oleh

Cara Mengefisienkan Furniture yang Berlebih pada Interior Rumah

Tips mengenai cara mengefisienkan furniture yang berlebih sebaiknya perlu untuk Anda ketahui. Karena hal tersebut akan membuat ruangan rumah Anda terlihat lebih rapi. Jika ruangan rapi, maka akan memberikan rasa nyaman untuk ditinggali.

Furniture memang merupakan kebutuhan pokok untuk mengisi rumah. Oleh sebab itu, tidak heran jika sering kali kita begitu antusias untuk mendata bahkan membeli furniture. Namun tak jarang dari kita yang tidak memperhatikan aspek fungsionalnya saat membelinya. Untuk itu tentu perlu dipikirkan bagaimana cara untuk mengefisienkan furniture yang berlebih, agar ruangan tidak terlihat crowded dan berantakan. Dengan mengefisienkan penataan furnitutre Anda, nantinya ruangan tersebut akan terlihat rapi dan good-looking.

Cara Mengefisienkan Furniture yang Berlebih, Mengatasi furniture yang memenuhi ruangan ruang keluarga sederhana desain ruang tv sempit ruang keluarga dengan penataan yang simpel ruang keluarga lesehan
Pilih furniture yang sesuai dengan kebutuhan interior Anda – Diminimalis.com

Cara mengefisienkan furniture yang berlebih

Cara Ampuh Mengefisienkan Furniture yang Berlebih Agar Terlihat Rapi, Nyaman dan Menyenangkan
Kerapian merupakan unsur yang sangat penting untuk membuat hunian rumah terasa nyaman dan enak dipandang. Oleh sebab itu, cara mengefisienkan furniture yang berlebih perlu untuk Anda terapkan di rumah.

1. Menata furniture

Furniture perlu ditata dengan baik agar ruangan terlihat rapi dan lega. Tips menata furniture sebagai bagian dari cara mengefisienkan furniture yang berlebih contohnya adalah;

• Menempatkan sofa menempel pada tembok atau akan lebih baik jika di pojok (sofa pojok atau sectional sofa).
• Jika memiliki meja aksen, maka letakkanlah meja kecil tersebut di sudut ruangan. Meskipun demikian, jangan meletakkan meja terlalu banyak.

2. Mencampur gaya

Mendekorasi interior klasik dekorasi interior klasik interior klasik minimalis desain interior rumah klasik modern interior rumah klasik sederhana desain ruang tamu klasik mewah desain ruang tamu klasik minimalis
Aneka furniture pada gaya klaseik – Dimiimalis.com

Idealnya, rumah minimalis akan terlihat serasi jika diisi dengan furniture yang bergaya modern.
Anda bisa mencampur gaya furniture antara satu dan lainnya, misalnya membuat desain ruang tamu klasik yang menarik. Hal ini dapat memberikan kesan rumah Anda terlihat lebih stylish. Itulah mengapa mencampur gaya merupakan salah satu cara mengefisienkan furniture yang berlebih yang Anda miliki di rumah.

3. Memanfaatkan ruang kosong sebagai ruang multifungsi

Jika Anda terlanjur memiliki furniture yang berlebih atau banyak dalam satu rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan menciptakan ruang multifungsi. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong bila memungkinkan. Kalaupun tidak ada ruang kosong, Anda juga bisa memanfaatkan sudut ruang yang tersisa atau bisa juga di menyulap area bawah tangga. Di dalam ruangan tersebut, Anda bisa meletakkan beragam furniture dan menjadikannya tempat atau ruangan serba guna.

4. Bermain dengan furniture besar? Kenapa Tidak!

Meskipun ukuran tetap menjadi acuan nomor satu dalam memilih furniture. Namun hal tersebut bukan berarti memiliki furniture yang besar adalah suatu pantangan. Menurut Max Humphrey, seorang ahli desainer interior asal Portand, Amerika, beliau justru merekomendasikan untuk mengisi rumah dengan furniture yang besar, khususnya sofa dan meja. Meskipun demikian, ukuran besar yang dimaksud di sini tentu saja yang masuk akal, yaitu yang sesuai dengan ruangan. Misalnya, satu buah 3-seater sofa plus satu buah ottoman cukup untuk rumah minimalis.

Sofa yang besar memiliki banyak keuntungan dari pada yang mini atau kecil. Di sofa tersebut Anda dan keluarga bisa duduk-duduk santai, berbaring atau benar-benar tidur di atasnya. Selain sofa, furniture besar yang recommended lainnya adalah meja. Baik meja untuk ruang tamu atau ruang keluarga, pilihlah meja yang agak memanjang. Hal ini dimaksudkan agar meja tersebut dapat diletakkan di tengah-tengah meja atau kursi.

Tips Memilih Furniture Untuk Rumah Kecil

Furniture memang kebutuhan vital sebuah hunian. Tanpa furniture apalah arti sebuah rumah. Meskipun demikian, kita perlu memikirkan dan mempertimbangkan furniture apa saja yang layak kita beli. Selain menghemat, hal ini juga dapat menjadikan ruangan terlihat rapi dan nyaman. Berikut ini tips cara memilih furniture terbaik, terutama untuk rumah yang berdiri di atas lahan yang sempit atau terbatas;

1. Ukuran

Ukuran memang menjadi salah satu acuan dasar dalam memilih furniture. Hal ini memang dimaksudkan agar ruangan tidak terlihat sempit dengan adanya furniture berukuran besar. Oleh sebab itu tips memilih furniture adalah dengan mengukur terlebih dahulu ruangan. Dengan mengukur ruangan tersebut, maka Anda akan tahu berapa ukuran furniture yang pas untuk ruangan tersebut.

2. Desain

Ruangan yang cocok untuk santai dekorasi ruangan untuk santai, desain ruang keluarga minimalis, desain ruang tv sempit, ruang tv sederhana, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, ruang keluarga lesehan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Konsep rumah minimalis selalu memanfaatkan efisiensiu ruang – Diminimalis.com

Selain ukuran, Anda juga perlu mempertimbangkan desain furniture. Multipurpose furniture atau multifunction furniture sangat cocok untuk ruangan berukuran kecil. Misalnya adalah bunk bed untuk tempat tidur anak, sofa pojok, sectional sofa atau sofa bed, meja kopi yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya. Lalu, meja kerja yang terintegrasi dengan rak vertical dan laci-laci atau tempat duduk (bangku) yang juga memiliki laci di bagian bawahnya.

3. Warna

Warna dapat menciptakan sejuta kesan. Tips cara memilih furniture untuk rumah kecil adalah dengan pilihlah furniture yang sewarna dengan cat rumah. Sementara cat rumah terbaik untuk rumah berukuran kecil adalah warna yang cerah atau netral, seperti putih, cokelat, krim atau pastel.

Mengefisienkan furniture yang berlebih memang poin paling penting yang perlu Anda lakukan, khususnya jika ukuran ruangan yang Anda miliki terbatas. Meskipun demikian, kenyamanan tetap nomor satu. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan bagaimana cara membuat furniture, khususnya kursi menjadi nyaman. Cara terbaik untuk memberikan rasa nyaman pada tempat duduk adalah dengan menambahkan jok pada bagian atas kursi.

Untuk Anda yang terlanjur telah memiliki banyak furniture, tidak usah khawatir dan bingung mau dikemanakan furniture-furniture tersebut. Tips dan cara mengefisienkan furniture yang berlebih tersebut bisa menyelamatkan rasa frustrasi Anda sekaligus menyulap rumah Anda menjadi lebih rapi dan nyaman. Selamat mencoba!(ka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed