Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Kolam Ikan Hias, Apa Saja Tahapannya?

Merawat kolam ikan perlu dilakukan secara ruitn agar ikan terhindar dari penyakit - diminimalis.com

Bagi Anda yang gemar memelihara ikan hias tentunya perlu paham cara merawat kolam ikan tersebut demi menghindarkan dari berbagai dampak negatif kedepannya. Merawat ikan agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik bukan saja terfokus tentang bagaimana cara merawat ikannya. Habitat ikan tersebut juga menjadi faktor penting yang berpengaruh besar terhadap kesehatan ikan yang Anda pelihara di rumah.

cara merawat kolam ikan, cara merawat kolam ikan hias, cara merawat kolam ikan agar tidak berlumut
Merawat kolam ikan perlu dilakukan secara ruitn agar ikan terhindar dari penyakit – diminimalis.com

Metode cara perawatan kolam ikan yang akan kami bahas ini berlaku bagi Anda yang memelihara ikan hias di kolam minimalis maupun ikan konsumsi di kolam yang lebih luas. Prinsipnya sama, Anda perlu memahami karakter ikan berdasarkan jenisnya, yang nantinya disesuiakan dengan tipe kolamnya. Konstruksi dan perawatan ikan buruk, sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan ikan.


Cara Merawat Kolam Ikan dengan Tepat dan Benar

Sebagaimana budidaya ikan ternak, memelihara ikan hias juga membutuhkan perawatan yang intensif agar ikan bisa hidup dengan sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Hanya saja, masa pemeliharaan ikan budidaya lebih rumit dan harus sulit. Pasalnya kolam ikan yang berada di luar ruangan akan selalu terguyur hujan, terkena paparan sinar matahari, tercemar lumpur dan lain sebagainya. Kolam ternak ikan yang tidak terawat akan menarik hewan atau organisme liar lain untuk mengganggu atau memangsa ikan dalam kolam.

Memelihara ikan tidak hanya sekedar pemberian pakan, tapi juga menyangkut tentang penyiapan kolam ikan, pengeringan, dan lain sebagainya. Merawat kolam ikan sebenarnya sangat mudah asalkan Anda memahami teknik yang harus dilakukan.  Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diulas terkait denan cara mudah melakukan perawatan pada kolam ikan.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertimbangkan berapa banyak jumlah ikan yang akan dipelihara. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan berapa kiranya jumlah tanaman yang akan ditambahkan ke dalam kolam. Selain itu, banyaknya ikan juga harus disesuaikan dengan jumlah kapasitas filtrasi kolam. Jangan langsung memasukkan ikan dalam jumlah besar dalam kolam. Sebaiknya, tambahkan ikan secara bertahap agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru terlebih dahulu.

cara merawat kolam ikan, cara merawat kolam ikan hias, cara merawat kolam ikan agar tidak berlumut, kolam ikan minimalis di dalam rumah,kolam ikan minimalis depan rumah, kolam ikan minimalis depan rumah kolam ikan minimalis di lahan sempit, cara membuat kolam ikan minimalis
kolam ikan yang terawat dapat menjadikan ikan tetap sehat – diminimalis.com

2. Selanjutnya Anda perlu mempertahankan kualitas air dengan baik. Hal ini penting agar  pasokan air dapat dikelola dengan intensif dan teratur agar ekosistem di dalam kolam tetap terjaga.

3. Kemudian berikan tanaman penutup paling tidak setengah dari permukaan kolam. Ini perlu dilakukan agar ikan bisa berteduh dari panasnya matahari.

4. Saat musim panas, cobalah menguji kualitas air serta ketinggian air. Perhatikan pula jumlah ganggang yang muncul di kolam. Jangan sampai ganggang yang tumbuh terlalu banyak karena bisa menyebabkan ekosistem kolam menjadi terganggu. Saat musim hujan, jangan pernah lupa untuk membersihkan kolam secara berkala, caranya adalah dengan menggosok bagian sisi-sisi kolam tanpa menggunakan sabun.

5. Selanjutnya, perhatikan kesehatan ikan. Jika ikan terlihat sakit seperti muncul bercak atau tidak tegak, cobalah menambahkan air ke dalam kolam atau segera mengganti air kolam dengan air bersih.

6. Hal yang tidak boleh sampai Anda lupakan selanjutnya adalah lakukan pemangkasan tanaman dan gulma di sekitar kolam secara perlahan. Selain itu selalu bersihkan pompa dan filter kolam dengan teratur.

Cara merawat kolam ikan di atas sangat mudah bukan? Usahakan agar Anda selalu melakukan perawatan secara berkala dan kontiniu. Karena pada dasarnya, merawat ikan dan kolamnya harus dilakukan secara intensif dan teratur. Dengan begitu, ikan bisa tumbuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.