Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Menggemukkan Bonggol Adenium agar nampak Indah Mempesona

Adenium dengan bonggol gemuk yang indah - diminimalis.com

Bagi Anda yang memiliki bunga Adenium sebagai tanaman penghias taman, maka pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara menggemukkan bonggol Adenium. Uniknya tanaman hias ini bukan sekedar dilihat dari aneka warna-warni bunganya yang cantik, tapi montoknya bonggol tanaman ini, semakin membuatnya nampak mempesona. Semakin besar dan indah lekukan bonggolnya, semakin bunga ini bernilai tinggi, terlebih apabila bunganya dapat mekar dengan baik.

menggemukkan bonggol adenium, cara memperbanyak batang adenium, memperbesar bonggol adenium
Adenium dengan bonggol gemuk yang indah – diminimalis.com

Tanaman Adenium merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cocok untuk dibuat bonsai. Ketika bunga Adenium sudah cukup besar maka akan terlihat bonggol dan akar yang dapat berbentuk unik. Tanaman ini selain memiliki keindahan pada bunganya, pada bagian bonggolnya memiliki keindahan tersendiri.


Struktur tanaman ini cukup unik. Hal tersebut dapat dilihat dari bonggolnya yang dapat direkayasa bentuknya. Pada bagian tersebut memang sangat terlihat berbeda dari tanaman lain. Selain membedakan dari tanaman lainnya, pada bagian tersebut dapat pula dilihat dari ketelatenan pemiliknya.

Tanaman Adenium atau Kamboja Jepang merupakan tanaman yang berasal dari Asia Barat dan Afrika. Pada daerah asalnya tanaman ini terdapat di daerah yang kering dan kandungan air yang sangat sedikit. Di Indonesia sendiri, Tanaman Adenium juga salah satu tanaman yang tetap eksis dikalangan pecinta atau para kolektor bunga.

Hal tersebut dikarenakan tanaman ini cukup unik pada strukturnya. Biasanya para kolektor atau orang yang menyukai ini yakni pada bagian bonggol atau bonggolnya. Mereka dapat membuat atau merancang sendiri bagaimana menggemukkan bonggol Adenium tersebut agar terlihat menarik.

Selain membuat sendiri dan tidak ingin direpotkan dengan prosesnya, dapat juga dengan cara instan yaitu membeli langsung di tempat penjual bunga. Akan tetapi, para pecinta tanaman ini banyak yang lebih memilih untuk merancang sendiri bagaimana bentuk yang akan dibuat. Hal tersebut dikarenakan selera para pecinta tanaman ini beraneka ragam.

Cara Menggemukkan Bonggol Adenium

Untuk proses menggemukkan bonggol Adenium diperlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan harus menyesuaikan dengan wadah dari tempat tanaman dan media tanamannya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menggemukkan bonggol Adenium yaitu dengan menggunakan tanaman Adenium dewasa kemudian potong pada bonggol bawah yang cukup besar.

cara menggemukkan bonggol adenium, cara memperbanyak batang adenium, memperbesar bonggol adenium
Menggemukkan bonggol adenium dengan menimbun bonggolnya menggunakan media yang sehat – diminimalis.com

Hal tersebut untuk mempercepat bonggol agar besar. Setelah itu biarkan bonggol tersebut beberapa menit.
Apabila memiliki obat anti jamur yang bersahabat dengan tanaman ini dapat dioleskan atau disemprotkan pada bagian bonggol yang telah dipotong. Setelah itu biarkan kembali, dan persiapkan stereofoam yang lebih lebar sedikit dari bonggol yang sudah dipotong.

Kemudian letakkan bonggol diatas sterofoam dan tanam di tanah yang tidak dalam atau dipermukaan tanah.
Pot dan tanah harus disesuaikan juga agar mendapat bonggol yang dapat gemuk. Pot tidak boleh dalam dan tanah tidak boleh terlalu gembur atau terlalu padat dan tidak boleh terlalu banyak. Hal tersebut agar akar tidak masuk terlalu dalam dan lebih mengembang dan gemuk pada bagian bonggolya.

Untuk perawatannya sendiri tidak boleh terlalu banyak air. Sehingga apabila tanah yang masih cukup basah tidak perlu disiram, cukup disemprotkan air secukupnya untuk menjaga kelembabannya. Cara lain yang paling simpel adalah dengan menyiapkan pot yang besar dan timbun seluruh bagian bonggol dengan media yang sudah dicampur pupukorganik, sisakan batang bagian atas untuk tetap tumbuh. Setiap bonggol mulai membesar dan tumbuh keluar, timbun lagi dengan tanah yaang sudah dicampur pupuk oraganik, lakukan hal ini hingga bonggol benar-benar tumbuh besar dan indah.
Ketika pada bonggol Adenium dapat gemuk dan berbunga banyak, maka akan semakin terlihat keindahan tanaman ini. Semoga artikel tentang cara menggemukkan bonggol Adenium ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih. (ls)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.