada banyak manfaat memasang perangkat di rumah menggunakan wireless router – diminimalis.com

1. Akses Internet

Wifi saat ini digunakan untuk mengakses internet. Internet saat ini menjadi kebutuhan masyarakat, terutama untuk komunikasi. Keberadaan wifi membuat akses internet menjadi mudah dan cepat, serta lebih fleksibel karena jaringan internet dapat diperoleh tanpa menggunakan kabel.

2. Komunikasi Lancar

Wifi memanfaatkan jaringan internet tanpa kabel, sehingga area jangkaunya pun dapat lebih luas. Oleh karena itu, masyarakat bisa berkomunikasi dengan lebih lancar karena internet lebih cepat diakses.

3. Transfer File

Kabutuhan lain yang saat ini erat kaitannya karena adanya teknologi adalah transfer file. File yang dapat berupa data pekerjaan maupun data penting lainnya saat ini lebih banyak berupa softcopy yang disimpan dalam bentuk file dalam perangkat keras seperti PC (persona computer), laptop maupun gadget.
Oleh karena itu, dibutuhkan cara untuk mentransfer file tersebut ke perangkat lainnya. Salah satu cara paling efektif untuk transfer file adalah dengan menggunakan jaringan wifi. File dapat ditransfer dengan lebih cepat dan lebih efektif tanpa menggunakan kabel.

4. Mengubah gadget menjadi modem

bijak menggunakan gadget, bijak dalam menggunakan gadget, cara menggunakan hp dengan bijak
Anda bisa menggunakan gadget sebagai modem – diminimalis.com

Keberadaan wifi yang saat ini sudah dapat diakses di gadget juga dapat menjadikan gadget sebagai modem. Hal ini memungkinkan pengguna laptop maupun PC dapat memperoleh jaringan internet dari perangkat gadget.

5. Keamanan

Wifi juga bisa digunakan sebagai alat keamanan, salah satunya untuk mencari handphone yang hilang. Handphone yang terhubung dengan wifi dapat dilacak keberadaannya dan dapat dikunci dari perangkat lain untuk mengantisipasi handphone disalahgunakan.

Bahkan, handphone yang berada jauh dari pemiliknya tetap dapat dikunci dan yang mengambil tidak bisa membuka dan memakainya sehingga handphone tidak dapat berfungsi lagi. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna handphone pintar.

6. Terhubung dengan Televisi

Saat ini, televisi dapat terhubung dengan wifi sehingga memungkinkan penggunanya bisa menonton tontonan dari internet langsung di tv. Pengguna juga bisa mengakses channel dengan jumlah channel yang lebih banyak dan lebih mendunia. Berbagai channel luar negeri dapat diakses dengan cepat dan tanpa jeda.

7. Harga Terjangkau

Keberadaan wifi menjadi angin segar bagi para pengguna internet karena wifi tergolong lebih terjangkau, dan cara setting wifi sendiri juga bisa dilakukan oleh siapa saja asal paham cara dasarnya. Wifi dibayarkan dengan sistem bulanan dan menggunakan kuota tertentu, bahkan tak jarang beberapa penyedia layanan wifi menerapkan sistem unlimited untuk para penggunanya. Artinya, pengguna bisa memanfaatkan wifi dengan tanpa batas kuota selama sebulan dengan harga tertentu.

8. Dapat Dihubungkan dengan Telfon

Wifi saat ini juga bisa dihubungkan dengan telfon rumah, sehingga tagihan telfon rumah menjadi lebih irit.
Keberadaan wifi saat ini sudah dirasa bermanfaat untuk berbagai bidang. Berikut adalah beberapa bidang yang memanfaatkan keberadaan wifi.

1. Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, siswa sekolah saat ini dapat mengakses infromasi yang berkaitan dengan mata pelajaran dengan lebih mudah. Bahkan guru bisa melakukan kegiatan mengajar dengan lebih interaktif dengan mengakses bahan ajar melalui internet, sehingga siswa lebih tertarik belajar.

2. Kesehatan

Bidang kesehatan saat ini juga memanfaatkan wifi untuk untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Jaringan wifi bermanfaat antara lain untuk mengakses informasi berkaitan dengan data pasien dan asuransi kesehatan.

3. Transaksi Keungan

Saat ini, transaksi keuangan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan wifi. Transakis keungan dengan menggunakan wifi ini bisa dilakukan melalui gadget yang disebut dengan e-mobile. Transaksi ini terbilang mudah dan cepat, tanpa harus mengantre di bank atau ATM.

Cara Setting Wifi Sendiri

Cara setting wifi sendiri sebenarnya tidak susah, dan bisa Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan. sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara menyetting wifi sendiri adalah dengan menggunakan hotspot wifi yang ada di gadget. Caranya adalah :

1. Buka pengaturan hotspot wifi di gadget Anda.
2. Ubah nama pengguna hotspot wifi di gadget Anda sesuai yang Anda inginkan.
3. Ubah password wifi di gadget Anda. Password wifi ini berguna untuk mencegah hotspot wifi Anda dapat diakses dengan mudah oleh orang lain.
4. Setting hotspot wifi di gadget Anda dalam posisi terkunci sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses.
5. Setting pengguna yang dapat mengakses. Anda bisa menyetting jumlah pengguna yang diperbolehkan untuk mengakses hotspot wifi Anda.

Cara setting wifi sendiri memang sangat mudah dilakukan dan memungkinkan Anda untuk bisa mengakses internet dengan cepat, mudah dan terjangkau, baik melalui gadget maupun laptop Anda.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.