Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Menggunakan Kompor Gas yang Aman untuk Dapur Minimalis Anda

memasak menggunakan kompor gas harus sesuai prosedur keamanan - diminimalis.com

Cara menggunakan kompor gas yang aman merupakan hal yang wajib dipahami oleh seluruh anggota keluarga. Meski kompor gas merupakan sarana memasak yang praktis, namun kita tidak boleh asal menggunakannya tanpa prosedur yang benar. Menyepelekan salah satu prosedur penggunaan, akan berakibat fatal yang seaktu-waktu bisa mengancam keselamatan seluruh anggota keluarga kita.

Di Indonesia saat ini, kompor gas sudah banyak yang menggunakannya karena memang dengan energi gas lebih efisien dibandingkan dengan minyak tanah atau bahkan kayu bakar.
Sedangkan di negara-negara maju, masyarakatnya sudah beralih ke kompor listrik yang merupakan pengembangan dari kompor gas.

Dengan energi listrik, diklaim bahwa lebih hemat dibandingkan dengan energi gas. Selain itu, kompor listrik juga memiliki keunggulan pada proses pemanasannya yang lebih cepat.
Tetapi, masih ada lagi yang kabarnya jauh lebih hemat dibanding kompor listrik, yaitu kompor induksi elektromagnetik. Desainnya yang lebih efisien, menjadikannya sering diaplikasikan pada dapur-dapur modern. Dari kedua jenis kompor tersebut (listrik dan induksi elektromagnetik), sama-sama dianggap lebih aman karena tidak mengeluarkan api yang melalak.

Mengapa di negara maju kompor gas sudah mulai digunakan? Ini dikarenakan kompor gas memiliki resiko meledak yang disebabkan oleh berbagai faktor.Dari sini, Anda tentu bertanya-tanya apa sebenarnya faktor yang menyebabkan kompor gas meledak? Perangkat pada kompor gas tidak hanya terdiri dari tabung gas, tetapi adapula karet seal, regulator serta selang dan kompor itu sendiri. Karet seal pada tabung LPG umumnya hanya sekali pakai dan menempel pada tutup tabung. Bagian ini menjamin gas yang berada di dalam tabung tidak keluar, dengan kata lain mencegah terjadinya kebocoran yang berbahaya dari tabung LPG.

Bagian lainnya adalah regulator dan selang yang akan mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Pada regulator, ada bagian terpenting yang terpasang, yakni stopper yang akan berfungsi secara otomatis. Stopper ini akan secara otomatis menyala dan mati saat kompor tidak digunakan sama sekali. Aliran gas pun akan terputus atau mati, sehingga pengguna akan merasa lebih aman. Di kompor sendiri, Anda akan menemukan semacam kran yang berfungsi mematikan aliran gas saat kompor tidak dinyalakan. Ini digunakan pun untuk mengatur besar kecilnya nyala api saat Anda memasak.

 

cara menggunakan kompor gas, cara menggunakan kompor gas yang aman, cara menggunakan kompor gas rinai, cara menggunakan kompor gas portable
memasak menggunakan kompor gas harus sesuai prosedur keamanan – diminimalis.com

Cara menggunakan kompor gas sesuai prosedur yang aman

Disini kami akan mengulas beberapa cara menggunakan kompor gas supaya aman digunakan

cara menggunakan kompor gas, cara menggunakan kompor gas yang aman, cara menggunakan kompor gas rinai, cara menggunakan kompor gas portable
regulator harus terpasang dengan baik – diminimalis.com

1. Pastikan selang dan regulator terpasang dengan baik
Posisi selang dan regulator yang tidak terpasang dengan sempurna seringkali menjadi penyebab terjadinya ledakan pada tabung gas. Karena itu, sebelum menyalakan kompor gas, pastikan selang sudah terpasang dengan baik pada regulator. Pastikan juga regulator sudah terpasang dengan pas pada mulut tabung gas. Jika terdengar suara mendesis atau bau gas, itu berarti regulator belum terpasang dengan sempurna. Perbaikilah posisinya terlebih dahulu dengan menekan tuas pengaturnya hingga terdengar bunyi “klik”, sebelum Anda menyalakan kompor tersebut.

Selain itu, pastikan selang gas tidak tertekuk atau terjepit karena hal ini bisa menyebabkan aliran gas dari tabung ke kompor menjadi terhambat. Selang yang tertekuk akan mudah rapuh, pecah dan menyebabkan kebocoran gas. Jadi sebelum menyalakan kompor, jangan lupa untuk selalu memastikan selang dan regulator gas sudah terpasang dengan baik.

2. Perhatikan posisi kompor dan tabung gas
Pastikan Anda meletakkan kompor dan tabung gas di tempat yang permukaannya datar dan kokoh. Karena jika diletakkan pada permukaan yang tidak rata ataupun di atas tumpukan benda lain, tabung gas bisa saja terjatuh yang menyebabkan selang dan regulator tertarik dan menjadi longgar. Longgarnya regulator ini pada akhirnya bisa menyebabkan gas keluar.

3. Gunakan perlengkapan berlabel SNI
Banyak kejadian ledakan tabung gas hanya karena perlengkapan yang digunakan tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Oleh karena itu, telitilah sebelum membeli. Pastikan perlengkapan yang Anda beli berlabel SNI dan bukan perlengkapan palsu. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Lebih baik mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli perlengkapan asli tapi aman digunakan, daripada membeli perlengkapan yang murah tapi membawa bahaya.

4. Jauhkan tabung dari bahan yang mudah terbakar
Posisi tabung gas yang terlalu dekat dengan kompor dan bahan lain yang dapat menimbulkan percikan api bisa memicu timbulnya ledakan. Karena jika tabung gas mengalami kebocoran, gas yang keluar bisa langsung menyambar bahan yang mudah terbakar tersebut. Selain itu, hindari pula untuk meletakkan kompor minyak dan kompor gas secara berdekatan, apalagi menggunakannya secara bersamaan dalam satu ruangan, karena hal ini sangat membahayakan.

5. Buat sirkulasi udara dapur yang baik
Pastikan dapur Anda dilengkapi dengan ventilasi udara yang baik agar panas yang muncul saat memasak bisa keluar dengan baik. Selain itu, jika tidak sengaja terjadi kebocoran, gas bisa langsung tersalurkan ke luar. Namun jika dapur tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, bukalah jendela dan pintu terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan memasak.

Demikian ulasan kami tentang cara menggunakan kompor gas di dapur minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang tips dapur sehat untuk rumah minimalis Anda bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)
Tips dapur sehat hindarkan keluarga Anda dari penyakit

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.