Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mengusir Laron Tanpa Mematikan Lampu di Rumah Minimalis Anda

Laron selalu terbang mendekati sumber cahaya - diminimalis.com

Cara mengusir laron bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi yang ingin menggunakan cara simpel, Anda tinggal mematikan lampu di dalam rumah dan biarkan mereka berkumpul mencari sumber cahaya di luar rumah. Namun hal ini tentu membuat aktifitas kita di dalam rumah menjadi terkendala. Pada kesempatan kali ini. kami akan mengulas untuk Anda tips cara mengusri laron tanpa perlu mematikan lampu di dalam ruangan rumah minimalis Anda.

Laron sendiri adalah metamorfosis dari rayap, dikutip dari wikipedia, Rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di kayu dan dan tanah, memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial.

Siklus hidup rayap dimulai dari Telur lunak berwarna jingga transparan yang selanjutnya akan berkembang menjadi larva. Larva kemudian akan tumbuh menjadi rayap muda yang disebut Nimfa (nymph). Ketika beranjak dewasa, rayap muda ini akan memilih peran mereka dalam koloni.

Menjadi rayap pekerja

Peran pertama adalah Rayap Pekerja, dengan jumlah terbanyak di koloni. Tugas mereka mencari dan menyimpan makanan, merawat induk dan larva, membangun & memperbaiki sarang. Rayap dari kasta inilah yang dapat merusak bangunan kayu karena memiliki kemampuan mencerna selulosa dalam kayu, dimana hasil pencernaan akan dimuntahkan dan dipersembahkan sebagai makanan induk, prajurit dan para larva.

Menjadi rayap prajurit

Peran lainnya adalah menjadi Rayap Prajurit yang bertugas menjaga sarang dan keseluruhan koloni. Kasta prajurit memiliki spesialisasi anatomi dan perilaku untuk melawan serangan musuh utama mereka, semut. Rayap jenis ini memiliki rahang yang besar sehingga mereka tidak mampu makan sendiri. Mereka bergantung pada rayap pekerja untuk menyediakan mereka dengan makanan muntahan.

cara mengusir laron, cara mengusir laron dengan alami, cara mengatasi serangan laron
Laron selalu terbang mendekati sumber cahaya – diminimalis.com

Cara mengusir laron secara efektif dan efisien

Laron biasanya muncul di senja ataupun pagi hari. Laron yang keluar dari sarang akan langsung terbang menuju arah cahaya, di saat itulah mereka mencari pasangan. Di pagi hari mereka tidak terlalu menganggu manusia karena hanya terbang berputar putar saja. Tapi di malam hari, mereka akan terbang menuju ke cahaya lampu di dalam rumah, dan ini yang seringkali merepotkan kita.

Di bawah ini ada beberapa cara efektif menghindari serbuan laron ke dalam rumah, tanpa perlu mematikan lampu interior, diantranya yaitu:

cara mengusir laron, cara mengusir laron dengan alami, cara mengatasi serangan laron
bau cabai tidak disukai oleh laron – diminimalis.com

Mengantung cabai di dekat lampu

Cara mengusir laron satu ini adalah cara tradisional yang sudah sangat lama. Cabai yang digunakan adalah cabai merah, kita mengantungnya dekat lampu. Panas dari cahaya akan mengeluarkan aroma menyegat dari cabai. Laron akan merasa tidak nyaman akan menjauh dan mencari sumber cahaya lainnya. Untuk hasil terbaik, belah cabai menjadi dua agar aromanya lebih menyengat.

Pasang Penerangan di dekat Sarang

Hal ini dilakukan agar laron mendekati sumber cahaya lain dan tidak masuk ke dalam rumah. Penerangan yang bisa dipakai adalah ublik, sembrong, lilin ataupun barang modern seperti lampu duduk dan senter. Senter yang digunakan adalah yang bisa bergonta ganti mode, aktifkan mode yang menyebarkan cahaya ke segala arah.

Taruh Baskom Air di bawah Lampu duduk

Seperti yang telah kita tahu, air dapat memantulkan cahaya yang berasal dari sebuah lampu. Dengan pantulan cahaya yang ada pada air, kita dapat mengelabui laron. Caranya yaitu dengan menyiapkan air dalam sebuah baskom yang diletakkan di bawah lampu. Laron-laron yang tertipu nantinya akan mendatangi baskom yang telah berisi air tersebut. Karena mereka akan menyangka air yang memantulkan cahaya itu adalah sumber cahaya. Ketika laron menghampiri pantulan cahaya pada baskom yang berisi air, laron akan terjebak dalam air itu dan tidak akan dapat terbang lagi.

Demikian ulasan kami tentang cara mengusir laron secara efektif dan efisien pada rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang Tanaman pengusir nyamuk yang cocok ditanam di taman rumah Anda di bawah ini. (ls.)

Tanaman pengusir nyamuk yang cocok ditanam di taman rumah Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.