Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mengurangi Pengap di Dalam Rumah dengan Mudah

Rumah pengap tidak baik untuk kesehatan - Diminimalis.com

Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis. Ketika musim kemarau tiba, biasanya cuaca akan terasa lebih panas dan suhu udaranya pun semakin meningkat. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, padatnya pemukiman tentu akan membuat bagian dalam rumah Anda terasa lebih pengap. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami cara mengurangi pengap di dalam rumah dengan cara efektif dan efisien.

Biasanya solusi termudah untuk mengatasi pengap yaitu dengan menggunakan AC atau pendingin ruangan lainnya. Namun konsekuensinya, dengan teratasinya masalah pengap ini, tagihan listrik Anda juga turut naik, karena penggunaan AC yang memakan banyak daya listrik.

Cara Mengurangi Pengap di Dalam Rumah, Memadukan warna cat dinding perpaduan warna cat hijau dan kuning, warna cat ruang tamu 2 warna, warna cat depan rumahwarna cat ruang tamu yang cantik, perpaduan warna yang serasi, warna cat tembok, warna cat ruang tamu yang bagus, kombinasi cat rumah warna krem
Rumah pengap tidak baik untuk kesehatan – Diminimalis.com

Nah, jika Anda saat ini ingin menghemat anggaran listrik bulanan, sekaligus juga mengatasi atau mengurangi masalah pengap di dalam rumah, maka menerapkan tips yang kami bagikan berikut ini merupakan pilihan yang tepat. Apa saja tips-tipsnya?

Tips Jitu Mengurangi Pengap di Dalam Rumah

1. Usahakan Rumah Menghadap ke Utara atau Selatan

Alasannya cukup sederhana. Jika rumah Anda menghadap ke arah timur atau barat, maka akan membuat sinar matahari pagi masuk ke dalam rumah secara langung. Memang benar jika matahari pagi itu baik untuk kesehatan, tapi jika intensitasnya terlalu besar, hal ini malah akan mengganggu Anda.

Sedangkan saat matahari akan tenggelam di ufuk barat. Cahayanya akan masuk juga secara langsung ke dalam rumah Anda, bahkan setelah tenggelam pun tetap membuat udara panas berputar-putar di dalam rumah. Lalu, bagaiman jika rumah Anda sudah terlanjur menghadap timur atau barat?? Tenang saja, masih ada beberapa trik yang akan kami bagikan point berikutnya.

2. Gunakan Tirai untuk Menghalangi Sinar Matahari Langsung

pilih gorden tebal agar tetap hangat di rumah saat hujan - diminimalis
Gunakan tirai untuk menghalangi sinar matahari langsung – diminimalis

Mungkin terdengar sepele bagi Anda. Tapi tahukah Anda, bahwa 30% panas yang dihasilkan matahari langsung berasal dari jendela kaca rumah Anda? Dengan penggunaan gorden atau tirai yang benar, bisa mengurangi panas hingga 20%. Jadi, jika rumah Anda sudah terlanjur menghadap timur atau barat, Anda bisa menambahkan tirai untuk menahan panas dari sinar matahari langsung.

3. Penggunaan Warna Terang Terutama Warna Putih

Nah, menyambung dari cara mengurangi pengap di dalam rumah sebelumnya, yaitu pemasangan tirai. Kini akan dijelaskan mengenai pemilihan warna pada tirai tersebut. Untuk memaksimalkan tirai, Anda bisa menggunakan warna terang terutama warna putih.

Warna terang dipilih karena warna tersebut tidak terlalu banyak menyerap panas. Jadi, dengan pemilihan warna ini Anda dapat meningkatkan persentase panas yang terhalang oleh tirai. Penggunaan warna ini bisa juga Anda aplikasikan pada hal yang lain seperti dinding, plafon, furnitur, dan lain sebagainya.

4. Perbanyak Bukaan atau Ventilasi

Manfaat Ventilasi, Manfaat Ventilasi udara , pengertian ventilasi udara
Perbanyak bukaan dan ventilasi rumah Anda – diminimalis.com

Ada banyak manfaat ventilasi pada sebuah rumah. Maka gunakanlah ventilasi atau bukaan yang cukup banyak, agar udara bisa masuk kedalam ruangan secara alami. Untuk rumah yang langit-langitnya rendah, Anda harus membuat lubang ventilasi lebih banyak lagi.

Untuk mempermudah udara masuk lebih banyak, Anda bisa menggunakan teknik ventilasi silang. Ventilasi silang ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat dua lubang ventilasi dalam satu ruangan yang saling berhadapan. Dengan teknik ini, biasanya udara akan tersirkulasi dengan lebih baik.

5. Perbanyak Tanaman Di sekitar atau Didalam Rumah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika tanaman bisa mengurangi pemanasan global. Selain itu, dengan menanam tanaman yang rindang di halaman rumah, dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk karena pasokan oksigen yang diberikan oleh pohon tersebut.

Anda juga bisa menggunakan tanaman merambat untuk pagar Anda yang menghadap ke arah timur atau barat, hal ini juga bisa menjadi penghalang sinar langsung layaknya tirai tadi.

Nah, selain di luar rumah, Anda juga bisa menggunakan tanaman gantung di dalam rumah. Yang perlu Anda perhatikan yaitu, Anda harus rajin-rajin untuk memastikan tanaman gantung tersebut tidak terkena hama. Terakhir, pilihlah jenis tanaman yang pertumbuhannya tidak terlalu agresif.

6. Perhatikan Manejemen Tempat

Terkadang setelah Anda melakukan berbagai cara mengurangi pengap di dalam rumah, Anda masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Nah, sekarang coba perhatikan perabotan yang ada di ruangan rumah Anda. Apakah semuanya sudah tersusun dengan benar?

Biasanya, sumber panas yang membuat rumah Anda pengap tidak hanya dari luar rumah, tapi juga bisa dari dalam. Agar ruangan terlihat lega dan tidak pengap lagi, Anda bisa menggunakan rak yang menggantung di dinding untuk meletakkan barang-barang Anda, atau bisa menggunakan lemari yang ditempatkan di bawah ranjang. Oya, jangan lupa juga pastikan untuk menyingkirkan barang-barang yang jarang digunakan.

7. Menggunakan Material yang Anti Panas

Pilihlah material yang dapat meredam panas seperti batu bata. Perlu Anda ketahui juga, bahwa material yang terbuat dari tanah liat sejatinya bisa Anda gunakan untuk meredam panas. Jika Anda ingin yang lebih praktis lagi, Anda bisa menggunakan pelapis atau cat anti panas yang bisa diaplikasikan ke genting atau dinding rumah Anda.

8. Gunakan Campuran Bahan Alami ini untuk Menghilangkan Bau Pengap

Udara panas yang terjebak di dalam rumah biasanya juga bisa menimbulkan bau pengap yang tidak mengenakkan. Nah, jika Anda sudah bosan dengan pengharum ruangan yang baunya itu-itu saja. Kali ini Anda juga bisa membuat pengharum ruangan dengan beberapa bahan yang sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Caranya dengan menggabungkan minyak esensial dari daun eukaliptus, lalu daun teh dan lemon. Gunakan botol semprotan sebagai wadahnya, lalu tambahkan air setengah dari tinggi botol. Untuk campurannya Anda bisa menggunakan 8-10 tetes saja.

Bagaimana, trik dan cara mengurangi pengap di dalam rumah yang kami bagikan di atas, cukup menarik untuk dicoba bukan? (ka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.