Beginilah Tahapan Cara Mengajari Anak Berenang Dengan Benar

Berlatihlah sesuai porsi yang tepat - Diminimalis.com

Setiap anak pasti sangat menikmati untuk bisa bermain dengan air, terlebih bila bisa bermain dan berenang di kolam renang. Tak ada yang salah dengan keasyikan mereka menikmati serunya bermain di kolam renang, justru ada banyak manfaat berenang yang baik untuk tubuh kita. Maka, ada baiknya Anda memahami cara mengajari anak berenang dengan benar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mempelajari renang memang dapat dilakukan disegala usia, namun tentunya akan lebih baik, jika keterampilan ini dipelajari sedini mungkin. Nah, bagi Anda para orang tua yang ingin anaknya bisa berenang, berikut kami bagikan beberapa tips cara mengajari anak berenang dengan benar dan efektif. Penasaran? Berikut informasi selengkapnya.

cara mengajari anak berenang dengan benar, cara melatih renang anak sd cara mengajari anak 2 tahun berenang, cara melatih renang anak usia dini, teknik belajar berenang cepat, cara melatih renang untuk pemula, belajar berenang anak 3 tahun
Ada banyak manfaat dari berenang, maka sedari kecil, ajarilah buah hati Anda untuk berenang – Diminimalis.com

Cara Mengajari anak Berenang  Dengan Benar dan Cepat

1. Tanamkan Niat yang Kuat untuk Belajar Berenang

Cara mengeajari anak berenang yang paling dasar, adalah menanamkan niat yang benar pada diri anak. Karena dalam mempelajari apapun, niat dalah hal terpenting. Tak terkecuali saat mengajarkan anak berenang. Untuk itu, sebelum mengajari anak berenang, tanamkan keyakinan pada anak Anda akan berbagai manfaat berenang bagi tubuh. Tanpa niat dan motivasi yang kuat, anak Anda akan mudah menyerah bila menemui kendala saat belajar.

2. Pilih Waktu yang tepat

Berikutnya yang juga sangat penting untuk mengajari anak berenang adalah memilih waktu yang tepat. Pilihlah waktu yang menurut Anda cukup luang, agar Anda dapat maksimal mengajari buah hati Anda berenang. Sebab dibutuhkan kesabaran dalam melatih atau menerapkan metode pada anak, tentu saja hal ini membutuhkan banyak waktu, karena tidak bisa dilakukan secara instan.

3. Latih Anak Berenang Saat Perasaan dan Mood Anda sedang Bagus

Cara mengajari anak berenang dengan benar berikutnya adalah memastikan anak Anda pada kondisi mood terbaik. Meskipun Anda telah mampu meyakinkan anak agar mau belajar berenang, namun jika mood Anda sedang kurang baik, ini akan membuat kesabaran Anda berkurang. Padahal saat mengajari anak berenang, diperlukan kesabran yang ekstra, agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu, jika saat itu kondisi mood Anda sedang tidak baik karena dalam kondisi terburu-buru atau sedang memiliki deadline lain, maka sebaiknya cari waktu lain yang benar-benar Anda dalam kondisi longgar.

Pikiran yang tenang serta kemampuan Anda menguasai diri akan berpengaruh dalam metode mengajar. Ketenangan berguna untuk meyakinkan anak agar mau berlatih dengan perasaan senang.

4. Sebagai Pelatih, Pastikan Anda Menguasai Teknik Berenang yang Baik

cara mengajari anak berenang, cara melatih renang anak sd cara mengajari anak 2 tahun berenang, cara melatih renang anak usia dini, teknik belajar berenang cepat, cara melatih renang untuk pemula, belajar berenang anak 3 tahun
Pastikan Anda menguasai teknik berenang dengan benar – Diminimalis.com

Sebelum Anda melatih berenang anak, pastikan dulu seberapa besar  kemampuan Anda. Jadi pantaskan dulu skill berenang Anda, sebelum berniat mengajari orang lain, terutama saat mengajari anak-anak. Bagi Anda yang mungkin belum mahir dalam berenang, sebaiknya mengajarkan renang anak di kolam dangkal.

Namun, jika Anda sudah tahu dan mahir tentang beragam tehnik berennag, tak ada salahnya jika Anda langsung mempratekkan bagaimana contoh- contoh gerakan renang yang benar pada anak secara langsung.

5. Mulai Berenang Dari Tepi Kolam

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum mengajarkan anak renang, pastikan  anak merasa nyaman berada di kolam tanpa rasa takut. Jika anak takut berada disekitar kolam, maka mulailah dengan mengajaknya bermain-main di pinggir kolam. Anda perlu menyiasati melatih renang anak dengan perlahan-lahan. Mulailah dengan membuat gerakan-gerakan sederhana yang tentunya menyenangkan bagi sang anak.

Lantas kira-kira, bagaimana membuat anak merasa nyaman saat belajar berenang? Karena anak sangat suka bermain, maka mulailah dengan mengajak anak bermain air atau apapun yang bisa mereka lakukan agar nyaman dan tidak lagi panik berada di dalam kolam renang.

6. Latih dengan Lebih Serius

Nah, setelah anak merasa nyaman dan tenang berada di kolam renang, mulailah melatih gerakan renang lebih intens. Pada tahapan pertama latihan berenang, idealnya ajarkan anak mengayun lengan serta kaki dengan menyanggah tubuh anak pada posisi tengkurap. Setelah anak terbiasa melakukannya anak akan dengan sendirinya mengetahui tehnik yang benar dan merasa nyaman dengan kegiatan tersebut. Setelah anak sudah mulai bisa berenang, maka tingkatkan latihan melakukan gerakan yang benar hingga anak dapat mengapung bahkan berenang dengan baik.

7. Membantu Anak Menerapkan Cara Mengapung

cara mengajari anak berenang, cara melatih renang anak sd cara mengajari anak 2 tahun berenang, cara melatih renang anak usia dini, teknik belajar berenang cepat, cara melatih renang untuk pemula, belajar berenang anak 3 tahun
Jangan sampai anak Anda salah untuk menerapkan cara mengapung yang benar – Diminimalis.com

Jika Anda sudah melatih dan mencontohkan cara-cara dasar untuk mengapung dan berenang dengan bantuan Anda, maka berilah stimulus anak agar dapat atau mampu mengapung dengan sendirinya. Untuk mengajarkan cara mengapung pada anak, mulailah menyanggah tubuh anak pada posisi berbaring. Setelah anak merasa aman dengan cara mengapung sambil mengayunkan tangannya, secara perlahan Anda bisa melepaskan sanggahan tangan pada tubuh anak Anda. Biarkan anak mengapung dengan sendirinya meskipun pada awalnya anak Anda akan panik.  Anda hanya perlu meyakinkan dan membuat anak tenang saat mengapung di air.

8. Ajarkan Tehnik Berenang yang Benar

Menerapkan cara berenang yang benar bukanlah hal yang sulit jika anak sudah pandai mengapung. Jika anak sudah memahami cara mengapung di air, maka cara berenang hanya tinggal bagaimana penerapan perubahan posisi tubuh disertai gerakan-gerakan ayunan tangan dan kaki saja.

Selain itu, ajarkan anak kapan saja saat yang tepat untuk menarik dan menghembuskan napas. Pada tahap melatih pernafasan pada anak  ini, tentunya penting untuk terus mengawasi anak agar tetap aman. Pada tahap belajar menarik dan menghembuskan nafas, kemungkinan anak akan mengalami kejadian tidak mengenakkan, misalnya batuk-batuk karena tak sengaja kemasukan air. Bila hal seperti ini, Anda bisa meyakinkan pada anak Anda, bahwa hal ini wajar dan tak perlu takut untuk mencoba lagi. Karena setiap perenang hebat, pasti pernah mengalami situasi yang sama di awal mereka balajar berenang.

9. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Cara mengajari anak berenang yang terakhir, adalah memberikan waktu istirahat yang cukup. Meskipun anak Anda  sudah semangat dalam berlatih, namun idealnya Anda tetap menganjurkan untuk istirahat dulu secara berkala. Ingat, kebugaran serta kemampuan napas pada anak tentunya tidak sekuat orang dewasa.

Memang cara mengajari anak berenang dengan benar tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, namun jika Anda menerapkan trik-trik di atas dengan tekun dan sunguh-sungguh, dijamin anak Anda tak butuh waktu lama untuk mengusai tehnik berenang yang benar.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.