Cara Semai Biji Asem Jawa untuk Dijadikan Bonsai

Pohon asem jawa berkualitas, banyak yang dihasilkan dari hasil semaian dari biji - Diminimalis.com

Mempunyai rumah minimalis yang cantik, elegen, sederhana, dan mewah adalah salah satu impian banyak orang. Rumah yang minimalis memang tidak mempunyai banyak perabot sehingga rumah akan terkesan luas, nyaman, dan modern. Meskipun begitu, mendekor rumah minimalis juga penting agar rumah Anda terlihat cantik dan tidak monoton. Salah satu cara mendekor adalah dengan meletakan tanaman.Tanaman yang berwarna hijau ini pasti akan membuat rumah Anda terkesan segar. Salah satu tanaman yang kami rekomendasikan pada kesempatan kali ini adalah tanaman bonsai. Lebih tepatnya tanaman bonsai asem Jawa. Jenis bonsai ini dipilih arena ukuran yang fleksible dan sangat cocok untuk Anda letakan pada sudut ruangan rumah minimalis. Apalagi jika Anda tidak suka sesautu yang berlebihan dan besar, maka bonsai asem Jawa akan sangat cantik jika diletakan di rumah Anda karena ukurannya mungil.Pada artikel kali ini kami akan memberikan cara semai biji asem agar Anda bisa membuat bonsai asem. Namun sebelumnya, mailah kita berkenalan terlebih dahulu dengan pohon asem Jawa ini.

Cara Semai Biji Asem Jawa,  bonsai asem jawa dari biji, cara membuat bonsai asam jawa dari biji, stek asam jawa
Pohon asem jawa berkualitas, banyak yang dihasilkan dari hasil semaian dari biji – Diminimalis.com

Pohon asem adalah pohon yang mempunyai batang berwarna coklat dan bergrat kekar. Pohon ini juga mempunyai daun yang kecil-kecil. Kayu pohon asem adalah jenis pohon yang memiliki kayu yang kokoh dan keras. Jadi, pada saat Anda ingin menjadikan pohon asem sebagai bonsai, maka untuk membentuknya pun dibutuhkan pohon asem yang masih muda. Pada saat itu itulah batang atau kayu pohon asem masih lunak sehingga lebih mudah untuk dibentuk.

Orang Indonesia sangat familiar dengan pohon Asem. Nama lain dari pohon asem ini antara lain asem gelugur, asem kandis, atau asem Jawa. Orang Jawa sendiri sering menggunakan buah asem untuk bumbu pelengkap pada setiap masakan. Sesuai namanya, buah asem tentu saja mempunyai rasa asam. Buah ini berasal dari India. Nama ilmiah asem adalah Tamarindus Indica yang merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang artinya adalah kurma India.

Menariknya, asem Jawa pada dasarnya berasal dari daerah Afrika. Pohon asem adalah tanaman yang kaya akan khasiat sehingga sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Karena khasiat itulah maka banyak orang India yang menanam tanaman ini. Selan itu, beberapa orang menyebut tanaman ini disebut sebagai kurma India karena tanaman ini mempunyai warna daging buah yang berwarna coklat kehitaman seperti kurma.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa

 

Bonsai Asem Jawa Terbaik, bonsai asem jawa termahal, bonsai asem jawa juara, harga bonsai asem jawa, bonsai asem jawa dari biji, bonsai asem termahal, cara mencangkok pohon asam jawa, bonsai asem berbuah, bonsai asem londo
Salah satu jenis bonsai yang memiliki harga mahal – Diminimalis.com

Ada dua cara semai biji asem untuk dijadikan sebagai bonsai berdasarkan cara mendapatkan bibit bonsai. Anda bisa membuat bonsai dari biji dan juga dari hasil cangkok.

• Cara Semai Biji Asem untuk Bonsai

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti jika ingin mempunyai bonsai yang bagus. Pertama-tama Anda harus tahu bagaimana cara memilih biji asem yang baik untuk bonsai. Caranya adalah dengan mencari bakalan di bawah pohon asem yang sudah berbuah atau yang sudah tua. Anda bisa menemukan biji asem yang sudah tumbuh secara alami di bawah pohon asem yang sudah tua.

Pohon-pohon asem yang masih muda ini bisa Anda jadikan sebagai pohon untuk bonsai. Pilih bakalan yang sudah cukup besar dan juga batangnya masih lunak. Usahakan untuk mengambil bakalan dengan hati-hati agar akarnya tidak rusak. Lalu siapkan pot yang sudah diisi dengan media tanam. Pot tersebut digunakan untuk tempat tumbuh bakalan bonsai. Siramlah bakalan tersebut dua kali sehari dan Anda juga bisa mendapatkan nutrisi tanaman.

bonsai asem jawa dari biji, bonsai asem jawa terbaik, bonsai asem jawa juara, bonsai asem jawa termahal, bonsai asam jawa, cara semai biji asem, stek asam jawa, cara menanam biji asam jawa, cara dongkel asem jawa
Biji asem jawa yang disemai di dalam pot – DIminimalis.com

Cara semai biji asem yang kedua adalah dengan menyemai sendiri di pot. Cara ini merupakan cara yang membutuhkan waktu lama. Jadi jika Anda tidak sabar, maka sebaiknya jangan gunakan cara yang satu ini. Namun jika ternyata Anda tidak mendapatkan bakalan bonsai dari pohon asem tua, maka mau tidak mau Anda menggunakan cara ini.

Pertama-tama, Anda rendam dulu biji asem yang sudah matang kira-kira satu minggu. Tujuan dari perendaman ini adalah untuk mempermudahkan cangkang biji untuk cepat lepas. Cangkang biji asem tebal dan keras sehingga proses perendaman akan mempermudah. Setelah sudah lepas, selanjutnya Anda rendam lagi dengan pupuk pertumbuhan organic sebentar saja. Lalu Anda sudah bisa menanamkan biji tersebut ke pot atau polybag yang sudah disiapkan dan juga sudah diberi media tanam.

Gunakan media tanam untuk cara semai biji asem yang lebih baik dengan mencampurkan pupuk kandang, pasir, pupuk perangsang, tanah, dan tanaman organik. Saat menanam biji asem, jangan masukan biji ke dalam tanah terlalu dalam karena justru pertumbuhan kecambah bisa terhambat.

Selanjutnya tunggu sampai bakalan sudah siap untuk dipindahkan dan juga dibentuk. Proses ini bisa memakan satu bulan setengah hingga dua bulan untuk hasil yang lebih baik.

• Cara Membentuk Tanaman Bonsai Asem Jawa

Saat bakalan bonsai sudah terlihat kokoh, maka artinya cara semai biji asem yang Anda lakukan sudah berhasil. Sekarang saatnya untuk membentuk bakalan bonsai sesuai dengan keinginan Anda.

Ada beberapa teknik pengait yang bisa Anda gunakan secara bertahap. Namun jangan gunakan kawat untuk membentuk bonsai. Karena pohon asem mempunyai karakteristik batang yang unik sehingga batang justru bisa rusak saat menggunakan kawat. Hal ini karena bekas kawat susah untuk dihilangkan.

Untuk cara memotong, gunakan arah dan gerak pertumbuhan batang. Anda bisa menggunakan alat potong seperti gergaji ataupun gunting. Cabang utama harus disisakan beberapa atau sesuai selera. Namun biasanya orang-orang hanya menyisakan dua batang saja. Dengan cara semai biji asem yang kami berikan, maka Anda bisa mempunyai tanaman bonsai dari asem Jawa yang cantik di rumah minimalis Anda. Ada baiknya juga Anda memahami cara merawat bonsai asem jawa agar berdaun lebat, karena hal ini dapat memperindah tampilan bonsai Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.