Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mengatur Instalasi Listrik pada Rumah yang Baru Ditinggali

instalasi listrik di rumah perlu dirangkai dengan benar demi menghindari dari berbagai resiko berbahaya - diminimalis.com

Cara mengatur instalasi listrik dengan baik dan benar mestinya dipahami oleh setiap pemilik rumah, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Cukup banyak kasus ketidakberesan (malfunction) listrik pada rumah-rumah tinggal siap huni yang ditemukan. Terutama untuk rumah tinggal di kompleks perumahan golongan tarif R1 (450VA s/d 2200VA). Mulai dari ketidakberesan pada spesifikasi kabel, teknik penyambungan kabel, teknik menanam kabel di dinding hingga pemasangan stop kontak dan saklar lampu.

Instalasi listrik adalah suatu bagian penting yang terdapat dalam sebuah bangunan gedung , yang berfungsi sebagai penunjang kenyamanan penghuninya.
Indonesia memiliki standar penaturan isntalasi listrik yang disbeut denganPUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik). Dari situ nantinya akan diperoleh suatu perancangan, produk yang dihasilkan adalah gambar dan analisa inatslasi listrik yang akan kita gunakan.


Pada dasarnya, pengertian dan definisi listrik adalah merupakan daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan ataupun melalui sebuah proses kimia dimana hasil dari proses kimia tersebut bisa digunakan untuk kemudian menghasilkan panas, cahaya, atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan sebuah mesin.

Bagi pemilik rumah, isntalasi listrik merupakan suatu komponen vital yang memerlukan perancangan serius. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dasar misalnya untuk penerangan pada malam hari. Disisi lain, arus listrik juga dibutuhkan untuk menghidupkan alat elektronik yang jenisnya semakin bertambah sesuai perkembangan zaman. Tentu aliran listrik tersebut perlu disiapkan dengan membuat sebuah instalasi listrik terlebih dahulu.

Pemasangan instalsi listrik pun sebaiknya dikerjakan oleh orang yang ahli dibidangnya. Namun tidak menutupkemungkinan kita tidak bisa memasangnya, terlebih lagi jika kita memang memiliki dasar instalasi.
Mendelegasikan pemasangan isntalasi listrik kepada biro teknis, merupakan alternatif yang aman bila kita merasa awam dan ingin mendapakan hasil tebraik. Dengan begini, kita sudah melakukan upaya terbaik untuk melindungi keluarga kita dari bahaya akibat kesalahan instalasi listrik pada rumah minimalis kita.

cara mengatur instalasi listrik, cara membuat instalasi listrik di rumah, instalasi listrik rumah tangga
instalasi listrik di rumah perlu dirangkai dengan benar demi menghindari dari berbagai resiko berbahaya – diminimalis.com

Cara mengatur instalasi listrik dengan baik dan benar

Karena pentingnya pengaturan instalasi listrik pada rumah, maka diminimalis akan mengulas tentang cara mengatur intsalasi listrik dengan baik dan benar untuk Anda. Di bawah ini beberapa tips intalasi listrik dengan posedur yang aman.

Mempelajari isi box MCB

Terlebih dahulu Anda harus mempelajari dan mengerti susunan dan jalur setiap kawat dari kabel yang masuk ke dalam box MCB. Ini penting, karena kesalahan posisi pemasangan kawat dari kabel pada bagian ini akan berefek pada seluruh jaringan kabel yang terpasang. Jika ada Anda menemukan kesalahan letak pemasangan kawat dari salah satu kabel tersebut, Anda bisa memperbaikinya secara langsung atau setelah instalasi kabel baru terpasang. Tetapi, yang terpenting Anda harus benar-benar mengerti terlebih dulu jalur yang benar dari setiap kawat tersebut.

cara mengatur instalasi listrik, cara membuat instalasi listrik di rumah, instalasi listrik rumah tangga
Anda perlu memperhatikan sambungan dasar listrik yang benar, atau serahkan pekerjaan ini kepada ahlinya – diminimlis.com

Usahakan untuk membuat sambungan kabel sesedikit mungkin
Jalur kabel yang tertanam di dinding tanpa dilindungi pipa PVC, lebih baik diganti untuk dimatikan. semua kabel yang memiliki kondisi seperti itu, baik stopkontak maupun saklar lampu, sebaiknya diganti dengan jalur kabel baru menggunakan teknik “out bow” (diluar dinding). Seandainya terdapat sambungan kabel yang tidak sempurna tertanam di dinding dan kelembaban pada dinding cukup tinggi, hal ini dapat menyebabkan hubungan arus pendek (korsleting).

Bila Anda awam terhadap kelistrikan, sebaiknya gunakan jasa biro teknik listrik profesional

Untuk Anda yang tidak terlalu paham tentang kelistrikan, sebaiknya pemasangan instalasi listrik di rumah dilakukan oleh orang yang profesional atau mengerti tentang seluk-beluk listrik. Anda bisa menggunakan jasa biro teknik listrik yang sudah terbiasa menyambung peralatan listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Demikian ulasan kami tentang cara mengatur instalasi listrik untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait cara menghemat listrik yang efektif untuk rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Cara menghemat listrik yang efektif untuk rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.