Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Kamar Mandi yang Benar Ini Sebaiknya Perlu Anda Pahami

Banyak areadi kamar mandi yang harus dibersihkan agar steril dari kuman yang mendatangkan penyakit - diminimalis.com

Terdengar klise dan sepele, tapi nyatanya tak semua orang paham dengan detail, apa saja tahapan tentang tata cara merawat kamar mandi yang benar. Meski sehari kita bisa berkali-kali keluar-masuk kamar mandi, toh kebanyakan urusannya untuk membersihkan diri sendiri. Atau jangan-jangan kita hanya peduli pada kebersihan kamar mandi sesuai kondisi mood kita saja?

cara merawat kamar mandi yang benar, cara membersihkan kloset, cara membersihkan kamar mandi dengan baking soda,
Banyak areadi kamar mandi yang harus dibersihkan agar steril dari kuman yang mendatangkan penyakit – diminimalis.com

Lantas bagaimana bila kita lupa untuk mebersihkannya secara intensif dan ini terjadi pada rentang waktu yang cukup lama? Sudahkan Anda membuat jadwal rutin untuk membersihkannya secara disiplin? Apa ini penting? Tentu saja.


Karena disanalah tempat kita membersihkan badan dari segala kotoran dan kuman. Terlebih kondisinya yang selalu lembab, membuat kita harus rutin membersihkannya, demi mencegah kuman untuk tumbuh dan menimbulkan penyakit.

Cara Merawat Kamar Mandi yang Benar

Agar kamar mandi terlihat bersih, tentunya Anda harus melakukan perawatan yang benar. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan program perawatan kamar mandi ini, berikut adalah tips merawat kamar mandi yang benar agar tetap bersih dan sehat :

1. Membersihkan setiap sudut kamar mandi

Kamar Mandi Ideal, gambar Kamar Mandi Ideal , desain Kamar Mandi Ideal
kamar mandi yang bersih dapat menghindarkan keluarga kita dari penyakit – diminimalis.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan setiap sudut kamar mandi. Seperti yang diketahui, kamar mandi mempunyai celah-celah yang menjadi tempat persembunyian terbaik kuman dan bakteri. Ada banyak bahan rumah tangga yang bisa dipakai untuk membersihkan kamar mandi. Salah satunya adalah bubuk soda kue. Bagi Anda yang belum tahu, bubuk soda kue sangat bermanfaat untuk meluruhkan kotoran pada dinding-dinding kamar mandi dan mensterilkan kuman yang menempel.

Bagian-bagian dalam kamar mandi yang harus Anda bersihkan diantaranya adalah lantai, bak mandi, toilet, wastafel, dan dinding kamar mandi. Saat membersihkan, pastikan jika Anda memakai sarung tangan. Apalagi jika pembersih yang Anda pakai terbuat dari bahan kimia. Saat membersihkan kamar mandi, buka jendela dan pintu agar sirkulasi udara tetap terjaga.

2. Bersihkan tempat sabun

Tips merawat kamar mandi yang benar selanjuntnya adalah membersihkan tempat sabun dengan teratur. Sisa-sisa sabun bisa menyebabkan lapisan resido pada tempat sabun. Akibatnya, tempat sabun menjadi berkerak dan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itulah mengapa Anda harus membersihkan tempat sabun secara berkala agar lapisan kerak tidak begitu tebal.

Cara membersihkan wadah sabun ini sangat mudah. Campurkan soda kue sebanyak satu sendok teh dan cuka sebanyak satu sendok teh. Beri sedikit air hingga terbentuk menjadi adonan. Oleskan adonan bubuk soda yang sudah dibuat menggunakan sikat gigi bekas. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan produk pembersih khusus kamar mandi.

3. Bersihkan tempat sikat gigi

Dari semua aksesoris yang ada di dalam kamar mandi, wadah sikat gigi adalah salah satu barang yang harus Anda bersihkan. Ada banyak kuman dan bakteri di tempat gigi, baik di dalam wadah atau gantungannya. Bahayanya, kuman-kuman tersebut bisa berpindah dari wadah ke bulu-bulu di sikat gigi yang secara otomatis akan berpindah pula pada mulut Anda. Apabila wadah tempat sikat gigi di rumah Anda memang dipisahkan, maka cucilah tempat tersebut secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan celah-celah tempat sikat gigi dengan bersih.

4. Bersihkan toilet

Seperti yang diketahui, toilet adalah tempat yang paling kotor di kamar mandi. Selain itu, sikat toilet juga sangat berpotensi menjadi tempat bertumbuh kembang biaknya bakteri dan kuman. Oleh karena itu, agar sikat kloset tidak membuat bakteri semakin menyebar, melalui udara, maka Anda harus membersihkannya dengan rutin.

Caranya adalah Anda bilas gagang dan kepala sikat menggunakan air panas. Lalu rendam sikat tersebut ke dalam larutan cuka atau karbol yang dimasukkan ke dalam air panas selama satu jam. Larutkanlah 2 cangkir teh karbol dalam air panas sebanyak 5 liter. Lalu, gosok kepala sikat dengan sabun cuci piring lalu bilas. Biarkan sikat mengering secara alami.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan tentang cara merawat kamar mandi yang benar. Dengan adanya ulasan ini, semoga Anda bisa memiliki kamar mandi yang bersih, berkilau dan bebas dari kuman.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.