Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Karpet yang Tepat Supaya Terbebas dari Kuman

karpet perlu dibersihkan secara rutin demi mencegah dari kuman dan penyakit - diminimalis.com

Cara merawat karpet karpet yang benar perlu dipahami bagi Anda yang ingin menghindarkan anggota keluarga dari bakteri yang menumpuk di karpet. Sekedar menyapu kotoran di atasnya tidak akan membuat karpet Anda menjadi bersih seketika. Karena kebanyakan penyebab kotornya karpet adalah endapan debu yang masuk ke serat kain. Solusi terbaik membersihkan karpet adalah dengan mencucinya dengan air.

Permadani atau karpet adalah tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas “berbulu” yang melekat pada alasnya. Tumpukan permadani umumnya terbuat dari wol atau serat buatan manusia seperti polypropylene, dan biasanya terdiri dari lilitan-lilitan jumbai yang acapkali dipanaskan untuk mempertahankan struktur mereka.


Istilah “karpet” sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Italia kuno carpita, “carpire” yang berarti membului. Kata karpet biasanya dipakai juga untuk menyebut permadani, di mana permadani Persia diperkenalkan setelah dibukanya jalur perdangangan dengan Eropa barat pada abad ke-17. Dalam sejarahnya karpet atau permadani dipakai juga untuk menyebut penutup meja maupun dinding, karena karpet tidak lazim dipakai untuk menutupi lantai di Eropa hingga abad ke-18

Sejarah karpet bermula di Asia Tengah antara tiga sampai dua millennium sebelum masehi (SM). Karpet tertua ditemukan dalam kuburan di lembah Pazyrik yang diperkirakan berasal dari lima sampai empat abad SM. Sementara tumpukan karpet bersimpul tepi tertua ditemukan di semenanjung Anatolia Turki yang diperkirakan berasal dari masa dinasti Seljuk pada pertengahan pertama abad 13 (Wikipedia).

Meski banyak manfaat dari karpet untuk lantai rumah minimalis kita, kita juga harus paham bahwa karpet membutuhkan perawatan yang dilakukan dengan disipin. Debu karper yang bila tidak dibersihkan dengan rutin, bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri buruk yang bisa berpotensi menyebarkan penyakit untuk anggota keluarga kita.

cara membersihkan karpet, cara merawat karpet, cara mencuci karpet
karpet perlu dibersihkan secara rutin demi mencegah dari kuman dan penyakit – diminimalis.com

Cara merawat karpet yang baik dan benar

Untuk membersihkan karpet dari kuman penyebab penyakit adalah dengan mencucinya menggunakan air, erikut tahapan yang bisa Anda lakukan.

Persiapan:
• Vacuum Cleaner
• Sapu lidi atau tongkat pemukul kasur
• Air
• Tempat jemuran
• Shampo khusus Karpet atau deterjen

Langkah Mencuci Karpet:

• Bentangkan karpet di atas lantai, kemudian bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel di karpet menggunakan vacuum cleaner atau dengan sapu ijuk.

• Angkat dan bentangkan karpet di atas tempat jemuran, pukul karpet dengan sapu lidi untuk membersihkan endapan debu. Pukul pelan pelan saja.

• Semprotkan air dari selang pada karpet hingga debu yang tersisa hilang. Pastikan air harus mengalir, bukan mengenang. Jangan mencuci dengan mencelupkan karpet dalam air, karena hal ini dapat merusak lem karpet. Selanjutnya balikkan karpet supaya bersih maksimal, bagian atas dan bawah karpet harus disikat semua.

• Setelah seluruh bagian karpet basah, gunakan deterjen dan sikat permukaan karpet dengan lembut.
• Bilas busa deterjen dengan menyemprotkan air lagi. Ulangi beberapa kali hingga busa menghilang.
• Jika ingin lebih wangi dan nyaman, jangan lupa berikan tambahan pewangi.
• Selanjutnya jemur dibawah sinar matahari. Untuk menghindari kerusakan karpet akibat senagatan matahari yang terlalu panas, Anda bisa mengantung dan mengangin-anginkan hingga kering.

• Setelah seluruh permukaan karpet kering sempurna, gelar kembali karpet di tempatnya lalu taburkan baking soda merata. Baking soda dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap. 30 menit kemudian sedot baking soda menggunakan penyedot debu.

karpet cantik, karpet cantik dan murah, harga karpet permadani
karpet yang bersih akan membuat ruangan menjadi sehat dan indah – diminimalis.com

Setidaknya cucilah karpet kesayangan anda 2/3 bulan sekali agar tetap awet dan tahan lama. Karena mencuci karpet membutuhkan tempat yang luas dan waktu yang lama, jangan ragu untuk memakai jasa laundry bila Anda kesulitan untuk membersihkannya sendiri.

Membersihkan karpet dalam keadaan kering

• Untuk noda yang lengket semisal permen karet, gunakan es batu untuk mengangkat noda yang sudah mengeras.

• Untuk noda berbau, buatlah campuran cuka dan air hangat lalu oleskan pada noda menggunakan kain.

• Jika karpet terkena cairan, segeralah lap dengan kain. Tekan kain pada bagian yang basah agar cairan terserap kain lap tersebut. Jika cuaca mendukung, angin-anginkan karpet di luar ruangan.

• Jika cairan yang menempel meninggalkan noda, Anda perlu membersihkannya dengan air yang telah dicampur deterjen. Setelah itu keringkan karpet kembali.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat karpet yang tepat, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang karpet cantik untuk mempercantik lantai rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Karpet cantik untuk mempercantik lantai rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.