Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menjual Rumah Sendiri Tanpa Broker? Pahami Caranya di Sini

Anda tak perlu memikirkan komisi broker bila mampu menjual rumah sendiri - Diminimalis.com

Menjual rumah bukanlah perkara yang gampang. Tak seperti menjual barang-barang kecil yang bisa dijajakan di tempat keramaian untuk mencari calon pembeli. Namun jika rumah yang Anda jual memiliki konsep rumah minimalis seperti model-model rumah jaman sekarang, Anda tak perlu terlalu khawatir. Pembeli akan lebih tertarik dengan rumah anda. Apalagi jika lokasinya terbilang strategis dan tidak jauh dari pusat kota. Kemungkinan laku akan lebih besar meskipun Anda menggunakan cara menjual rumah sendiri tanpa broker.

cara Menjual rumah sendiri tanpa broker, komisi jual beli rumah berapa persen, jasa agen properti, jasa jual beli rumah
Menjual rumah sendiri sebenarnya mudah bila Anda oaham caranya – Diminimalis.com

Cara Menjual Rumah Sendiri Tanpa Bantuan Broker

1. Tak Perlu Menyediakan Komisi

Menjual rumah tanpa broker, komisi jual beli rumah berapa persen, jasa agen properti, jasa jual beli rumah
Dengan menjual rumah sendir, Anda tak perlu menyediakan komisi untuk broker – DIminimalis.com

Dengan memilih menjual rumah Anda tanpa bantuan broker, Anda tak perlu repot-repot mengeluarkan komisi saat proses jual-beli terjadi. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan harga jual rumah dengan cara-cara yang efektif. Biasanya broker akan mengambil sebanyak 2-3% dari nilai properti yang dijual. Bagi beberapa pemilik rumah atau properti jumlah tersebut lumayan, sehingga mereka memilih untuk tidak pakai jasa broker.

2. Tipe Broker yang Berbeda-beda

Tingkat profesionalitas broker berbeda satu dengan yang lain. Karena itu, mencari broker yang berkualitas juga tidak mudah. Bayangkan jika Anda mendapatkan broker yang kurang aktif dalam mempromosikan rumah Anda. Maka Anda mungkin akan rugi karena harus menunggu lebih lama sampai rumah Anda terjual.

Banyak sekali kasus yang sering terjadi di lapangan terkait jasa broker rumah. Ada tipe broker yang mencari komisi ganda. Ia menerima komisi bukan hanya dari Anda sebagai penjual tapi juga dari pembeli.
Atau kasus lainnya, broker tidak memberikan informasi kepada Anda mengenai pembeli yang memberikan penawaran tinggi. Ia lebih memilih mengambil keuntungan dari hal tersebut. Hal itu tentu saja akan merugikan Anda.

Ada juga broker yang nakal. Mereka rela melanggar etika dari Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI). Mereka menyimpan calon pembeli dan penjual untuk mendapatkan harga dan komisi yang lebih tinggi.
Karena itu jika Anda terpaksa menggunakan jasa broker sebaiknya kenali dulu reputasinya. Cek sertifikasi profesionalnya sebelum mempercayakan proses penjualan rumah Anda. Sehingga Anda tidak akan rugi dan kecewa di akhir.

3. Tidak Perlu Terikat Kesepakatan

Jika Anda menjual sendiri rumah tanpa broker, Anda tidak perlu direpotkan dengan adanya kesepakatan macam-macam. Karena biasanya saat menggunakan jasa broker, Anda akan terikat sebuah perjanjian bahwa Anda tidak bisa bebas menjual rumah Anda kepada orang lain. Hal ini juga bisa menjadi hambatan, bagaimana jika ternyata Anda yang lebih dulu menemukan pembeli.

Tapi meski begitu, ada juga tipe broker yang menawarkan kepada pemilik properti supaya sama-sama bisa mencari calon pembeli. Ada juga pemilik yang ingin menggunakan jasa broker, tapi tidak ingin terikat kesepakatan semacam itu. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik rumah harus menekankan kesepakatan ini jika terpaksa menggunakan broker.

4. Bisa Merubah Harga Sewaktu-waktu

Dengan menjual sendiri rumah Anda, Anda bisa bebas mengubah harga sewaktu-waktu, selama proses deal dengan pembeli belum terjadi. Namun jika menggunakan jasa broker, Anda harus menghubunginya dulu jika ingin merevisi harga. Tentunya hal ini lebih merepotkan.

Keuntungan Menjual Sendiri Rumah Tanpa Broker Lewat Online

Saat ini kita hidup di era media sosial yang cukup mendominasi kehidupan. Seperti yang Anda tahu, hampir semua orang memiliki gadget dan menggunakannya untuk berinteraksi di dunia maya atau media sosial. Bahkan waktu bekerja pun diselipi dengan berselancar di media sosial. Sebut saja facebook, twitter, atau instagram yang sedang banyak digandrungi.

Fenomena ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual rumah Anda dengan cepat. Dengan pemasaran online Anda bisa menawarkan rumah Anda kepada calon pembeli yang lebih luas. Sehingga peluang untuk segera terjual pun lebih besar. Berikut ini 2 alasan mengapa Anda harus menjual rumah Anda dengan cara online.

• Informasi Rumah Bisa Ditampilkan Secara Detail

Menjual rumah tanpa broker, komisi jual beli rumah berapa persen, jasa agen properti, jasa jual beli rumah
dengan menjual rumah sendiri, Anda bisa memberikan informasi rumah secara detail –
Diminimalis.com

Bayangkan Anda menjadi calon pembeli sebuah rumah. Apa yang pertama kali Anda cari tahu? Jawabannya tentu saja seperti apa spesifikasi rumah tersebut. Jika Anda menjual sendiri rumah Anda melalui sistem online, Anda bisa menampilkan informasi rumah secara rinci.

Mulai dari luas tanah, luas bangunan, tampilan bentuk fisik rumah, denah rumah, sampai alamat lengkap bisa Anda sebutkan secara rinci. Misalnya, Anda bisa menceritakan konsep rumah Anda yang minimalis. Dengan gaya bahasa yang bisa menarik calon pembeli.

Anda juga bisa membuat video sebagai strategi promosi. Rekam bagian-bagian rumah yang dianggap perlu ditunjukkan kepada calon pembeli. Terutama bagian yang kental dengan konsep minimalis rumah anda.
Calon pembeli pun lebih tertarik jika informasi mengenai rumah yang diincarnya bisa diketahui dengan lengkap. Anda juga bisa sekalian sekaligus menyertakan informasi kontak dan perkiraan harga. Tawarkan pula negosiasi harga supaya kemungkinan terjual lebih besar.

• Biaya Relatif Lebih Murah

Jika menjual lewat online, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan iklan. Beda halnya jika Anda memilih menjual melalui media cetak seperti koran. Tentu ada harga yang harus dibayar. Apalagi jika Anda menuliskan terlalu banyak informasi.

Dengan memasarkan lewat online, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet. Anda bisa memanfaatkan segala macam media sosial yang Anda punya. Misalnya facebook, bbm, twitter, atau instagram. Anda juga bisa melakukan penjualan properti sendiri tanpa broker.

Itulah tadi beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih menjual sendiri rumah tanpa broker. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda.(ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.