Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah Tanpa Bantuan Tenkisi

Beberapa perangkat CCTV - diminimalis.com

Cara pasang CCTV sendiri di rumah perlu Anda pahami agar tak perlu ketergantungan dengan teknisi ketika hendak memasangnya di lokasi penting rumah Anda. Dengan begini, bila Anda membeli perangkat CCTV sendiri baik di toko ataupun online, tanpa bantuan instaler pun Anda bisa segera menggunakan CCTV di rumah. Selain itu, bila suatu saat terjadi trouble, Anda juga bisa mengatasinya secara mandiri.

 tips cara pasang cctv, cara pasang cctv wireless, cara pasang cct ke internet
Beberapa perangkat CCTV – diminimalis.com

Cara Pasang CCTV Sendiri di Rumah Minimalis Anda

Bila Anda ingin memasang CCTV untuk memantau keadaan, berikut sekilas peralatan dan cara memasang CCTV yang bisa Anda pelajari.

Alat yang diperlukan:

Satu buah PC / Laptop untuk host bila ingin dinyalakan 24 jam. Lengkapi pula dengan kapasitas hard disk terabit bila Anda ingin meng-capture semua aktivitas yang direkam CCTV. Disarankan membeli paket CCTV yang memiliki tingkat pencahayaan yang bagus supaya bisa merekam dengan jelas kondisi di malam hari.

Pilih CCTV Kabel atau Wireless

Sistem CCTV untuk pengawasan rumah tersedia dalam dua tipe yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel hampir mirip dengan sistem listrik di rumah Anda, sementara kamera CCTV wireless bekerja dengan daya baterai dan melalui sinyal wireless. Sistem CCTV kabel umumnya lebih mahal biaya instalasinya dan lebih sulit untuk diganti.

Keuntungan CCTV kabel adalah lebih stabil dan memiliki kualitas sinyal yang sangat baik, sehingga tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah Anda. Di sisi lain, kamera CCTV wireless sangat mudah untuk dipasang, mudah disembunyikan, lebih murah untuk dibeli dan diganti. Namun perangkat nirkabel lainnya (seperti telepon wireless) dapat mengganggu sinyal sehingga akan mengorbankan kualitas gambar yang direkam.

Cara pasang CCTV sendiri, cara pasang cctv, cara pasang cctv wireless, cara pemasangan cctv di rumah
CCTV wireless yang bisa dikases via perangkat mobile Anda – diminimalis.com

CCTV wireless atau CCTV tanpa kabel sekarang ini banyak diminati. Hal ini dikarenakan CCTV tanpa kabel sangat mudah untuk dipasang. Selain itu, pemantauan juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika Anda bepergian keluar kota masih tetap bisa memantau keadaan rumah atau kantor Anda. Cara pasang CCTV tanpa kabel ini memang tidaklah sulit, namun jika salah dalam pemrogramannya maka CCTV tidak akan bisa diakses. Oleh karena itu, dalam pemasangannya harus dilakukan dengan benar.

beberapa Wireless CCTV dapat terhubung langsung ke internet, yang artinya bisa diakses kapan saja asalkan Anda terhubung dengan koneksi internet dan memiliki software atau log-in website yang dapat memantau kamera CCTV secara online.

Untuk Sistem Keamanan Wireless Camera

* Masukkan kamera di mana Anda inginkan, kemudian nyalakan.
* Instal perangkat lunak pada monitor / PC, kemudian konfigurasikan untuk mengambil sinyal, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk Sistem Keamanan Wired Kamera

Cari spot dengan jangkauan pandang yang bagus untuk menempatkan kamera CCTV. Sambungkan CCTV ke komputer. Bila Anda ingin merekam aktivitas yang dipantau oleh CCTV, Anda bosa menyambungkan CCTV ke alat perekam lewat DVR. DVR merupakan alat yang di dalam komponennya terdapat hardisk penyimpanan rekaman. Apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan barang bukti rekaman, maka kita bisa mengambil archive rekaman dari DVR tersebut. Pastikan Anda menyimpan DVR dan monitor di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh orang asing.

Demikian ulasan kami tentang cara pasang CCTV sendiri di rumah minimalis Anda. Dengan memahami ulasan diatas, Anda tak perlu lagi ketergantungan dengan teknisi setelah Anda membeli perangkat CCTV di toko, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.