Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Lantai Semen atau Plester dengan 3 Langkah Mudah

kamar cantik dengan kilauan lantai semen yang menawan - diminimalis.com

Bagaimanakah cara merawat lantai semen yang baik dan benar? Tema ini kami ulas karena popularitas lantai semen sudah kembali naik daun. Bagi Anda yang sebagian atau salah satu lantai ruangannya juga menggunakan semen plester, alangkah baiknya juga mengetahui hal ini. Tanpa perawatan yang tepat, lantai plester akan mudah rusak dan tidak indah dilihat.

cara merawat lantai semen, cara merawat lantai semen plester, cara membersihkan lantai plesteran, cara mengkilapkan lantai plesteran
kamar cantik dengan kilauan lantai semen yang menawan – diminimalis.com

Lantai semen akhir-akhir ini mulai kembali dilirik sebagai salah satu bagian dari desain rumah modern. Setelah sebelumnya pamornya kalah dengan lantai keramik dan porcelanix, namun lantai semen masih banyak diandalkan untuk berbagai tujuan pembangunan rumah. Ada yang ingin memberikan nuansa klasik, ada juga yang ingin merasakan kesejukan saat memijak lantai semen tersebut.

Cara Merawat Lantai Semen yang Tepat dan Mempercantiknya

Membuat lantai semen mengkilap pada dasarnya memang mudah, terlebih bila Anda rutin membersihkannya setiap saat. Namun pada kasus tertentu diperlukan juga perawatan khusus pada lantai semen Anda. Karena menjaga lantai selalu bersih akan mempengaruhi kesehatan Anda dan keluarga terutama bila di rumah, Anda memiliki anak kecil. Cara di bawah ini bisa Anda terapkan untuk membuat lantai semen Anda mengkilap.

Mengkilapkan lantai plester, cara Mengkilapkan lantai plesteran, cara Mengkilapkan lantai ubin
lantai plester bisa dibuat mengkilap menggunakan bahan-bahan alami – diminimalis.com

1. Biasakan untuk rutin menyapu lantai semen rumah Anda. Rajin menyapu kotoran pada lantai semen Anda adalah cara terbaik untuk menjaga lantai semen tetap mengkilap. Debu yang menumpuk ditambah dengan kotoran berupa pasir, dapat menyebabkan semen menjadi tergores. Jika hal ini terjadi terus menerus dan berulangkali, maka kilap pada semen lama-kelamaan akan pudar.

2. Jika ingin mengepel lantai pakailah air hangat saat mengepel lantai semen. Air hangat akan membuat kotoran yang menempel pada semen mudah terlepas. Jika perlu, Anda dapat menambahkan cairan pembersih lantai sesuai dengan petunjuk yang biasanya tertera pada kemasan tiap-tiap produk.

3. Ketika mengepel lantai semen, pilihlah kain pel yang bersih, lembut, dan memiliki daya serap tinggi. Rajinlah mengganti air di ember jika airnya sudah kotor karena pembilasan. Setiap kali membilas, jangan lupa untuk memeras kain pel agar lantai semen tidak basah berlebihan.

Sedangkan untuk membuat lantai semen Anda terlihat mengkilap, Anda bisa memamanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Bahan-bahan alami tersebut menghindarkan lantai plester Anda dari kuman penyebab penyakit. Diantra bahan-bahan teserbut yaitu:

Baking Soda

Baking soda bisa menghilangkan noda berminyak serta garis yang tertera pada permukaan lantai. Anda bisa menaburkan baking soda pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Kemudian lap bagian tersebut menggunakan kain pel yang basah. Cara ini bisa menghilangkan noda membandel yang menempel pada permukaan lantai sehingga terlihat lebih mengkilap.

Cuka

Cuka juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk membuat permukaan lantai semakin bersih. Caranya dengan mencampurkan cuka setengah cangkir dengan seember air. Anda juga bisa menambahkan air lemon untuk memberikan hasil yang maksimal. Kotoran pada lantai akan mudah terangkat dengan cara ini.

Daun Teh

Teh bagus untuk merawat lantai rumah yang terbuat dari kayu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh panas lalu diamkan hingga menjadi dingin dengan sendirinya. Kemudian ambil kain dan celupkan ke dalam teh. Teh bisa untuk membuat lantai kayu babas dari kotoran dan debu membandel.
Demikian ulasan kami tentang cara merawat lantai semen dan mengkilapkannya. Dengan menerapkan cara-cara sederhana diatas, semoga lantai semen di rumah Anda bisa tetap awet dan indah, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.