oleh

7 Cara Menghadapi Tetangga Menyebalkan yang Terbukti Efektif

Banyak yang bilang faktor utama yang membuat nilai sebuah properti menjadi mahal adalah faktor lokasi. Akan tetapi meski kita mendapat lokasi terbaik, namun memiliki tetangga yang menyebalkan, maka hal ini dapat mengurangi kenyaman kita untuk tinggal di sebuah hunian. Itulah sebabnya, tinggal berdampingan dengan tetangga yang baik, merupakan nilai lebih tersendiri, meski hunian kita sederhana. Dan bagi Anda yang kebetulan memiliki tetangga yang kurang menyenangkan, Anda perlu melakukan beberapa hal, supaya Anda bisa kembali nyaman tinggal di rumah kesayangan Anda. untuk itu, kali ini Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara menghadapi tetangga menyebalkan, supaya tidak mengurangi mood Anda untuk tinggal komplek yang saat ini Anda tinggali.

cara menghadapi tetangga menyebalkan, cara menghadapi tetangga yang berisik, cara menghadapi tetangga yang jahat menurut islam
Memiliki tetangga yang menyebalkan haruslah disikapi dengan bijak, agar masalah tidak melebar kemana-mana – Diminimalis.com

Cara menghadapi tetangga menyebalkan

  1. Saling mengenal satu sama lain

Cara menghadapi tetangga menyebalkan yang pertama adalah mencoba akrab dengan mereka. Hal sederhana seperti saling menyapa, saling mengirimkan makanan, ataupun saling meminjamkan perabotan rumah tangga bisa jadi awal yang baik untuk hidup bertetangga.

2. Selalu bicarakanlah hal-hal yang baik

Meski Anda sering merasa terganggu dengan kelakuan tetangga Anda, namun jangan sampai ekspresi Anda nampak muram di depannya. Ini tentu akan menunjukkan bahwa Anda tidak nyaman dengan mereka. Meski terbsesit dalam hati Anda untuk bisa mengungkapkan semua kekesalan Anda pada tetangga tersebut, namun akan lebih baik lagi bila energi Anda dilampiaskan pada hal-hal baik. Karena bagaimanapun, Anda dengan dia tinggal berdekatan, bila situasinya semakin kacau, ini akan membuat kondisi semakin tidak nyaman bagi kedua belah pihak. Yang terpenting, pikirkan bagaimana Anda bisa selalu nyaman tinggal di lingkungan Anda, dan jangan diperparah dengan membesar-besarkan masalah yang sudah ada dengan tetangga Anda.

3. Pastikan Anda bersikap ramah pada semua tetangga Anda

Bila Anda penghuni baru di lingkungan tempat tinggal Anda, pastikan Anda selalu bersikap ramah kepada semua tetangga Anda. Berikan kesan terbaik dan jadilah pribadi yang bersinar diantara tetangga yang lain.
Kami tidak menyarankan Anda untuk langsung mengajak tetangga berkomunikasi kepada semua tetangga. Pilahlah saat yang tepat, jangan sampai Anda datang ketika mereka sedang sibuk. Meski Anda diterima, namun tuan rumah sebenarnya merasa tidak nyaman. Ini akan membuat kesan Anda di mata tetangga menjadi kurang baik. Maka pintar-pintarlah mengatur momen dan pastikan situasinya kondusif, ketika Anda mengunjungi tetangga untuk sekedar bercengkarama, mengakrapkan diri pada para penghuni lama.

4. Selalu menawarkan bantuan bila tetangga membutuhkan

Di awal-awal menjadi penghuni baru, Anda belum terlalu dekat dengan tetangga, jadi bersikaplah sewajarnya dan tidak dibuat-buat. Ketika Anda melihat ada tetangga yang membutuhkan pertolongan, misalnya ketika tetangga kesulitan membawa barang belanjaan yang banyak sekali atau ketika ada tetangga Anda kesulitan memasang lampu, itulah kesempatan Anda untuk menawarkan pertolongan.

Demikian sebaliknya, ketika Anda membutuhkan bantuan, ini juga kesempatan Anda untuk dapat menjalin pertemanan dengan tetangga. Minta tolonglah kepada mereka, bahkan ketika Anda hanya ingin beradaptasi dengan lingkungan apartemen yang baru. Jika Anda sudah pernah setidaknya bertatap muka dengan mereka sebelumnya dan first impression Anda baik, biasanya hubungan selanjutnya mudah Anda jalankan. Atau Anda bisa sekedar ngobrol menanyakan cara memasang cctv yang benar bagaimana?.

5. Luangkan waktu berkomunikasi dengan tetangga di momen-momen yang tepat

Kami tidak menyarankan Anda mengajak ngobrol tetangga secara acak pada waktu-waktu yang mendadak. Obrolan yang efektif adalah obrolan yang dilakukan pada situasi dan konedisi yang tepat. Perhatikan jam-jam sibuk setiap orang dan jam-jam dimana mereka bisa santai diajak ngobrol. Dan akan lebih baik lagi apabila Anda menjadi pendengar yang baik dan biarlah tetangga Anda yang mendominasi pembicaraan. Hal ini akan membuat dia merasa lebih diperhatikan dan merasa nyaman ngobrol dengan Anda.

6. Sambut tetangga baru Anda

Bila posisi Anda adalah penghuni lama dan kedatangan tetangga baru, maka sambutlah dia dengan sambutan terbaik. terimalah dia sebagaimana keluarga sendiri, meski Anda pelum paham latar belakang dan sifat aslinya. Buat dia terkesan akan keramahan Anda. Kalaupun pada akhirnya dia sedikit menyebalkan di lingkungan sekitra Anda, setidaknya dinganAnda dia bisa sedikit mengistimewakan, dibadinng dengan tetangga lainnya.

7. Kirimkan makanan

ide menu masakan daging kambing, ide menu masakan kambing qurban, cara memasak daging kambing
Seringlah mengirim masakan ke tetangga untuk menjalin hubungan baik – diminimalis.com

Saling berbagi makanan meski hanya dengan memberikan semangkuk sayur, merupakan budaya ketimuran yang sebaiknye terus kita lestarikan. kelihatannya hal ini simpel, namun efeknya sangat besar. Bahkan orang jawa mengistilahkan pagar paling kuat adalah pagar mangkuk. Maksudnya, dengan semangkuk sayur yang sesekali kita kirim ke tetangga, efeknya dapat membuat tetangga kita peduli dengan kita, bahkan turut menjaga keamanan rumah kita.

Sekedar saran, cobalah untuk tidak meminjam barang apapun dari tetangga Anda jika memang benar-benar tidak Anda butuhkan. Tapi jika harus, kembalikanlah secepatnya setelah Anda meminjamnya. Jika Anda merusaknya, Anda harus mengganti atau membayar kerusakannya.

Ketika Anda sudah berusaha menjadi tetangga yang baik dengan melakukan berbagai etika terbaik, maka pasti semua akan berefek pada imbal balik dari tetangga lain. Maka, kalau pun awalnya ada tetangga yang menyebalkan, jangan direspon dengan cara menyebalkan juga. Karena hal ini tidak menjadi solusi, namun malah akan menimbulkan rentetan masalah lain yang lebih banyak. Kenapa tidak, Anda berikan respon terbaik, sampai benar-benar si tetangga menyebalkan itu bosen dengan sikap baik Anda. Taklukkan sikap buruknya dengan membuatnya luluh akan akhlak baik Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara menghadapi tetangga menyebalkan. Semoga ulasan kami di atas bermanfaat untuk membuat Anda bisa lebih nyaman bersosial dengan beragam tetangga beserta masing-masing karakternya. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed