oleh

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 36 dan Contoh Desain Terbarunya

Sebetulnya, cara menghitung biaya bangun rumah type 36 hampir sama konsepnya dengan cara menghitung biaya bangun rumah 2 lantai. Kuncinya adalah pada bagaimana Anda mempertimbangkan setiap pengeluaran yang dibutuhkan sedetail mungkin. Tujuannya adalah agar budget yang ada teralokasikan dengan efektif dan efisien.

Jika saat ini Anda tengah merencanakan membangun rumah minimalis type 36, maka metode perhitungan ini bisa langsung diterapkan. Rumah minimalis type 36 baik model 1 lantai maupun 2 lantai tetap memerlukan perencanaan detail. Meskipun biasanya rumah type 36 memerlukan material lebih sedikit namun setidaknya perlu juga dibuat hemat dalam hal penganggarannya.

cara menghitung biaya bangun rumah type 36-diminimalis.com.png4.png
Bangun rumah type 36 sendiri itu mudah-diminimalis.com

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 36

Untuk menghitung biaya membuat rumah minimalis type 36 sebetulnya gampang saja karena sudah diketahui luas bangunannya. Anda tinggal menentukan sistem pengerjaan pembangunan rumah Anda.
Berikut ini penjelasan lebih detailnya:

1. Perhitungan Biaya dengan Biaya Per-meter Persegi

cara menghitung biaya bangun rumah type 36-diminimalis.com.png4.png

Kita tahu bahwa rumah minimalis type 36 artinya rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi. Apabila biaya permeter perseginya adalah 2,5 juta maka perhitungannya menjadi 2,5 x 36 = 90 juta. Perhitungan langsung ini untuk rumah minimalis type 36 1 lantai.

Sementara untuk rumah type 36 2 lantai prinsipnya sama, contoh kasus misalnya luas bangunan lantai 1 dan 2 berbeda. Jika luas bangunan lantai satu 25 meter persegi dan lantai dua 11 meter persegi. Asumsikan saja harga per-meter persegi seperti di atas; 2,5 juta rupiah, maka perhitungannya menjadi (25+11) x 2,5 juta= 90 juta, sama saja.

Termasuk jika misalnya Anda memperluas dengan menambahkan bangunan lantai 2 rumah Anda. Maka bisa dihitung saja tambahan luas lantai yang akan Anda bangun dikalikan harga per meter perseginya.

2. Perhitungan Biaya Satuan

cara menghitung biaya bangun rumah type 36-diminimalis.com.png4.png

Menghitung biaya satuan ini sama artinya dengan Anda menghitung setiap detail pembiayaan yang diperlukan. Cara ini sangat tepat untuk Anda yang ingin benar-benar menghemat budget dan menekan dana pengeluaran.

Untuk Anda yang memiliki banyak waktu dan siap untuk survey sana-sini. Metode ini bisa Anda lakukan sebagai langkah hemat dengan perhitungan biaya satuan rumah minimalis type 36.

Setelah melakukan survey, selanjutnya adalah membuat scheduling dan rincian kerja untuk tiap pos pengerjaan. Buat RAB (Rencana Anggaran Belanja) yang berisi rincian biaya pembelian material yang dibutuhkan pada masing-masing pos pengerjaan. Misalnya untuk pondasi, dinding lantai 1 dan 2, rangka atap, plafon, atap, instalasi, dan finishing berupa pengecatan. Dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam menyiapkan anggaran yang dibutuhkan.

Siapkan juga RAB khusus untuk upah pekerja. Untuk memastikan aliran pengeluaran agar lebih jelas.

Baca juga:  Cara Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Mulai Dari Nol

Tips Penghematan Budget Membangun Rumah

cara menghitung biaya bangun rumah type 36-diminimalis.com.png4.pngUntuk Anda yang tengah merencanakan pembangunan rumah namun was-was soal overbudget dari perencanaan, setidaknya Anda bisa mengurangi was-was tersebut dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Belanja material murah dan memilih toko bangunan yang tepat

Meski sebenarnya bertolak belakang dengan keinginan memiliki rumah dengan bangunan yang berkualitas, namun memilih material yang murah akan sangat membantu upaya penghematan Anda. Jadi pilihlah material bangunan yang standar saja namun dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

Cermatlah dalam memilih toko material. Karena material memiliki peranan yang sangat vital dalam kesuksesan pembangunan serta merupakan item dengan konsumsi biaya yang cukup tinggi. Lakukan survey harga dan bandingkan harganya dengan toko material lainnya. Pilihlah material yang berkualitas dari toko material terpercaya dengan tetap mengusahakan mendapat harga terhematnya.

2. Tukang yang profesional

Pentingnya memilih tukang bangunan yang profesional adalah karena performa mereka yang cukup berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi pembangunan rumah Anda. Potensi pembengkakan biaya akibat error pekerjaan tentu akan terminimalisir dengan memilih tukang yang profesional..

3. Menunda finishing

Menunda pengerjaan finishing juga bisa dilakukan sebagai upaya penghematan biaya. Pengerjaan finishing seperti pengecatan dan penambahan elemen eksterior seperti taman, kolam dan lainnya bisa Anda lakukan belakangan setelah dana Anda kembali terkumpul. Utamakan anggaran untuk pembelanjaan primer terlebih dulu.

Pada intinya, merencanakan pembangunan rumah berbagai type memang tak pernah bisa lepas dari pembiayaan. Oleh karenanya, menghitung rencana pembiayaan menjadi penting agar pembangunan rumah Anda berjalan dengan efektif dan efisien. Mari wujudkan rumah impian dengan berbagi kebaikan. Salam diminimalis.

Berikut kami lampirkan beberapa contoh desain rumah minimalis type 36 terbaru.

 

Demikianlah ulasan tentang cara menghitung biaya bangun rumah type 36 sendiri. Semoga bermanfaat. (rn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed