Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mengusir Tikus yang Ampuh di Rumah Anda

ada banyak cara alami yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Sedang mencari cara mengusir tikus yang mengganggu di rumah Anda?. Tikus sendiri dianggap sebagai salah satu hama yang merusak tanaman seperti padi hingga benda-benda yang terdapat di dalam rumah. Banyak yang tidak suka melihat keberadaan hewan pengerat ini. Tikus mudah ditemukan di tempat-tempat kotor seperti selokan, tempat sampah, gudang dan sebagainya. Karena berada di tempat yang kotor itulah tikus membawa berbagai macam kuman penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia.

Tikus yang sering muncul di rumah – rumah adalah memang sangat menyebalkan. Tikus tersebut adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Warnanya biasanya hitam atau coklat terang, . Ukurannya biasanya 15–20 cm dengan ekor ± 20 cm. Hewan ini nokturnal dan pemakan segala. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan anak 3-10 ekor/kelahiran. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan menyukai hidup berkelompok.


Cara Mengusir Tikus, Cara Mengusir Tikus dari rumah, cara membasmi tikus di dapur
ada banyak cara alami yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Cara Mengusir Tikus yang Efektif

Tikus merupakan mamalia yang berasal dari anggota suku Muridae. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya tikus membawa berbagai kuman, bakteri hingga virus. Kencing tikus bila terpapar oleh seseorang, maka orang tersebut kemungkinan besar akan terserang penyakit kencing tikus atau leptospirosis. Oleh karena itu Diminimalis akan memberikan informasi seputar bahan -bahan dan cara mengusir tikus yang ampuh di rumah Anda, diantaranya yaitu :

1. Kapur Barus

Kamper atau kapur barus tidak hanya berfungsi untuk melindungi baju di lemari tapi juga dapat digunakan untuk mengusir tikus yang membandel. Anda bisa meletakkan beberapa biji kapur barus di area yang sering dilalui oleh tikus. Aromanya yang menyengat membuat tikus akan menghindari area dimana kapur barus ditempatkan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Merawat Bonsai Asem Jawa supaya Berdaun Lebat dan Sehat

2. Campuran saus cabai, deterjen dan air

Selanjutnya, Anda dapat meracik ramuan ‘spesial’ pengusir tikus dengan menggunakan campuran saus cabai, deterjen dan air. Ketiga kombinasi bahan tersebut bersifat pedas dan panas sehingga ampuh untuk membasmi tikus yang berkeliaran. Tuangkan campuran ketiga bahan ke dalam sebuah botol spray bekas. Semprotkan ke arah tikus yang muncul di bagian rumah.

manfaat baking soda, manfaat baking soda untuk kesehatan, manfaat baking soda untuk gigi
Baking soda memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehar-hari kita, salah satunya dapat digunakan untuk mengusir tikus – diminimalis.com

3. Baking soda

Soda pop juga dapat Anda gunakan untuk mengusir tikus. Caranya sediakan makanan yang disukai tikus dan bubuhkan baking soda ke dalamnya. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tikus merupakan hewan yang tidak mudah mengeluarkan gas, sehingga apabila ia menelan makanan dengan campuran baking soda tersebut, maka gas dari hasil reaksi baking soda akan menumpuk di perut dan membuat tikus menjadi lemas.

4. Jangkrik

Jangkrik memiliki suara yang khas dan akan terus berbunyi pada malam hari. Bila Anda memelihara jangkrik di rumah, Anda akan terbebas dari tikus karena suara yang dihasilkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus. Pilih jangkrik yang tidak mengeluarkan suara nyaring.

5. Daunt mint

Daun mint ini aromanya juga tidak disukai oleh tikus, untuk mengusir tikus dari rumah Anda dengan daun mint ini, Anda bisa mengambil sari dari daun mint tersebut dan larutkan dengan air, lalu semprotkan larutan tersebut pada tempat tempat dimana Anda sering melihat tikus dirumah Anda.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Rumah Tampil Menarik Saat Hari Raya, Simak Tips Berikut

6. Kulit Durian

Kulit durian juga termasuk bisa mengusir tikus, itu karena aroma durian ini ternyata tidak disukai oleh tikus. Taruhlah kulit durian di tempat tempat yang sering dilalui tikus, maka tikus akan kabur karena mencium aroma dari durian tersebut.

7. Mengkudu

Selain mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk manusia ternyata aroma mengkudu yang tidak enak juga mampu mengusir tikus lho. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal menyiapkan 2 atau 3 buah mengkudu. Potong buah ini menjadi beberapa bagian, lalu letakkan potongan-potongan tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Bisa dipastikan rumah anda akan terbebas dari gangguan tikus.

Itulah beberapa cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan di rumah. Tikus berasal dari tempat yang kumuh dan kotor, oleh karena itu Anda perlu membasminya dengan cepat untuk mencegah penyebaran penyakit yang dibawa oleh tikus.  Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengusir laron tanpa mematikan lampu di rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu di rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.