Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Pengacian Dinding yang Benar (Bagian 1)

Acian dinding yang retak karena teknik pengerjaannya salah - diminimalis.com

Cara pengacian dinding yang benar tidaklah susah, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus memperhatikan setiap langkahnya dengan cermat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya, kualitas material dinding, plesteran, bahan acian dan SDM yang nantinya akan mengaci dinding Anda. Salah sedikit saja dalam proses pengacian tersebut, nantinya bisa berakibat fatal kedepan.

cara pengacian dinding, teknik acian dinding, teknik acian tembok, cara acian dinding yang baik, cara acian dinding yang benar. tekniak pengacian tembok
Acian dinding yang retak karena teknik pengerjaannya salah – diminimalis.com

Pengacian dinding yang tidak benar, akan mengakibatkan acian dinding mengalami retak, merusak cat dan mudah berjamur. Selain itu bila nantinya Anda akan memasang wallpaper, dinding akan menjadi lembab dikarenakan adanya kesalahan saat proses pengacian sebelumnya.

Cara pengacian dinding perlu memperhatikan faktor-faktor pendukung lannya.

Pengacian dinding merupakan bagian dari proses finishing pembangunan dinding rumah. Sebagus apapun teknik pengacian, akan menjadi percuma bila kualitas dinding tidak bagus, untuk itu perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda mulai mengaci dinding.

1. Siapkan material dinding yang baik
Proses ini dikerjakan sejak dinding belum didirikan. Untuk memiliki dinding berkualitas, Anda perlu memilih material yang berkualitas juga, mulai dari, pasir,batu bata, semen, termasuk air yang bersih untuk menyatukan semua material tersebut.

2. Siapkan SDM yang bagus, Anda perlu memastikan bahwa tukang yang Anda pekerjakan benar-benar berpengalaman dan memahami dengan detail cara mendirikan dinding dengan baik. Hal ini bila dikerjakan dengan remeh, bisa membuat dinding Anda rentan terhadap kerusakan, misal saat membuat adonan semen dan pasir yang kompoisisinya tidak tepat untuk merekatkan batu bata.

teknik acian dinding, teknik acian tembok, cara acian dinding yang baik, cara acian dinding yang benar. tekniak pengacian tembok
Dinding diplester sebelum diaci – diminimalis.com

3. Lakukan pemlesteran dengan baik. Pemlesteran merupakan bagian terpisah dari pengerjaan mendirikan dinding, namun termasuk dalam rangkaian yang satu sama lain saling terkait. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengerjaan pemlesteran ini, karena pemlesteran yang tidak benar, akan merusak aci dinding di masa mendatang.

Jangan sampai tukan Anda melakukan pemlesteran ketika dinding bata masih bata sangat basah, karena air akan terperangkap sehingga diperlukan waktu lama untuk mengeluarkan air tersebut. Sebaliknya permukaan plesteran yang kering juga berpengaruh buruk terhadap hasil acian.

Plesteran harus rata dan halus sehingga akan menghemat bahan acian dinding. Jika pasir yang digunakan untuk plesteran mengandung lumpur terlalu tinggi, maka akan terjadi penyusutan sehingga plesteran akan retak yang berakibat retak dinding tembok rumah.

Untuk itu sebelum dilakukan acian, plesteran harus kering dan tidak terjadi lagi penyusutan. Seharusnya acian dinding dilakukan pada plesteran berumur 2-3 minggu untuk dinding dalam sedangkan untuk dinding luar bisa lebih cepat (2 minggu). Apabila acian terlalu cepat dilakukan maka dapat menimbulkan retak pada acian.

Demikian ulasan kami tentang persiapan sebelum melakukan pengajian dinding, Anda bisa membaca lanjutan artikel ini tentang proses pengacian dinding dengan benar di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Teknik Acian Dinding yang Benar (Bagian 2)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.