Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mengupas Cat Dinding Secara Efektif Dalam 5 Langkah

Mengupas cat dinding perlu dilakukan dengan cara yang efektif agar tidak merusak acian dinding rumah Anda - diminimalis.com

Cara mengupas cat dinding lama menjadi salah satu bagian yang pasti Anda fikirkan ketika akan mengubah tampilan rumah Anda. Rumah yang merupakan tempat bagi seluruh anggota keluarga Anda tercinta terkadang butuh suasana baru agar tampil lebih segar dan tidak monoton. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merenovasi rumah, yaitu dengan mengubah letak dan posisi barang, mengubah warna cat dinding ataupun mengubah total bentuk rumah.

Cara Mengupas Cat Dinding, Cara Mengupas Cat Dinding lama, Cara Mengupas Cat Dinding tembok
Mengupas cat dinding perlu dilakukan dengan cara yang efektif agar tidak merusak acian dinding rumah Anda – diminimalis.com

Pada prinsipnya mengganti cat tembok lama dengan yang baru bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus repot-repot mencari tukang cat. Lebih menghemat biaya tentunya, tetapi dengan catatan Anda harus tahu cara mengganti cat tembok lama yang benar. Mengupas dan mengganti cat biasanya diperlukan karena cat dinding mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut juga macam-macam sebabnya ,diantaranya yaitu :

1. Pengapuran (Chalking), solusinya adalah dengan dengan terlebih dahulu menganalisa letak cat yang bermasalah, pada bagian eksterior atau interior. Jika cat dinding yang rusak adalah bagian ekterior, maka solusinya adalah dengan mengganti cat dinidng dengan cat khusus eksterior. Dan jika cat tembok yang rusak adalah bagian interior, maka solusinya adalah menggunakan alkali killer untuk mengurangi tingkat keasaman pada dinding.

2. Penyabunan (Saponification), solusinya adalah mehilangkan cat lama dengan cara melakukan pengelupasan. Langkah berikutnya adalah melapisi tembok yang akan dicat menggunakan alkali killer agar pH dinidng menjadi normal.

3. Pengkristalan (Efflorescence), seperti halnya dengan masalah penyabunan/saponification, penyebab terjadinya pengkristalan adalah karena adanya kandungan asam yang tinggi pada dinding. Kandungan asam akan membentuk garam dan terbawa di permukaan cat tembok. Proses ini akan menjadi lebih cepat apabila kondisi lingkungan/dinding lembab.
Cara mengatasi masalah pengkristalan ini sama dengan mengatasi masalah saponification, Yaitu menggunakan alkali killer agar pH dinidng menjadi normal.

Mengubah warna cat dinding menjadi salah satu cara yang dipilih oleh orang, hal ini dikarenakan lebih efektif dan efisien bila dibandingkan degan menguah total bentuk rumah. Namun masalah baru akan muncul ketika Anda hendak melakukan hal tersebut, yaitu menghilangkan atau mengelupas cat lama yang menempel di dinding rumah.

Cara Mengupas Cat Dinding dalam 5 Langkah

Mengelupas cat didnding menjadi sebuah PR besar saat hendak merenovasi rumah. Namun walaupun demikian hasil yang dapat Anda peroleh pastinya akan sangat memuaskan, oleh karena itu bersemangatlah dalam menghadirkan suasana baru di tengah-tengah keluarga Anda tercinta. Berikut adalah 4 langkah efektif untuk mengelupas cat dinding lama di ruma Anda.

1. Pastikan Anda menggunakan kacamata, sarung tangan plastik, dan masker untk melindungi tubuh Anda dari bahaya zat kimia yang akan berhamburan ketika mengelupas cat dinding.

Cara Mengupas Cat Dinding, Cara Mengupas Cat Dinding lama, Cara Mengupas Cat Dinding tembok, Merawat Dinding Eksterior, Merawat Dinding Eksterior rumah, cat dinding eksterior
bersihkan permukaan dinding dari kotoran – diminimalis.com

2. Berishkanlah permukaan dinding yang akan dikelupas catnya, lalu sapukan cat remover yang dapat membantu mengelupaskan cat dinding Anda. Setelah disapukan zat ini maka bisanya cat dinding akan menggelembung membentuk rongga udara.

3. Mulailah mengelupas cat yang telah menggelembung tersebut dengan spatula hingga bersih. Jangan tunggu sampai cairan remover mengering karena hal tersebut akan memuat cat mengeras kembali.

4. Setelah seluruhnya mengelupas, bersihkan dan haluskan kembali permukaan tersebut dengan amplas. Pada tehap ini pastiakan ada banyak sekali debu berterbangan sehingga pastikan Anda menggunakan peralatan yang tadi disebutkan pada point 1.

5. Bersihkan permukaan yang telah halus dari debu dengan menggunakan air lalu keringkan. Setelah kering dinding tersebut siap di cat kembali dengan warna cat yang baru.
Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengelupas cat lama pada dinding rumah Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengganti cat lama dengan yang baru di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Mengganti cat lama dengan yang baru bisa Anda lakukan sendiri

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.