Cara Renang Jilbaber yang Benar dan Tepat itu Begini

Berjilbab tidak menghalangi kaum perempuan untuk mendapatkan banyak manfaat berenang - Diminimalis.com

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan berolahraga sangat penting. Selain menjaga pola makan, olahraga menjadi salah satu yang paling berpengaruh untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat. Sayangnya, banyak perempuan berhijab atau berjilbab merasa kerepotan dan risih saat harus berolahraga di tempat umum, terutama olahraga renang. Sehingga, harus mencari cara renang jilbaber di tempat umum agar tetap sesuai dengan aturan.

Renang merupakan salah satu olahraga kardio ringan yang baik untuk rileksasi dan menjaga kekuatan otot kelompok besar, seperti lengan dan kaki. Hasilnya, pikiran dan tubuh Anda akan jauh lebih segar dan sehat.
Berenang juga dapat membuat otak Anda fresh, sehingga membuat Anda semakin produktif dalam berkarya maupun bekerja. Bagi Anda para jilbaber, jangan malu untuk berenang karena ada berbagai cara renang jilbaber di tempat umum yang bisa disiasati!

Orang yang Sebaiknya Tidak Berenang, berenang saat haid tidak memakai pembalut, cara berenang saat haid agar tidak bocor, berenang saat haid menurut islam, apakah darah haid akan keluar saat berenang, berenang saat haid tanpa tampon, berenang saat menstruasi hari pertama, efek berenang saat menstruasi
Berjilbab tidak menghalangi kaum perempuan untuk mendapatkan banyak manfaat berenang – Diminimalis.com

Cara Renang Jilbaber di Tempat Umum

Bagi Anda para jilbaber yang tidak memiliki kolam renang pribadi di rumah, mau tidak mau akan ketergantungan dengan fasilitas umum untuk berenang. Merasa risih atau tak nyaman wajar dialami para perempuan berjilbab yang ingin berenang di tempat umum. Apalagi, saat melihat kondisi kolam renang yang selalu ramai oleh pengunjung yang mayoritas memakai outfit renang yang terbuka. Namun, siapa bilang berenang dan berjilbab itu sesuatu yang tidak bisa dikompromi?

Jangan khawatir karena jilbab sejatinya tidak akan menghalangi Anda untuk beraktivitas seperti sedia kala. Anda bahkan tidak perlu lagi risih berenang di tempat umum hanya karena menggunakan jilbab. Berikut ini beberapa cara agar Anda para jilbaber tetap nyaman saat berenang di tempat umum.

1. Memilih kolam renang khusus

Di setiap daerah tentu memiliki beberapa lokasi kolam renang yang sengaja menyediakan fasilitas renang khusus perempuan. Lokasi ini sengaja dibuat untuk Anda yang mingin mendapatkan privasi lebih saat berenang agar lebih nyaman dan tidak merasa risih.

Jika Anda merasa bosan dengan kolam renang khusus perempuan yang umumnya tidak memiliki fasilitas lengkap maka dapat memilih kolam renang khusus. Biasanya beberapa tempat menyediakan hari khusus bagi wanita berjilbab.

2. Memakai baju renang khusus

 Cara Renang Jilbaber, cara renang jilbab, renang menggunakan jilbab
Baju khusus berenang jilbaber – Diminimalis.com

Seiring perkembangan, semakin banyak inovasi-inovasi fashion yang kini booming di pasaran. Salah satu inovasi yang cukup maju adalah outfit renang untuk perempuan berhijab. Bahkan, outfit renang muslimah kini sudah mulai banyak varisasi. Mulai dari model hingga warna dan corak.

Outfit renang tidak lagi memiliki sentuhan yang kaku, melainkan sudah dikombinasikan dengan beberapa snetuhan perancang baju sehingga menghasilkan baju renang muslimah menjadi lebih modis. Jangan khawatir, meski terlihat modis, outfit ini tetap menutup aurat. Jadi Anda tidak perlu risih lagi untuk berenang di kolam khusus ataupun umum.

3. Memperhatikan waktu berenang

Kolam renang khusus perempuan memang tidak selalu ada di setiap daerah. Sekalipun ada, fasilitasnya mungkin tidak selengkap kolam renang umum. Jika keadaan ini memaksa Anda dan membuat Anda hanya bisa berenang di tempat umum, lakukan saja.

Namun, tentunya dengan memilih alternatif lain. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan keadaan kolam umum yang ramai, Anda bisa tentukan jadwal renang di hari biasa/weekdays. Selain harga tiketnya relatif lebih murah, kolam renang umum cenderung sangat sepi saat weekdays. Apalagi, jika Anda memilih hari jumat pagi menuju siang.

Untuk mensiasatinya, Anda bisa mengenakan baju renang muslimah yang sudah banyak dijual di pasaran. Dengan berbagai model dan warna seperti yang telah disebutkan.

Jika Anda ingin lebih eksklusif lagi dan mengikuti aturan berenang dalam islam, buatlah kolam renang sendiri di dalam rumah Anda. Selain lebih terkesan privat, kebersihan kolam renang yang ada di rumah sendiri tentu lebih terjaga. Kolam renang di lingkungan rumah minimalis juga akan menjadi oase yang menyegarkan pikiran dan pandangan.

Ide Kolam Renang Kecil untuk Rumah Minimalis

Jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis, ada beberapa ide tata letak kolam renang di rumah minimalis. Pertama, di luar rumah. Peletakkan kolam rumah di area halaman rumah memang sudah umum di terapkan. Jika ingin memberi kesan privat pada kolam renang, buatlah kolam lebih mungil di halaman belakang rumah.

Desain Kolam Renang Indoor, Desain Kolam Renang Indoor minimalis, desain kolam renang dalam rumah
kolam renang minimalis di dalam rumah – diminimalis.com

Jangan lupa untuk menambahkan sentuhan air terjun kecil. Kesan nyaman juga bisa diciptakan dengan menambahkan alat barbeque, dining table, sofa, atau ayunan kecil. Penambahan interior-interior ini akan membuat kolam renang semakin terasa homey. Dapat dipastikan, siapa saja yang berada di rumah Anda akan merasa betah di rumah.

Kedua, Anda bisa meletakkan kolam renang di dalam rumah. Tata letak kolam renang di dalam rumah tentu akan lebih menimbulkan kesan privat. Buatlah dengan ukuran yang standar, tidak terlalu besar atau kecil sekali. Cocokkan dengan konsep rumah minimalis Anda.

Untuk menambah kesan natural, Anda bisa sedikit mengkombinasikannya dengan tanaman hijau. Misalnya, tumbuham rambat, pohon bonsai kecil, atau tanaman gantung. Penambahan tanaman di sekitar kolam renang dalam rumah tentu akan menambah kenyamanan Anda.

Demikian beberapa cara renang jilbaber di tempat umum yang bisa diterapkan. Perlu diingat, jilbab bukanlah penghalang bagi Anda melakukan aktivitas normal seperti yang dilakukan banyak orang. Meski menggunakan jilbab, olahraga harus tetap dijalankan untuk menjaga kebugaran, salah satunya dengan berenang, karena ada banya manfaat berenang bagi kesehatan.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.