Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sudahkah Anda Paham Cara Mengatur pH Air Aquascape yang Ideal?

pH air perlu diukur agar aquascape Anda ideal untuk tumbuhan di dalamnya - diminimalis.com

Bagaimana cara mengatur pH air aquascape yang tepat? pertanyaan tersebut harus sudah terjawab sebelum Anda memulai hoby memelihara tanaman pada aquascape Anda di rumah. Tanpa memperhatikan kadar pH airnya, maka pertumbuhan tanaman aquascape Anda tidak akan maksimal.

Cara mengatur pH Aquascape, standar ph untuk aquascape, ph ideal aquascape
pH air perlu diukur agar aquascape Anda ideal untuk tumbuhan di dalamnya – diminimalis.com

pH adalah ukuran keseimbangan antara Hidrogen (H +) dan hidroksida (OH) ion dalam air. Skala pH bernilai dari 0-14. Seperti yang kita tahu, nilai pH 7,0 berarti bahwa pH air netral, dengan pembacaan 0-6,9 sebagai asam, dan menjadi 7,1-14 Basa. pH juga berfungsi sebagai pusat konsentrasi dari KH dan CO 2. Artinya, kita dapat menentukan jumlah CO 2 (mg / L atau ppm) dalam air jika kita mengetahui nilai pH dan KH. Dalam pengaplikasiannya, pH akan berfluktuasi bila kita menambahkan CO 2, sedangkan KH tetap stabil.


Cara Mengatur pH Air Aquascape

pH yang ideal untuk aquascape adalah 6,8 hingga 7,2. Lebih dari atau kurang dari pH tersebut, kondisi aquascape tidak stabil dan bisa menyebabkan tanaman menjadi tidak sehat.

Air yang digunakan untuk mencampur nutrisi Aquascape biasanya adalah air PDAM atau air Sumur. Tapi setiap air yang digunakan hendaknya selalu diukur tingkat keasamannya (pH). Tingkat keasamaan air perlu diperhatikan untuk menjaga keseimbangan jumlah unsur hidrogen yang dibutuhkan tanaman.

Apabila tinggkat hidrogen terlalu tinggi, air akan berubah menjadi basa. Sementara bila tingkat hidrogen rendah, air akan berubah menjadi asam. Untuk menetralkan tingkat pH yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan tanaman, maka perlu diadakan pengukuran pH.

Cara mengatur pH air Aquascape, standar ph untuk aquascape, ph ideal aquascape
Anda juga bisa mengukur pH air dengan kerta lakmus – diminimalis.com

Anda bisa mengukur pH air menggunakan pH tester. Tapi bila Anda tidak memilkinya, Anda bisa menggunakan alat pengukur sederhana dan murah, yaitu dengan kertas lakmus (kertas pH). Kertas ini bisa Anda beli di toko perlengkapan akuarium atau marketplace online. Dengan memasukan kertas pH ke dalam air atau pasir, Anda bisa mengamati perubahana warnanya.

Warna merah = Berarti asam kuat

Warna hijau = Berarti basa kuat

Warna kuning = Berarti tingkat pH netral 6,5 – 7 ini berarti asam dan basa berada dalam keadaan seimbang.
Perlu diperhatikan juga bahwa kandungan air akan asam cenderung meningkat akibat adanya pencemaran. Jadi mengatur pH sangatlah perlu agar tanaman tumbuh sesuai dengan yang kita harapkan.

Solusi Menetralkan pH air Aquascape

Apabila hasil pengukuran tadi menunjukkan air terlalu basa, teteskan sedikit cuka kedalamnya, kemudian cek kembali. Ketika pH telah menunjukan angka yang kita butuhkan, catatlah berapa tetes cuka yang dimasukan tadi. Jadi setiap mengisi atau mengganti nutrisi, hendaknya pH selalu diukur.

Apabila air atau media yang digunakan terlalu asam, teteskan bikarbonat sampai pH kembali normal ke angka 6,5 – 7. Cara lain untuk menurunkan keasamaan, Anda bisa menggunakan daun ketapang. Cara menggunakannya adalah dengan menjemur segenggam daun ketapang terlebih dahulu hingga kering. Kemudian rebus hingga mendidih. Setelah dingin, larutan daun ketapang tersebut dan masukkan sedikit demi sedikit ke aquascape Anda dan ukur hingga pH menjadi normal.

Demikian ulasan kami tentang cara mengatur pH air Aquascape dan menetralkannya. Semoga dengan upaya mengkondisikan PH air yang tepat, tanaman di Aquascape Anda tumbuh semakin sehat dan tumbuh indah. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.