Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sudah Benarkah Cara Anda Merawat Taman Minimalis?

Agar tetap asri, pastikan taman minimalis Anda berada di atas tanah yang baik - diminimalis.com

Kadang apa yang kita anggap baik-baik saja ternyata sebenarnya tidak, misal tentang cara merawat taman minimalis yang selama ini sudah kita nggap benar. Sejatinya, memiliki taman di halaman rumah tentunya dapat membuat landscape rumah Anda terlihat lebih asri dan hijau.

cara merawat taman minimalis yang benar, cara merawat tanaman yang benar, cara memelihara tanaman hias
Agar tetap asri, taman minimalis perlu dirawat dengan cara yang tepat – diminimalis.com

Cara Merawat Taman Minimalis yang Benar

Bagi Anda yang suka dengan tanaman hias, memahami cara merawat tanaman yang baik dan benar adalah hal yang penting. Karena tanaman hias bisa tumbuh dengan baik jika lingkungan sekitarnya juga dirawat dengan benar. Namun itu semua perlu diimbangi dengan pemahaman cara merawat taman sebagai area hidup tanaman hias Anda. Oleh karena itu, kali ini akan diulas mengenai cara merawat taman yang benar:


1. Memahami  Jenis Tanaman

memperindah taman bergaya tropis, memperindah taman bergaya tropis di Indoensia, taman tropis gaya bali
Anda perlu memahami tentang jenis dan cara merawat tanaman di taman rumah minimalis – diminimalis.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memelihara taman adalah memilih tanaman hias yang bagus dan benar. Pilihlan tanaman yang bisa menghasilkan bunga yang cantik agar taman Anda juga terlihat lebih indah dan menawan. Setelah menanam tanaman hias, Anda juga harus melakukan perawatan pada tanaman tersebut.

Caranya adalah dengan melakukan penyiraman dengan teratur.  Lakukan penyiraman pada setiap tanaman hias di taman Anda minimal 1 kali sehari, bisa pagi hari atau sore hari. Semprot atau siram secukupnya saja dan jangan terlalu banyak. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan tanaman membusuk hingga akhirnya mati. Karena hal terpenting dalam merawat tanaman hias adalah bagaimana caranya agar Anda menjaga kelembaban tanaman.

2. Membasmi hama

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membasmi hama. Caranya, bisa Anda lakukan dengan melakukan pembersihan rutin pada tanaman Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencegah hama dengan menggunakan pestisida atau obat-obatan alami agar saat membasmi hama, tanaman Anda tidak terkena efek buruknya.

3. Lakukan pemangkasan

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah pemangkasan. Proses pemangkasan ini sangat penting agar taman terlihat rapi dan cantik. Caranya, Anda potong tunas atas yang mendominasi. Dengan begitu, pucuk tanaman hias tidak akan terlalu dominan.

Sebaiknya, Anda lakukan pemangkasan pada daun yang tua dan besar karena mempunyai batang yang keras. Jangan sampai Anda memangkas daun muda karena hal tersebut bisa menyebabkan infeksi pada tanaman. Infeksiyang dilakukan secara berulang-ulang akan membuat luka kecil pada bidang tanaman.

4. Melakukan perbanyakan

Berikutnya adalah perbanyakan. Dengan melakukan perbanyakan ini, taman Anda akan terlihat semakin asri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perbanyakan tanaman. Beberapa diantaranya adalah stek, cangkok, akulasi dan pembenihan.

5. Pemupukan

Memberikan pupuk pada tanaman hias tentu merupakan hal penting pastinya sudah kita pahami. Pilihlah pupuk yang mudah terurai dalam tanah agar tanaman bisa tumbuh subur. Pemberian pupuk ini sangat penting untuk menjaga kesuburan tanaman hias.

6. Membersihkan taman secara berkala

Agar taman Anda terlihat bersih, terawat dan cantik. maka sangat penting untuk selalu membersihkannya secara teratur. Bersihkan taman dari daun dan ranting kering yang jatuh. Jangan sampai ada sampah plastik atau kertas di taman Anda, karena hal tersebut tentu dapat mengganggu keindahan taman. Selain itu, jangan membakar daun atau ranting kering, tapi ubahlah menjadi pupuk kompos agar bisa dipakai kembali untuk tanaman.

Nah, kini Anda sudah mengetahui cara merawat taman minimalis yang benar bukan? Demikianlah ulasan kami kali ini. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang ingin memiliki taman yang hijau, bersih, rapi dan cantik.(ls)

You might also like
1 Comment
  1. […] merawatnya secara rutin dengan cara diberi pupuk dan air setiap hari. Panduan cara mengolah tanah taman di atas bisa Anda jadikan acuan ketika membuat taman sendiri di rumah, semoga bermanfaat. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.