Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Jangan Sampai Salah, Beginilah Cara Menyiram Tanaman yang Benar

Menyiram tanaman tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan - diminimalis.com

Memiliki tanaman cantik yang tumbuh subur, merupakan harapan bagi siapa saja yang memiliki tanaman di halaman rumahnya. Dan untuk mengupayakannya, Anda perlu memberikan perawatan terbaik, termasuk saat menyiramnya. Tanaman yang tidak disiram dengan cara yang tepat, dapat menjadikannya layu dan tidak tumbuh dengan baik. Maka dari itu, kita perlu memahami cara menyiram tanaman yang benar agar tanaman di taman rumah minimalis kita dapat tumbuh dengan baik.

cara menyiram tanaman yang benar, petunjuk menyiram tanaman, cara menyiram tanaman di musim kemarau
Menyiram tanaman tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan – diminimalis.com

Cara menyiram tanaman yang benar

Untuk menambah referensi bagi Anda tentang bagaimana cara menyiram tanaman yang benar, kali ini Diminimalis akan mengulasnya untuk Anda.


Perhatikan waktu terbaik untuk menyiram tanaman

cara menyiram tanaman yang benar, petunjuk menyiram tanaman, cara menyiram tanaman di musim kemarau
Pagi hari merupakaan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman – diminimalis.com

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi atau sore hari. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyiram tanaman karena cocok dengan siklus pertumbuhan alami tanaman. Pada waktu tersebut, tanaman siap untuk melakukan proses fotosintesis matahari sudah terbit namun belum terlalu tinggi.

Alangkah baiknya bila Anda menyiram tanaman sebelum jam 10 pagi. Hal ini untuk memastikan air bisa terserap ke dalam tanah dan sedikit mengering sebelum sinar matahari terasa terlalu panas. Anda perlu menghindari menyiram tanaman pada siang hari. Karena ketika cuaca sedang sangat panas, air justru bisa membakar tanaman, tentu saja hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada tanaman tersebut.

Jika Anda tidak bisa menyiram di pagi hari, tunggu hingga sore hari, saat sinar matahari sudah tidak terlalu panas. Waktu terbaik untuk menyiram tanaman saat sore hari adalah di atas jam 4 sore. Dengan menyiram di sore hari, tanaman tidak akan terbakar dan air masih bisa diserap sebelum malam datang.

Jumlah air

Jangan terlalu sedikit atau berlebih dalam menyiram air ke tanaman Anda. Komposisi air yang benar saat menyiram tanaman, bisa Anda perhatikan pada pot tanaman Anda. Siramlah air hingga muncul rembesan air yang keluar dari dalam pot.Bila rembesan itu sudah muncul, maka hal itu sudah cukup dan jangan ditambah lagi. Karena air yang terlalu banyak dapat membuat daun menjadi busuk. Bila tanaman Anda di tanam langsung di tanah, maka perkirakanlah jumlah air yang disiram sebagaimana komposisi yang pas seperti penyiramaan tanaman dalam pot tadi.

Bagian yang perlu di siram

Meski tanaman menyerap air melalui akar, namun Anda jangan hanya menyiram tanaman pada bagian bawah saja. Anda tetap perlu menyiram tanaman ke seluruh bagian tanaman. Anda bisa menyiramnya mulai dari ujung tanaman, hingga pangkal batang. Kondisi daun yang basah, dapat menghindari daun menjadi kering saat musim kemarau tiba.

Perhatikan Cuaca

Di musim kemarau tentu volume air yang Anda siram ke tanaman Anda lebih banyak dibanding saat musim hujan. Karena saat musim kemaru, tanaman akan sangat mengandalkan sumber air dari air siraman Anda. Sedangkan saat musim hujan, tanaman masih mendapat asupan air dari hujan yang turun.

Demikian ulasan kami tentang cara menyiram tanaman yang benar. Semoga dengan melakukan metode menyiram tanaman seperti di atas, tanaman Anda dapat tumbuh dengan subur dan selalu segar.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.