Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Pasang Koneksi Internet di Rumah Menggunakan Wireless Router

ada banyak manfaat memasang perangkat di rumah menggunakan wireless router - diminimalis.com

Bagi Anda memiliki ketergantungan akan akses internet tanpa batasan quota, ada beberapa cara pasang koneksi internet di rumah secara aman yang bisa Anda lakukan. Untuk memasang internet di rumah, ada beberapa perangkat yang perlu Anda persiapkan dan tentu saja pemahaman dasar tentang cara menggunakannya.

cara pasang koneksi internet di rumah, cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon, cara pasang wireless router
ada banyak manfaat memasang perangkat di rumah menggunakan wireless router – diminimalis.com

Cara Pasang Koneksi Internet di Rumah

Sebelum membahas mengenai tips aman pasang koneksi internet di rumah, ada baiknya Anda mengenal perangkat internet dengan baik. Anda nantinya dapat menentukan perangkat internet mana yang sesuai dengan selera pengguna. Berikut ini merupakan jenis perangkat internet yang dapat digunakan di rumah:


• Access point

Access point menjadi salah satu perangkat internet yang banyak digunakan oleh pengguna internet sebagai penghubung di antara perangkat dan frekuensi internet. Perangkat yang biasa dihubungan dengan frekuensi internet antara lain handphone, Ipad dan notebook. Access point sendiri menghubungkan jaringan lokal dan jaringan nirkabel. Sinyal kuat yang dipancarkan oleh jaringan membuat jangkauan internet semakin luas.

• Wireless Router

Perangkat wireless router memiliki fungsi yang sama dengan perangkat access point. Yang membedakan adalah penggunaan router agar terhubung dengan jaringan dan para pengguna yang menggunakan IP private.

• Wi-Fi atau Wireless Fidelity

Perangkat internet ini memungkinkan pengguna dapat menikmati jaringan internet dengan cakupan wilayah sinyal yang luas. Kecepatan jaringan Wi-Fi tergolong besar dan memiliki layanan yang tinggi. Untuk menikmati perangkat internet ini, pengguna internet harus mengetahui spesifikasi atau sandi dari perangkat internet tersebut.

• Hotspot

Perangkat internet lain yang dapat digunakan di rumah adalah hotspot. Perangkat internet tersebut dapat dinikmati pada lokasi tertentu. Teknologi wireless LAN merupakan teknologi yang melengkapi perangkat internet tersebut.Perangkat internet yang dijelaskan di atas merupakan perangkat internet yang dapat dipasang di rumah.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan perangkat wireless router sebagai perangkat utama internet di rumah. Berikut ini merupakan tips aman pasang koneksi internet di rumah dengan menggunakan perangkat wireless router:

tips aman pasang koneksi internet di rumah, cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon, cara pasang wireless router
posisikan wireless router pada lokasi strategis pada rumah minimalis Anda – diminimalis.com

• Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat dua buah kabel UTP dengan tipe straight. Ketika membuat kabel ini, kita membutuhkan crimping tool, LAN tester dan dua buah Rj 45.

• Pasangkan masing-masing kabel pada port LAN Card PC dan LAN wireless router. Hubungkan kabel dengan menggunakan ping 192.168.1.1.

• Setelah itu, buka browser dan masukkan address bar 192. 168.1.1 dan masukkan username dan password admin. Tampilan konfigurasi nantinya akan keluar dan masuk ke dalam menu Network-LAN. Masukkan IP address, subnet mask dan pilih Save.

• Halaman akan mengalami reload dengan sendirinya ketika alamat IP diubah. Jika reload tidak berjalan, perubahan dapat dilakukan dengan mengubah alamat browser yang dikehendaki.

• Masuk ke dalam menu etwork- WAN dan masukkan alamat IP, subnet mask kemudian pilih default gateway. Kemudian pilih Save jika kolom telah diisi secara lengkap.

• Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam menu wireless. Ubah peraturan dengan mengisi SSID, negara yang ditinggali dan channel. Masukkan tAnda ceklis pada kolom enable SSID Broadcast dan kolom wireless router radio.

• Kemudian, masuk ke wireless security dan masukkan tanda ceklis di menu WPA-PSK / WPA2-PSK. Setelah program telah disetting dengan baik, pilih menu Save.

• Jangan lupa untuk masuk ke dalam menu DHCP. Masukkan alamat IP DHCP yang nantinya akan diserahkan kepada user.

• Setelah itu, lepaskan salah satu kabel UTP dan hubungkan kabel lainnya pada WAN wireless router serta modem yang digunakan. Nyalakan modem yang digunakan beserta dengan wireless router.

Semoga ulasan kami tentang cara pasang koneksi internet di rumah menggunakan wireless router, bisa menambah referensi bagi Anda untuk memasang internet di rumah dengan aman. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.