oleh

Cara Pasang CCTV Wireless dengan Cara Paling Simpel

Meningkatnya kesadaran gaya hidup modern memang sedang berkembang pesat di tengah masyarakat, khususnya pada area perkotaan. Salah satu gaya hidup modern tersebut tercermin dalam pemikiran untuk memiliki hunian atau rumah minimalis. Berbagai elemen rumah minimalis sangat mengesankan, mulai dari aspek desain hingga isian tata ruangnya. Bahkan cara pasang CCTV wireless juga ikut menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

CCTV atau Closed Circuit Television merupakan seperangkat kamera video yang secara digital mengirimkan sinyal ke layar monitor dari ruangan tertentu. Umumnya, CCTV dipasang di ruang publik, misalnya jalan raya, mall, kantor, bank atau gudang penyimpanan. Namun, saat ini CCTV bahkan sudah banyak digunakan di area perumahan termasuk di setiap rumah minimalis. Semua hal tersebut tidak terlepas dari cara pasang CCTV wireless yang mudah.

Cara Pasang CCTV Wireless, cctv tanpa internet, cctv tanpa wifi, cara kerja cctv wireless, cctv tanpa kabel jarak jauh, cara setting ip camera diakses via internet, cara membuat cctv tanpa kabel, cctv xiaomi terbaik, cara pasang cctv tanpa dvr
CCTV Wireless memeiliki banyak keunggulan daripada CCTV dengan jaringan kabel – Diminimalis.com

CCTV sendiri dipasang dengan tujuan untuk memantau situasi dan kondisi pada ruangan atau area penting agar dapat mengawasi dan mencegah kejadian tindak kejahatan. Selain itu, video yang dihasilkan oleh CCTV juga dapat dijadikan bukti valid atas adanya tindak kejahatan yang telah terjadi sehingga keamanan rumah lebih terjaga. Untuk itu, simak ulasan cara pasang CCTV wireless sendiri berikut ini.

Alat-alat dalam Perangkat CCTV

Sebelum memulai pemasangan CCTV, ada baiknya untuk mengetahui alat-alat dalam perangkat CCTV. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan instalasi CCTV secara mandiri. Sejumlah alat yang penting untuk diketahui dalam perangkat CCTV, yaitu.

– Kamera CCTV
– Digital Video Recorder (DVR) dan adaptor
– Kabel Coaxial RG 6 dan power
– Bayonet Nail Concelman (BNC) conector
– DC Jack Power Conector CCTV
– MDF Power Supply CCTV
– Harddisk SATA 160 Gb hingga 1 Tb atau sesuai kebutuhan
– Mouse port USB
– Batu bateray Cimos
– PC atau laptop atau TV dan modem untuk jaringan internet
– Router
– Kabel LAN

Jenis-jenis Perangkat CCTV

Cara Memasang CCTV Tanpa Kabel, cara pasang cctv wifi, cctv tanpa kabel jarak jauh, cara setting cctv wireless, cara kerja cctv wireless, cctv tanpa internet, cara pasang cctv tanpa dvr, cara membuat cctv tanpa kabel, cara memasang cctv online
Ada banyak kelebihan yang Anda dapatkan ketika memasang CCTV tanpa kabel – Diminimalis.com

Perangkat CCTV memiliki beragam jenis sesuai dengan kegunaan dan sistem kerjanya. Beberapa jenis perangkat CCTV berdasarkan kegunaannya, yaitu kamera pengintai, dome camera, bullet camera, infra red camera, box camera, wireless camera CCTV, water proof camera, PTZ camera speed dome camera dan covert camera atau hidden camera. Sementara itu, jenis perangkat CCTV berdasarkan sistem kerjanya, yaitu CCTV analog dan IP Camera.

CCTV analog atau CCTV kabel bekerja dengan bantuan alat tambahan. Alat tambahan tersebut disebut DVR (Digital Video Racorder) dan adapter. Alat ini bermanfaat menghubungkan kamera CCTV ke layar dan internet. CCTV analog bisa menggunakan TV sebagai layar atau keluarannya untuk menampilkan video yang terekam dari kamera CCTV.

IP camera atau CCTV tanpa kabel bekerja secara langsung tanpa bantuan alat tambahan sehingga video yang terekam bisa langsung terhubung ke layar dan internet. IP camera juga bisa menggunakan layar komputer, PC atau laptop sebagai keluaran untuk menampilkan video yang terekam dari IP camera. Umumnya IP camera lebih baik dalam menangkap gambar tetapi CCTV analog lebih unggul pada beragam kondisi pencahayaan dan dalam mengelola deteksi gerak yang terekam.

Cara Pasang CCTV Wireless

cara memasang cctv yang benar, cara pemasangan cctv di rumah langkah langkah pemasangan cctv
Memasang kamera CCTV harus menggunakan prosedur yang benar – diminimalis.com

CCTV dianggap lebih unggul meminimalisir tindak kriminalitas. Terlebih CCTV sudah semakin berinovasi dalam bentuk tanpa kabel atau akrab disebut CCTV wireless dengan memanfaatkan seri terbaru IP camera. Jelas, bahwa CCTV wireless memiliki kelebihan dibandingkan CCTV kabel. Salah satunya pengguna CCTV bisa mengecek, mengontrol dan mengawasi ruangan atau area tertentu yang sudah terpasang CCTV dari lokasi mana saja baik berjarak dekat maupun jauh selama masih terkoneksi dengan jaringan internet atau wifi.

Selain itu, cara pasang CCTV wifi juga sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan pencocokan kode IP address yang ada pada DVR. Berikut ini akan dijabarkan cara pemasangan kamera CCTV wireless.

1. Setiap kamera selalu dilengkapi dengan IP address. Anda harus menyalakan IP address tersebut dari DVR untuk dihubungkan ke layar seperti laptop atau PC.
2. Lakukan pencocokan alamat IP laptop atau PC yang berada di menu Control Panel dengan IP address dari DVR atau CCTV.
3. Atur kesesuaian alamat IP agar software IP installer pada kamera dapat bekerja dan terpasang dalam laptop atau PC.
4. Ikuti semua langkah dalam buku panduan dengan melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum memasang kamera pada area tertentu yang akan dimonitori. Caranya dengan membuka browser yang sudah terpasang dalam laptop atau PC. Kemudian setting menu security pada browser tersebut. Selanjutnya masukan alamat IP yang telah dilakukan pengaturan sebelumnya di Control Panel.
5. Setelah kamera berhasil merekam gambar video, maka lakukan pemasangan kamera di area yang sesuai keinginan Anda.

Penting untuk memasang kamera dengan sudut pengambilan gambar terbaik. Beberapa persyaratan dalam memilih sudut pengambilan gambar terbaik, yaitu mencakup penglihatan seluruh area luasan, kondisi pencahayaan sesuai baik siang maupun malam hari dan aman dari hal-hal yang merusak kamera dengan mudah.

Cara pasang CCTV wifi android juga bisa dilakukan dengan mengikuti langkah tersebut di atas. Anda hanya perlu mengganti laptop atau PC dengan android yang digunakan sebagai layar. Bahkan CCTV wireless juga sangat mudah dipasang karena tidak akan ada ruangan atau dan dinding yang akan dibor untuk kebutuhan kabel. Tentu saja hal ini cocok diaplikasikan pada rumah minimalis yang Anda miliki.

Itulah cara pasang CCTV wireless sendiri di rumah dengan mudah. Anda jangan khawatir meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan jauh dalam jangka waktu lama. Anda tetap bisa melakukan pengawasan dan kontrol terhadap situasi yang terjadi di rumah.(km)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed