Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Menghemat Listrik Rumah dengan 4 Langkah Sederhana

Untuk menghemat listrik, matikan lampu saat tidak diperlukan - diminimalis.com

Cara menghemat listrik rumah perlu dilakukan oleh setiaporang, demi memangkas biaya listrik bulanan yang tiap tahun selalu naik. Terlebih banyak sekali hal-hal di rumah kita yang menyebabkan listrik tersedot dengan sia-sia. Maka alangkah baiknya sejak saat ini, kita mulai pintar-pintar mengefisienkan pengeluaran beban listrik bulanan.

 cara menghemat listrik, cara menghemat listrik rumah, cara menghemat listrik di rumah
Untuk menghemat listrik, matikan lampu saat tidak diperlukan – diminimalis.com

Kita juga harus akui bahwa ketergantungan masyarakat terhadap listrik boleh dikatakan cukup tinggi sekarang ini. Terlebih hampir seluruh anggota keluarga kita saat ini memiliki gadget, yang setiap harinya membutuhkan tambahan daya listrik. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk anda tentang cara-cara agar kita dapat mengurangi pengeluaran listrik secara bijak dan efisien.


Cara Menghemat Listrik Rumah yang Efektif dan Efisien

Di bawah ini kami rangkum untuk Anda tips untuk menghemat pemakaian listrik di rumah minimalis Anda.

  1. Pilih Daya Listrik Sesuai Kebutuhan
Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Cepat Mendapatkan Rumah Idaman Minimalis Bersama Pasangan

Beda daya listrik maka beda pula harga per kWh listriknya. Untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah. Artinya setiap pembelian pulsa listrik golongan daya listrik tersebut akan mendapat jumlah kWh listrik yang lebih banyak daripada golongan daya listrik di atas 1300 VA. Semakin besar daya listrik yang Anda gunakan semakin mahal pula harga per kWh listriknya.

2. Gunakan Pulsa Listrik Prabayar

Banyak alasan yang mendorong banyak orang beralih ke sistem prabayar, salah satunya untuk memudahkan mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya. Karena sistem kerja lsitrik prabayar adalah berdasarkan pulsa, maka dengan mengecek sisa pulsa, Anda dapat mengontrol penggunaan listrik dan mengurangi keborosan yang tidak perlu.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led
lampu LED hemat energi dan tahan lama – diminimalis.com

3. Gunakan Lampu Rumah dengan Jenis LED

Saat ini sudah banyak produsen lampu yang memproduksi lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED. Lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, tahan lama dan menghasilkan warna benda yang natural.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tips Menyimpan Sepatu Agar Awet Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Di Rumah

Dengan daya listrik yang rendah, lampu LED bisa mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain yang menggunakan daya listrik lebih besar. Untuk kamar mandi atau kamar tidur kecil, lampu LED daya 3 watt sudah dapat mencukupi kebutuhan penerangannya. Sedangkan untuk ruangan lebih besar, Anda bisa menggunakan lampu LED berdaya 4 watt ke atas.

4. Cabut Steker dari Colokan jika tak Digunakan
PastikanAnda mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan. Selain menghemat listrik, hal ini juga dapat mencegah terjadinya korsleting listrik yang bisa berakibat kebakaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.