Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Harus Mencuci Terlebih Dahulu

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau pada sepatu tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu - diminimalis.com

Melanjutkan artikel kami sebelumnya tentang cara menghilangkan bau pada rak sepatu, kali ini Diminimalis akan membagikan tips untuk Anda tentang cara menghilangkan bau sepatu tanpa harus mencucinya terlebih dahulu.

 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Cara Menghilangkan Bau Sepatu tanpa mencuci, Cara Menghilangkan Bau Sepatu menggunakan kopi
Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau pada sepatu tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu – diminimalis.com

Cara menghilangkan bau sepatu tanpa harus mencuci

Untuk menghilangkan bau sepatu kesayaangan Anda tanpa harus mencuci terlebih dahulu, Anda bisa menyimak beberapa tips di bawah ini.


1. Dijemur

Bau sepatu disebabkan oleh kuman bercampur dengan keringat di kaki. Dan bau akan semakin menyengat ketika sepatu dalam keadaan lembab kerena terlalu lama digunakan. Maka cara terbaik untuk menghilangkan bau, adalah menghilangkan sumbernya, yaitu kondisi lembab di dalam sepatu.  Anda bisa menjemur sepatu dengan posisi bagian dalam sepatu mengarah pada sinar matahari, untuk menghilangkan kelembaban. Panas matahari akan dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan sepatu menjadi bau.

2. Dibuka

Bila saat tidak digunakan, maka sebaiknya Anda selalu melonggarkan tali sepatu Anda. Hal ini dimaksudkan agar sirkulasi udara bisa masuk ke dalam sepatu untuk mengurangi kelembaban. Alangkah baiknya bila saat tidak digunakan, Anda juga mengeluarkan lidah sepatu supaya kering.

3. Letakkan di ruang terbuka

Selain membuka lebar sepatu Anda, saat sedang tidak digunakan, letakkan sepatu pada ruang terbuka. Jangan meletakkan sepatu di ruang sempit dan lembab, karena ini akan memuat sepatu semakin bau. Semakin terbuka dan kering tempat Anda meletakkan sepatu, maka akan semakin baik untuk mencegah bakteri berkembang yang dapat membuat sepatu menjadi bau.

4. Gunakan Daun jeruk

Daun jeruk memang efektif digunakan untuk menghasilkan aroma wangi yang dapat menangkal berbagai bau tak sedap, termasuk bau sepatu. Cara menggunakannya adalah dengan menyaukan beberapa daun jeruk ke dalam sepatu yang berbau. Ambilah daun jeruk secukupnya, lalu oleskan pada sepatu hingga daun jeruk terlihat memar.

5. Gunakan kopi bubuk

Selain untuk diminum, kopi juga sangat berguna sebagai penetral bau. Kopi juga sering digunakan untuk menghilangkan bau urine yang tak sedap ketika habis makan petai atau jengkol. Pada sepatu yang bau, Anda juga bisa menjadikan kopi sebagai alternatif solusinya.Untuk menghilangkan bau sepatu menggunakan kopi,  Anda perlu memastikan bahwa sepatu Anda dalam keadaan bersih dan kering. Kemudian bungkuslah bubuk kopi ke dalam kertas tisu, kemudian kertas tisu yang berisi kopi tersebut  Anda masukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tak sedap pada sepatu Anda.

6.  Gunakan baking soda

Fungsi Baking Soda, Fungsi Baking Soda untuk makanan, Fungsi Baking Soda untuk rumah tangga , Cara Membersihkan Wastafel, Cara Membersihkan Wastafel stainkess steel, Cara Membersihkan Wastafel cuci piring, manfaat baking soda, manfaat baking soda untuk kesehatan, manfaat baking soda untuk gigi
Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu- diminimalis.com

Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kue, baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan bau pada sepatu. Hal ini dikarenakan  baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu. Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda dengan cara menggunakan sikat.

Itulah beberapa tips tentang cara menghilangkan bau sepatu tanpa harus mencucinya terlebih dahulu. Semoga dengan menerapkan tips di atas, sepatu kesayangan Anda terhindar dari bau dan Anda pun percaya diri untuk memakainya.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.