Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Beginilah Cara Merawat Mobil Mesin Diesel dengan Baik dab Benar

Mobil dengan mesin diesel membutuhkan perlakuan yang berbeda saat merawatnya dibanding mobil lainnya - Diminimalsi.com

Diantara berbagai jenis yang ada, mobil dapat dibedakan berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, yaitu mobil dengan mesin diesel dan mesin bensin. Supaya dapat terus digunakan tanpa timbul masalah, mobil perlu dirawat sesuai dengan jenisnya. Perawatan rutin ini dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen penyusun mobil. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan jenis mesin diesel, kali ini kami akan mengulas untuk Anda tentang cara merawat mobil mesin diesel tentunya berbeda dengan perawatan mobil bensin.

Cara merawat mobil mesin diesel, perawatan mobil diesel vs bensin, cara mengecek kondisi mesin diesel, memanaskan mesin diesel
Mobil dengan mesin diesel membutuhkan perlakuan yang berbeda saat merawatnya dibanding mobil lainnya – Diminimalsi.com

Pahami Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Bensin

Sebelum membahas lebih lanjut pada perbedaan cara merawat mobil mesin diesel dari mobil berbahan bakar bensin ini, terlebih dahulu Anda harus mengetahui sebenarnya apa perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin. Berikut ini beberapa perbedaannya :

• Bahan bakar

Cara merawat mobil mesin diesel, perawatan mobil diesel vs bensin, cara mengecek kondisi mesin diesel, memanaskan mesin diesel
Pahami pula perbedaan bahan bakar mobil mesin diesel dengan mobil jenis lainnya – Diminimalis.com

Perbedaan utama dari kedua jenis mobil ini ada pada bahan bakar yang digunakan. Mobil bensin menggunakan bahan bakar jenis bensin seperti premium atau pertamax sedangkan mobil diesel menggunakan bahan bakar jenis solar. Perbedaan ini ada karena komponen mesin keduanya juga berbeda. Bahan bakar solar bisa dikatakan lebih aman dari bensin karena solar lebih mampu bertahan pada suhu tinggi sehingga tidak mudah terbakar.

• Ketahanan Mesin

Dalam perkembangannya, mesin diesel diciptakan lebih dahulu daripada mesin berbahan dasar bensin. Meskipun merupakan inovasi mesin generasi terdahulu, ternyata mesin diesel ini malah lebih kuat dibandingkan dengan mesin bensin. Fakta yang ada dilapangan membuktikan bahwa ketahanan mesin diesel lebih bisa diandalkan jika digunakan pada medan-medan yang berat.

Selain itu, ketahanan mesin diesel ini bisa dilihat ketika terjadi banjir. Kendaraan dengan mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai salah satu komponennya. Hal ini membuat mesin lebih aman ketika terkena genangan air. Pada mesin bensin terdapat risiko terjadinya arus pendek yang membuat mesin mati.

• Tingkat Efisiensi Mesin

Mesin diesel memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Kendaraan mesin diesel bisa menghemat penggunaan bahan bakar sampai dengan 40% dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin. Hal ini yang membuat kendaraan bermesin diesel umumnya lebih hemat bahan bakar dibandingkan kendaraan bermesin bensin.

• Penggantian dengan Jenis Bahan Bakar Sintetis

Bahan bakar pada kendaraan mesin diesel bisa diganti menggunakan bahan bakar sintetis berupa bio-diesel. Teknologi bio-diesel ini bisa digunakan pada semua kendaraan diesel. Pada mesin berbahan bakar bensin ada jenis kendaraan yang mesinnya harus dimodifikasi terlebih dahulu baru bisa diganti menggunakan bahan bakar sintetis.

Cara Merawat Mobil Mesin Diesel Agar Performa Tetap Prima

Segala kelebihan yang dimiliki oleh mobil mesin diesel ini harus didukung dengan perawatan yang baik dan tepat. Mobil dengan mesin diesel membutuhkan perawatan yang sedikit lebih ekstra dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Perawatan secara rutin mutlak dibutuhkan untuk menjaga kualitas mesin dan segala komponen pendukungnya. Beberapa cara perawatan ini diantaranya :

• Jangan lupa memanaskan mobil sebelum digunakan

Usahakan Anda memanaskan mobil Anda setiap harinya sebelum digunakan.Panaskan mobil sekitar 10 menit sudah cukup untuk membuat mesin siap dan tidak kaget.

• Bersihkan filter udara secara rutin

Membersihkan filter udara ini dilakukan sebagai salah satu langkah memelihara mobil diesel untuk mencegah masuknya debu ke dalam mesin diesel. Mesin diesel rentan rusak jika terkena debu karena debu ini dapat membuat mesin menjadi lebih cepat aus. Filter yang rutin dibersihkan membuat udara yang masuk ke dalam mesin diesel terjaga tetap besih sehingga turut memperlancar proses pembakaran yang terjadi.

• Pilih solar dengan kualitas baik

Mesin tidak dapat bekerja tanpa adanya bahan bakar. Sebagai sumber energi utama, pemilihan bahan bakar juga menjadi penentu performa serta keawetan mesin diesel. Sebaiknya gunakan bahan bakar solar dengan kualitas yang tinggi. Bahan bakar solar kualitas tinggi akan menghasilkan performa mesin yang lebih baik, tarikan lebih ringan, suara lebih halus serta asap buangan juga lebih bersih.

• Ganti filter solar

Cara merawat mobil mesin diesel, perawatan mobil diesel vs bensin, cara mengecek kondisi mesin diesel, memanaskan mesin diesel
Selalu periksa filter solar setiap kali diservis – Diminimalis.com

Segera bersihkan filter solar ketika muncul tanda saringan bahan bakar di dashboard mobil Anda. Tanda ini muncul ketika ada sesuatu yang menyumbat saringan atau filter solar. Sumbatan ini bisa berupa kotoran atau air yang jika tidak segera dibersihkan bisa masuk ke dalam mesin dan menimbulkan masalah.

• Jangan mematikan mesin mobil secara tiba-tiba

Jika Anda selesai menggunakan mobil jangan langsung mematikan mesin begitu berhenti. Sebaiknya tunggu kira-kira 5 menit baru kemudian mesin dimatikan. Tindakan ini berguna agar mesin memiliki kesempatan untuk mendinginkan komponennya terlebih dahulu. Apabila hal ini rutin dilakukan dan menjadi kebiasaan maka Anda akan memperoleh mesin diesel tahan lama dengan performa tetap baik.

• Jangan sampai bahan bakar habis total

Pastikan Anda mengisi tangki bahan bakar Anda minimal ketika volume bahan bakar sisa sudah mencapai 1/3 dari total volume tangki. Tangki yang kosong bisa memicu terjadinya pengembunan dan akan menghasilkan uap air. Uap air ini bila tercampur dengan bahan bakar bisa menurunkan kualitas dan performa mesin mobil diesel Anda.

Sebagaimana ketika Anda membuat carport yang aman melindungi mobil Anda, merawat mesin pun juga merupakan upaya untuk melindungi keamanan dan keawetan mesin mobil Anda. Merawat kendaraan solar yang benar dapat memperpanjang usia mesin dan menjaga performa mesin tetap prima. Jangan sampai muncul masalah pada mobil akibat kurangnya perawatan yang tepat. Menerapkan cara merawat mobil mesin diesel dengan tepat sebelum terjadi kerusakan tentunya jauh lebih hemat dibandingkan harus melakukan perbaikan ketika ada komponen mesin yang terlanjur rusak. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.