Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Udang Hias agar Tetap Sehat dan Berwarna Cerah

Blue peral - diminimalis.com

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas tentang cara merawat udang hias sebagai salah satu hewan cantik yang dapat membuat akuarium rumah minimalis Anda nampak eksotis. Artikel ini melanjutkan dari artikel sebelumnya tentang jenis-jenis udang hias untuk aquarium minimalis Anda.

Cara Merawat Udang Hias, udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
Udang hias jenis Blue peral yang terawat dengan baik – diminimalis.com

Dikutip dari wikipedia, udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.Udang juga dibudidayakan sebagai hewan peliharaan dalam akuarium. Beberapa jenis udang hias yang populer di antaranya:Diantara beberapa jenis udang yang umum dipelihara di dalam aquarium, diantaranya yaitu :

• Neo-caridina

Red Cherry, Rilli, Snow Ball, Red Fire, Fire Yellow Shrimp, Black Cerry, Blue Pearl, Red Painted dan Yellow Shrimp merupakan jenis udang hias yang masuk ke dalam kelas Neo-caridina.• CaridinaRed Bee, PRL, Black Bee, PBL, Mosura dan Hinomaru merupakan beberapa jenis udang hias yang masuk ke dalam kelas Caridina.• Taiwan BeePAnda Shadow, Red Wine, Red Ruby, Kingkong dan Torquise merupakan jenis udang hias yang masuk ke dalam kelas Taiwan Bee.

• Cherry shrimp (Neocaridina heteropoda)

Ada beberapa varietas Cherry shrimp berdasarkan warna: Red, Black, Blue, dan Yellow (Golden). Grade dengan warna yg lebih pekat selalu diawali kata ‘Super’, misal Super Red Cherry shrimp, tentu harga lebih mahal dari grade biasa.

• Bee shrimp (Caridina cantonensis sp.)

Bee shrimp adalah spesies udang air tawar kecil yang berasal dari sungai di Cina selatan, memiliki masa hidup sekitar 18 bulan. Crystal/Bee adalah spesies udang hias yang relatif cukup mahal harganya, berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu per ekor. Ada beberapa varietas yang terkenal, yaitu Red Bee shrimp, Black Bee shrimp, White Bee shrimp, dan Golden Bee shrimp. Pada suhu air 22 derajat Celcius, waktu penetasan adalah 28 hari. Bee shrimp akan mengembangkan warna terbaiknya bila berada pada suhu sekitar 24–25 derajat Celcius.

Sama halnya dengan hewan peliharaan yang lain, udang hias harus dirawat dengan baik agar tetap fit dan berwarna indah. Karena cara merawat udang hias terbilang cukup simpel dan mudah

Cara merawat udang hias dengan baik dan benar

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
udang hias yang sehat dan nampak indah pada akuarium – diminimalis.com

Merawat udang hias sebenarnya tidak membutuhkan cara khusus untuk merawat udang hias tersebut. Anda bahkan tidak membutuhkan peralatan yang tidak wajar dalam merawat udang hias tersebut. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat udang hias dengan baik dan tepat, simak penjelasannya di bawah ini:

• Selalu menjaga kualitas air aquariumKualitas air untuk udang hias harus dijaga dengan baik. Jangan lupa untuk selalu cek pH air dan kondisikan tingkat pHnya antara 5,5 sampai dengan 8,5.

• Menyesuaikan jenis makanan udang dengan baikUdang hias memiliki jenis makanan yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan jenis udang hias tertentu. Ada jenis udang hias yang mengkonsumsi sayuran atau alga dan ada pula yang mengkonsumsi daging.

• Menciptakan habitat udang yang nyamanSama halnya dengan makhluk hidup yang lainnya, udang hias juga memerlukan habitat hidup yang nyaman. Pemilik udang hias dapat melengkapi aquarium dengan pasir dan kerikil pada bagian alas aquarium. Siapkan pula karang-karangan dan goa kecil sebagai tempat persembunyian udang hias. Untuk mebuat goa kecil, Anda bisa memberikan beberapa potongan paralon dengan diamater 2 cm dan panjang 5 cm. Agar udang hias merasa lebih nyaman, berikan beberapa tanaman hias di dalam aquarium.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat udang hias pada aquarium rumah minimalis Anda, semoga ulasan ini dapat menjadi referensi bagi Anda tentang cara merawat udang hias agar tetap sehat dan berwarna cerah.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.