oleh

Beginilah Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju dengan Mudah

Mendapati baju yang kena luntur saat dicuci, merupakan suatu hal yang menjengkelkan, terlebih jika baju tersebut, merupakan baju kesayangan Anda. Namun jangan sampai karena tak dapat mengatasinya, membuat Anda tak bisa kembali tampil gaya menggunakan baju kesayangan tersebut. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas Anda tentang cara menghilangkan noda luntur pada baju secara praktis dan efektif.

cara menghilangkan noda luntur, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih, cara menghilangkan noda di baju berwarna, cara menghilangkan luntur pada celana, cara menghilangkan baju kelunturan pada baju putih, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan cuka, cara menghilangkan noda di baju putih secara alami
Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan noda luntur pada baju Anda – Diminimalis.com

Cara menghilangkan noda luntur pada baju dengan Mudah

• Berikan larutan vetsin

Cara menghilangkan noda luntur yang pertama adalah dengan mencampurkan vetsin dengan deterjen menggunakan perbandingan 2:3. Tambahkan air panas pada larutan yang telah dibuat, dan sesuaikan jumlahnya dengan banyaknya pakaian yang hendak Anda rendam. Pastikan pakaian yang Anda rendam tersebut, bisa terendam secara keseluruhan dalam larutan tadi. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas pakaian tersebut. Setelah itu cuci lagi baju tersebut dengan deterjen murni dan bilas hingga bersih.

• Berikan larutan garam, cuka, dan deterjen

Tips mengatasi baju yang terkena luntur selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam dan cuka. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memberikan cuka dengan ukuran sama banyaknya seperti takaran garam dan detergen. Kemudian tambahkan air panas ke dalam tempat cucian hingga seluruh bagian pakaian terendam penuh. Pastikan seluruh pakaian terendam penuh, agar noda tidak malah berpindah ke bagian pakaian yang tidak terendam. Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit, kemudian bilas hingga bersih.

• Berikan larutan citrun

Larutan asam ini dapat digunakan untuk mengatasi noda luntur. Bahannya yang berbentuk bubuk ini dikenal dapat mengatasi beragam noda, baik tinta maupun luntur yang umumnya cukup sulit diatasi.
Caranya menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan bubuk citrun ini dengan air dan deterjen ke dalam ember cucian hingga seluruh pakaian terendam seutuhnya. Kemudian diamkan dalam waktu tiga puluh menit, sampai larutan ini dapat terserap dan mengatasi noda pada pakaian. Setelah itu cuci kembali dengan deterjen dan bilas hingga bersih.

• Gunakan baking soda

Fungsi Baking Soda, Fungsi Baking Soda untuk makanan, Fungsi Baking Soda untuk rumah tangga , Cara Membersihkan Wastafel, Cara Membersihkan Wastafel stainkess steel, Cara Membersihkan Wastafel cuci piring, manfaat baking soda, manfaat baking soda untuk kesehatan, manfaat baking soda untuk gigi
Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur di baju- diminimalis.com

Ada banyak manfaat dari baking soda selain digunakan untuk mengolah makanan, termasuk salah satunya untuk mengatasi baju yang terkena luntur. Jika pakaian yang terkena noda luntur tersebut belum parah, Anda dapat mencoba dengan menggunakan bahan ini. Cara penggunaannya hampir sama dengan bahan di atas, cukup campurkan baking soda dengan deterjen dan diamkan selama beberapa menit agar noda luntur pada pakaian Anda perlahan menghilang. Memang penggunaannya tidak seefektif larutan asam atau dengan penggunaan vetsin, namun karena bahan ini mudah didapat, maka tak ada salahnya Anda untuk mencobanya.

• Gunakan alkohol

Beberapa noda pada pakaian Anda kadang tidak datang dari baju, namun bisa jadi karena ketidaksengajaan terkena noda lain contohnya tinta. Nah kalau sudah begini, ada satu cara yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan cairan alkohol. Untuk penggunaan alkohol ini, Anda harus menggosoknya terlebih dahulu pada bagian baju yang terkena tinta. Kucek pakaian tersebut hingga nodanya memudar atau hingga terlihat nodanya mulai hilang. Kemudian segera celupkan dan kucek pakaian tersebut dalam cairan deterjen, hingga nodanya benar-benar terlepas dan hilang.

Jika Anda tidak memiliki cairan alcohol dirumah, Anda dapat menggunakan cairan pembersih kuteks yang biasa dikenal dengan cairan aseton.

• Gunakan Lemon

cara menghilangkan noda luntur, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih, cara menghilangkan noda di baju berwarna, cara menghilangkan luntur pada celana, cara menghilangkan baju kelunturan pada baju putih, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan cuka, cara menghilangkan noda di baju putih secara alami
Lemon dapat digunakan untuk menghilangkan baju yang terkena noda luntur – Diminimalis.com

Jika Anda merasa bahan-bahan di atas dirasa cukup keras dan dapat merusak pakaian Andsa, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan buah lemon. Selain mudah didapat dan bermanfaat bagi tubuh, ternyata lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan noda dibaju Anda.

Caranya mudah, gosok lemon yang telah Anda belah pada bagian baju yang terkena luntur, hingga noda terlihat lebih memudar. Diamkan selama lima belas hingga dua puluh menit, kemudian bilas dan cuci pakaian tersebut dengan deterjen hingga bersih. Penggunaan lemon juga dapat menghilangkan noda bekas deodorant loh, sehingga warna kuning pada bagian ketiak baju Anda tidak lagi terlihat.

Produk penyerap warna

Ini merupakan salah satu cara yang mungkin jarang diketahui banyak orang, namun hal ini cukup ampuh untuk menghilangkan lunturan warna dari sebuah pakaian. Produk ini berbentuk selembar kain yang telah diproduksi, khusus digunakan untuk menyerap lunturan warna ketika dimasukkan kedalam mesin cuci. Anda dapat menemukan produk ini di beberapa toko toserba atau toko daring.

• Gunakan color remover

Penggunaan bahan ini direkomendasikan bagi untuk pakaian berwarna putih. Jika Anda telah mencoba berbagai larutan di atas, namun belum bisa menghilangkan noda, cara terakhir ini mungkin akan menjadi solusi bagi Anda untuk menghilangkan lunutr di pakaian. Yaitu dengan menggunakan produk color remover yang mudah didapat di pasaran. Merk yang umum ditemukan adalah Rit Color Remover dan Carbona Color Remover. Terdapat petunjuk pemakaian pada bungkusnya sehingga Anda bisa membaca aturan pakainya terlebih dahulu. Rendam pakaian Anda bersamaan dengan larutan ini kemudian cuci kembali pakaian tersebut.
Bahan ini tidak direkomendasikan untuk digunkan pada pakaian yang memiliki banyak warna, karena akan menghilangkan warna pada baju Anda seluruhnya.

Bagaimana, tidak sulit bukan tips mengatasi baju yang terkena luntur? Efektif atau tidaknya masing-masing cara diatas, tergantung pada jenis kain dan seberapa parah tingkat kelunturannya. Untuk itu, apabila satu cara belum berhasil mengatasi nota luntur pakaian Anda, Anda perlu mencoba cara-cara berikutnya. Semoga informasi yang kami tentang cara menghilangkan noda luntur pada baju di atas dapat bermanfaat untuk Anda.(ar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed