oleh

Terbukti Efektif, Begini Cara Mengatasi anak Pemalu

Ada orang tua yang resah ketika memiliki anak yang pemalu. Seakan-akan hal ini merupakan sebuah kekurangan, terlebih ketika dibandingkan dengan anak-anak lain yang lebih percaya diri. Padahal karakter pemalu bukanlah sebuah kekurangan, sama halnya dengan karakter percaya diri, masing-masing tetap ada porsi batasannya untuk disesuaikan dengan kondisi dan situasi.Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk mencari solusi apa yang menjadi kekuarangan anak kita, termasuk mencari cara mengatasi anak pemalu.

 cara mengatasi anak pemalu, cara mengatasi anak pemalu dan penakut, penyebab anak pemalu, mengatasi anak kurang percaya diri, cara membuat anak berani, mengatasi anak pendiam
Anak pemalu perlu diarahkan agar lebih percaya diri, supaya memudahkan dia bergaul dengan orang lain – Diminimalis.com

Dibalik sifat anak yang pemalu

Di usia tertentu termasuk usia balita, anak akan belajar berinteraksi dengan lingkungannya. Terhadap interkasi dengan lingkungan, respon yang dihasilkan oleh setiap anak juga berbeda-beda. Ada anak yang mudah mencair dan akrab dengan situasi baru, ada juga anak yang membutuhkan waktu untuk mengamati lingkungan baru sebelum akhirnya ia bisa mencair dan akrab dengan lingkungan barunya.

Secara simpel, karakter setiap orang terbagi menjadi 2, yaitu introvert dan ekstrovert. Seorang introvert memang memiliki kecenderungan untuk menutup diri, namun bukan berarti dia anti sosial. Dia hanya merasa nyaman dan bisa memaksimalkan pikirannya pada situasi yang tenang. Demikian pula sebaliknya, ada seseorang yang memiliki karakter ekstrovert, yaitu selalu merasa riang manakala berada di keramaian.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki anak pemalu, Anda tak perlu khawatir. Bisa jadi dia seorang introvert yang sebenarnya pikirannya selalu bekerja saat dia sendirian. Anda hanya perlu mengarahkannya untuk lebih terbuka dengan orang lain, agar tidak menyulitkannya untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Cara mengatasi anak pemalu

Setiap anak memiliki perbedaan karakter masing-masing, ada yang punya sikap terbuka, dan ada pula yang pemalu. Meski kita merasa hal tersebut merupakan sebuah kewajaran, alangkah baiknya apabila kita sebagai orang tua, menempa apa yang menjadi kekurangannya. Misal apabila Anda memilki anak pemalu, maka akan lebih baik lagi apabila Anda mampu mendidiknya menjadi anak yang pemberani, percaya diri dan mudah bergaul dengan orang lain. Bukankah hal ini akan menambah nilai lebih pada dirinya? Apabila Anda meliki anak pemalu, maka di bawah ini, kami telah merangkum beberapa cara untuk mendidik anak pemalu, agar bisa lebih percaya diri.

Apa yang membuat anak menjadi pemalu?

Rasa malu memang biasa terjadi. Sebesar 20-48% orang memiliki kepribadian pemalu, mungkin termasuk Anda. Kebanyakan anak pemalu memang sudah lahir seperti itu, namun aa sebagian anak yang menjadi pemalu karena pernah mendapat pengalaman buruk, sehingga dia merasa minder di depan umum. Maka dari itu, pernanan orang tua sangat penting dalam rangka membangun kepribadiannya agar menjadi pemberani dan tidak malu berintteraksi dengan orang lain.

Bagaimana melatih anak agar tidak pemalu?

Anak pemalu biasanya mandiri, bijaksana, dan berempati. Namun, negatifnya adalah anak pemalu sering tidak suka atau takut mencoba hal baru. Ia biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri di lingkungan baru sehingga mungkin lebih sulit untuk berteman. Bukannya tidak ingin berteman, ia ingin berteman namun ia sulit untuk mendekati orang lain. Bisa karena ia takut atau memang tidak tahu bagaimana cara memulainya.

Untuk itu, Anda perlu mengajari anak pemalu agar lebih berani di depan umum. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak agar tidak menjadi pemalu lagi adalah:

1. Bangun rasa percaya dirinya

Sebaiknya jangan katakan ke anak bahwa dirinya pemalu, ini hanya akan membuat anak merasa makin kurang percaya diri dan makin berbeda dengan anak lainnya. Sehingga akan membuat anak menjadi lebih pemalu, karena efek labeling ini. Anda hanya perlu mengawasi anak saat ia bermain, beri waktu padanya lebih banyak untuk mempelajari lingkungan sekitarnya. Setelah ia sudah merasa nyaman dengan teman-teman barunya, ia pun akan senang bermain dan tidak menjadi pemalu lagi.

2. Tempatkan anak pada situasi sosial

Cara mengatasi anak pemalu selanjutnya adalah dengan memberi anak kesempatan untuk selalu berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan orang yang tidak dikenalnya. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa malu anak secara perlahan. Misalnya saja, ajarkan anak untuk memesan sendiri dan membayar sendiri makanannya saat sedang di restoran. Atau, ajak anak untuk bermain di taman umum, sehingga bisa berinteraksi dengan ank-anak lainnya. Semakin sering anak mengunjungi lokasi baru dan melihat orang baru, semakin tumbuh keberaniannya untuk menghadapi orang-orang baru agar tidak malu lagi.Untuk menempatkan anak pada situasi sosial, Anda bisa memilihkan bimbel terbaik, agar anak Anda semakin terbiasa berinteraksi dengan orang lain.

3. Menunjukkan empati

Jika Anda melihat anak takut atau malu saat bertemu orang, katakan padanya bahwa ia tidak perlu takut. Bila perlu, Anda dapat menceritakan pengalaman Anda saat kecil, ketika mengatasi rasa malu hingga berubah menjadi berani berinteraksi kepada orang lain. Dengan menunjukkan empati, Anda membantu anak merasa dimengerti dan diterima, membantunya untuk mengerti apa yang ia rasakan, dan harus bagaimana ia mengatasinya.

4. Bantu anak berinteraksi dengan orang lain

Beberapa anak mungkin tidak tahu harus bagaimana saat bertemu dengan orang. Anda mungkin perlu menunjukkan bagaimana cara menyapa orang, berbicara, dan bersikap ramah dengan orang lain. Dengan begitu, anak bisa meniru perilaku Anda. Dorong anak untuk menyapa temannya saat sedang berpapasan atau bermain bersama. Ajak temannya untuk berbicara dengan Anda, sehingga anak merasa suasana di sekitarnya nyaman.

5. Seringklah mengajak anak mengunjungi sanak atau kolega Anda

 cara mengatasi anak pemalu, cara mengatasi anak pemalu dan penakut, penyebab anak pemalu, mengatasi anak kurang percaya diri, cara membuat anak berani, mengatasi anak pendiam
Sering-seringlah mengajak anak Anda yang pemalu untuk berinteraksi dengan orang lain – Diminimalis.com

Cara mengatasi anak pemalu yang terakhir adalah selalu sering emngajaknya bepergian, misal dengan melakukan kunjungan seperti kunjungan ke tetangga, arisan atau pernikahan. Ada baiknya, jika Anda mulai membawa serta si kecil. Dengan mengajak si kecil berkunjung ke tempat-tempat baru dan bertemu dengan orang-orang baru, hal ini akan membuatnya terbiasa berinteraksi dengan orang lain dan tidak terlalu menutup diri lagi.

Demikian ulasan kami tentang cara mengatasi anak pemalu. Semoga ulasan kami di atas dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri buah hati Anda yang pemalu, semoga bermanfaat. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed