Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Merawat Bonsai Buah Dengan 3 Langkah Efektif

bonsai buah sebagai hiasan hidup yang eksotis untuk rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Cara merawat bonsai buah memeng tidaklah mudah, namun dengan mengetahui teknik yang tepat hal tersebut tidaklah sulit. Bonsai merupakan salah satu benda yang dapat membantu mempercantik tampilan rumah Anda. Hiasan yang berupa tamanan ini memiliki nilai artistik yang tinggi, bagaimana tidak tanaman yang biasanya berbentuk tinggi dengan ukuran yang besar dapat tampil dengan ukuran yang lebih kecil dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara Merawat Bonsai Buah, Cara membuat Bonsai Buah, bonsai buah jeruk, bonsai buah anggur
bonsai buah sebagai hiasan hidup yang eksotis untuk rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Pada dasarnya setiap tamanan dapat dibuat kerdil, namun secara garis besar terdapat tiga cara yang digunakan, yaitu cara genetik, fisika dan kimia. Cara genetik adalah dengan cara melakukan persilangan antara tamanan dengan sifat yang berbeda, lalu setelahnya seleksi tamanan yang dihasilakn terseut. Sedangkan cara kimia adalah dengan memberikan zat kimia yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman tersebut.

Cara fisika adalah dengan memberikan perlakukan secara fisik sepetri memangkas akar, memotong daun, dan membuang tunas agar pertumbuhannya tidak optimal. Dan cara ini merupakan cara yang paling populer digunakan untuk membuat bonsai.

Cara Merawat Bonsai Buah Secara Efektif

Salah satu bonsai yang sangat unik dan indah adalah bonsai buah. Bonsai yang satu ini tampil unik karena selain berbentuk kecil namun tetap dapat berbuah layaknya pohon biasa, sehingga tidak mengherankan jika bonsai buah menjadi salah satu incaran kolektor untuk menjadi salah satu koleksi yang dimilikinya.

Faktor uatama yang membuat bonsai buah Anda berhasil tumbuh dengan baik, salah satunya ada pada pemilihan jenis buah yang tepat. Bila Anda salah dalam menetukan jenis buah, tentu saja bonsai buah Anda tidak akan tumbuh dengan baik. Berikut diminimalis ulas tentang jenis buah yang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai:

Buah Jeruk kingkit

Jeruk kingkit merupakan salah satu kerabat jeruk yang di kecualikan karena keindahannya jika dijadikan bonsai. Tidak seperti tanaman jeruk lainnya, kelebihan yang dimiliki tanaman jeruk ini yaitu terletak pada penampilan batangnya yang beralur dan terlihat tua maka bisa membuat indah apalagi di lengkapi dengan batangnya yang berwarna putih

Buah Delima

Sebagai tanaman buah yang dijadikan bonsai sebenarnya delima kurang ideal. Di dalam pot tanaman ini bisa kerdil, dan ukuran buahnya besar. Namun, penampilan tanamannya yang berbatang duri dengan daun yang mungil memang cukup indah. Untungnya kayu delima juga cukup keras sehingga menambah nilainya sebagai tanaman buah yang dibonsaikan.

Buah Jambu Biji

Jambu biji merupakan tanaman yang mudah ditemukan di daratan Indonesia. Tanaman ini pun cara menanamnya sangat mudah dan buahnya juga sama pada umumnya yaitu berwarna hijau tua dan setelah masak berubah menjadi hijau muda agak kekuning – kuningan.
Dengan batangnya yang licin dan berwarna coklat. Dengan keunggulan batangnya inilah jambu biji sangat cantik jika dijadikan bonsai.

Agar dapat memiliki bonsai buah yang sehat dan indah, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat perawatannya. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Pemotongan Batang

Batang merupakan bagian tanaman yag sangat menentukan bentuk dan keindahan bonsai. Sehingga harus dilakukan pemotongan secara berkala hingga bentuk bonsai indah dan sesuai dengan yang diharapkan. Teknik pemotongan batang pun tidak sembarngan. Anda harus memotong pada bagian batang yang tepat serta tersembunyi agar tidak merubah bentuk.

cara membuat bonsai buah, cara membuat bonsai buah naga, cara membuat bonsai buah jeruk, cara membuat bonsai buah-buahan, pohon bonsai berbuah
Bonsai buah jeruk kingkit – diminimalis.com

2. Pemangkasan Akar

Untuk membuat bonsai tetap berbentuk indah salah satu hal yag perlu diperhatikan adalah akar. Bonsai yang pada dasarnya adalah tamanan besar pastinya memiliki akar yang banyak, dan jika didiamkan dalam waktu lama maka akan cepat memenuhi media tanam, oleh sebab itulah harus dipangkas secara berkala dan mengganti media tanamnya.

3. Pembuangan Tunas Baru

Bonsai yang pada dasarnya tanaman hidup pastinya akan menumbuhkan tunas baru,dan hal itu pastinya akan mengubah bentuk bonsai Anda. Sehingga pembuangan tunas baru haruslah dilakukan secara berkala, kecuali jika tunas tersebut sengaja di tumbuhkan untuk menyempurnakan bentuk bonsai.

Itulah beberapa cara merawat bonsai agar tampil dengan indah. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara membuat bonsai buah agar rumah Anda semakin indah di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Membuat bonsai buah agar rumah Anda semakin indah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.