Cara Setting IP Camera Wifi Sendiri tanpa Bantuan Teknisi

cara setting ip camera wifi sebenarnya mudah bila paham pengaturan dasarnya - Diminimalis.com

Rumah minimalis tidak hanya merujuk pada rumah yang berdiri di lahan sempit saja, melainkan pada arsitektur dan desain interior yang mengusung budaya sederhana. Karena bentuk bangunan dan tata ruang yang sederhana, rumah minimalis pun unggul dari segi cara pengawasan. Anda dapat memasang kamera pemantau dengan leluasa, tanpa khawatir pandangannya terganggu oleh ornamen di dalam ruangan. Dengan cara setting IP camera WiFi, Anda dapat mengawasi rumah dari mana saja tanpa kesulitan.

Nah, sebelum melangkah ke cara setting IP camera WiFi, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting terkait IP Camera, mulai dari cara kerja hingga menyambungkan ke koneksi internet. Simak selengkapnya dalam uraian berikut.

Cara Setting IP Camera Wifi, cara menggunakan ip camera di android, cara setting ip camera android, cara setting ip camera diakses via internet, cara setting ip camera yyp2p, cara setting ip camera cctv, yyp2p camera, intelligent camera onvif yy hd, yoosee ip camera manual
cara setting ip camera wifi sebenarnya mudah bila paham pengaturan dasarnya – Diminimalis.com

Mengenal IP Camera

Internet Protocol Camera (IP Camera) merupakan perangkat yang dapat dimanfaatkan untuk memantau sebuah tempat, gedung, atau ruangan yang jaraknya cukup jauh.Sebelum IP Camera dengan harga terjangkau beredar di pasaran, orang-orang menggunakan CCTV atau kamera sirkuit tertutup sebagai alat pemantau.Namun, CCTV memiliki keterbatasan dari segi jarak lokasi dengan pemantau.

IP Camera di Android, ip camera app for android, ip webcam android, android ip camera, ip webcam for pc, ip webcam login, ip camera download, remote camera app android, android webcam server
ip camera bisa Anda akses via android di android  – Diminimalis.com

Di samping lebih baik dalam hal pengawasan dari jarak jauh, IP Camera jugadapat berfungsi sebagai sistem keamanan, pemantauan, dan siaran langsunguntuk disiarkan pada website.Cara kerja IP Camera yaitu dengan mentransfer data melalui jaringan komputer dan internet. Fungsinya hampir sama dengan webcamera (webcam). Bedanya, webcam memerlukan perangkat komputer untuk mengoperasikannya,serta tidak didesain untuk melakukan pemantauan.

IP Camera sendiri memiliki bagian-bagian yang lebih kompleks yaitu lensa, sensor gambar, prosesor, mikro komputer dan ethernet, terminal input output, dan input audio/suara. Sementara itu, jenis-jenis IP Camera terdiri dari Fix IP Camera, Dome IP Camera, dan PTZ (Pan, Tilt, Zoom) IP Camera. Sedangkan dari media komunikasinya, IP camera terbagi dua yaitu wire IP camera dan wireless IP Camera.

Perbedaan CCTV dengan IP Camera

IP Camera menghasilkan output berbentuk data digital dengan format MPEG-4 atau M-JPEG yang dapat langsung dihubungkan dengan jaringan komputer.Berbeda dengan IP Camera, CCTV merupakan kamera analog dengan standar output sinyal NTSC atau PAL. Perangkat ini bekerja dengan menggunakan VCR (Video Cassette Recorder) untuk merekam.Kamera pengintai CCTV dapat dihubungkan langsung ke televisi, atau disambungkan ke komputer menggunakan tambahan Video Encoder atau DVR (Digital Video Recorder).

Menghubungkan IP Camera ke Jaringan Internet

Cara Setting IP Camera Wifi, cara menggunakan ip camera di android, cara setting ip camera android, cara setting ip camera diakses via internet, cara setting ip camera yyp2p, cara setting ip camera cctv, yyp2p camera, intelligent camera onvif yy hd, yoosee ip camera manual
IP camera harus terhubung dengan internet – Diminimalis.com

Menghubungkan IP Camera dengan jaringan tidak terlalu sulit.Syarat pertama, harus ada alamat IP (Internet Protocol) untuk melakukan pengaturan.Cara setting alamat IP camera ini berbeda-beda untuk setiap merek. Biasanya cara pengaturan disertakan pada buku panduan atau manualnya.

Cara termudah untuk mengakses IP Camera yaitu dari peramban seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.Setelah mengetikkan alamat IP Camera pada kolom alamat pada peramban, akan muncul menu untuk mengaktifkan IP Camera Anda.

Akan tetapi, untuk penggunaan yang lebih luas, peramban atau browser sudah tidak memadai.Anda memerlukanperangkat lunak khusus untuk mengelola sejumlah IP Camera, merekam video dan audio, mencari data rekaman, dan lain-lain.

Spesifikasi IP Camera yang Dapat Disambungkan keHandphone Android

IP Camera dapat disambungkan dengan komputer dan ponsel Android atau iOS.Cara settingcamera Androidini sangat berguna ketika Anda ingin meninggalkan rumah atau tempat yang dipantau ke lokasi yang jauh.
IP Camera yang dapat dikoneksikan dengan Android harus memiliki spesifikasi sebagai berikut:

• Mudah dipasang di tempat yang Anda inginkan.
• Mampu merekam gambar dan suara,serta menyimpannya ke dalam Micro SD dengan kapasitas kira-kira 64 GB.
• Kamera dapat diatur untuk memantau bagian kiri, kanan, atas, dan bawah menggunakan ponsel pintar Anda.
• Memiliki fitur Infrared (IR) dan mampu merekam dalam kondisi gelap.
• Dapat diakses menggunakan jaringan 3G atau 4G dari Internet Service Provider yang tersedia, serta mendukung plug and play.
• Dapat bekerja dengan jaringan WiFi di sekitar, seperti di rumah dan kantor, untuk memudahkan konektivitas.
• IP Camera setupke ponsel mudah.

Cara Setting IP Camera Wifi dengan Aplikasi Yoosee

Untuk menyambungkan IP Camera dengan smartphone Anda, gunakan aplikasi Yoosee yang dapat diunduh dari PlayStore atau App Store.Setelah aplikasi terpasang, lakukan registrasi dengan alamat email atau nomor HP Anda. Selanjutnya, lakukan cara setting IP camera WiFi ke ponsel berikut ini.

• LakukanpairingWiFi dengan ponsel Anda melalui aplikasi tersebut. Klik pada tanda plus di pojok atas aplikasi.
• Pada bagian ini, terdapat dua pilihan pengaturan yaituYooseeIP Camera manual danSmartlink.
• Pilih tombol Smartlink untuk cara yang lebih mudah, lalu klik Next.
• Masukkan passwordWiFi Anda dan tekan Next.
• Jika IP camera sudah terhubung dengan WiFi, masukkan password kamera yang biasanya terdapat pada bagian samping kotak kemasan kamera.
• Terakhir, tekan tombol Play pada layar ponsel.
Nah, cara setting camera Yoosee untuk IP Camera Anda pun selesai.

IP Camera sangat cocok digunakan untuk mengawasi rumah minimalis selama Anda bepergian.Karakter rumah bergaya minimalis yang modern dengan bentuk-bentuk geometris tanpa dekorasi sangat sesuai jika dipasangi kamera pengintai jenis ini.

Sebagai rumah dengan desain yang fokus pada tata cahaya dan penciptaan kesan kesederhanaan, rumah minimalis mudah diawasi menggunakan kamera yang diatur dari jarak jauh. Setelah mengetahui cara setting IP camera WiFi dan penyambungan ke ponsel Android, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya di rumah.Selain memahami cara setting IP camera WiFi, akan lebih baik lagi bila Anda juga memahami cara memasang CCTV wireless di rumah minimalis Anda.(km)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.