Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

CARA MENGAJAR ANAK MENGAJI MUDAH DAN BERPAHALA

CARA MENGAJAR ANAK MENGAJI MUDAH DAN BERPAHALA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
CARA MENGAJAR ANAK MENGAJI MUDAH DAN BERPAHALA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
CARA MENGAJAR ANAK MENGAJI MUDAH DAN BERPAHALA #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Cara mengajar anak mengaji bermacam-macam yang bisa kita pilih. Hal ini karena satu jenis cara mengajar anak mengaji belum tentu cocok untuk yang lain, masing-masing anak adalah unik. Bisa jadi sebuah metode berhasil untuk mengajar anak mengaji, tetapi belum tentu berhasil untuk anak yang lain.

Mengaji merupakan kewajiban dari setiap muslim, dan sudah menjadi kewajiban orang tua lah untuk kemudian mengajarkan anaknya mengaji, baik mengaji imu agama, maupun mengaji dalam arti membaca alquran dengan baik dan benar. Ilmu dasar inilah yang kemudian akan mendasari karakter anak sedari ia kecil dan kemudian menentukan menjadi apa ia di masa yang akan. Dengan adanya dasar ilmu mengaji yang diajarkan sedari usia belia, diharapkan anak kita kelak akan menjadi muslim yang baik.


Mengaji atau membaca alquran dengan baik dan benar merupakan salah satu kewajiban dari setiap muslim, tak terkecuali kita dan anggota keluarga kita. Hukum dari setiap individu adalah fardlu ‘ain (wajib bagi setiap muslim). Tidak hanya sekedar membaca, namun juga harus dengan baik dan benar. Baik secara suara, dan juga benar secara tajwid atau tanda baca.

Kewajiban untuk membaca alquran dengan baik dan benar hanya bisa ditunaikan apabila pembacanya telah mengilmui dan memahami cara membaca alquran dengan baik. Ia tidak harus hafal setiap istilah dan tanda baca, namun ia wajib bisa membaca alquran sesaui dengan tanda baca. Contohnya, seseorang bisa saja mengetahui bentuk huruf hijaiyah alif dan cara membacanya jika mendapatkan harokat kasroh adalaha di lafadzkan sebagai “I”. Namun ia tidak harus hafal bahwa huruf hijaiyah tersebut bernama “alif” dan tanda tajwid tersebut bernama “kasroh”, namun ia wajib faham bahwa itu dibaca “i” dan bukan “u” atau “a”.

Menjadi menarik disini adalah seringkali agar seseorang faham bagaimana sebuah huruf hijaiyah dibaca, maka ia harus belajar tajwidnya, dan biasanya dilakukan dengan cara menghafal huruf dan tanda baca, maka belajar tajwid menjadi wajib, karena merupakan jalan untuk melaksanakan kewajiban membaca alquran dengan baik dan benar. Begitulah kaidah ushul fiqh syari membahasnya. Bahwa sesuatu yang tadinya tidak dihukumi wajib, bisa menjadi berubah menjadi wajib, manakala sesuatu tersebut merupakan sarana tercapainya / tertunaikannya sebuah kewajiban.

Sama halnya dengan belajar alquran untuk diri sendiri, mengajarkan alquran kepada anak juga merupakan kewajiban orang tua, dan sang ayahlah yang mendapat tugas mulai tersebut. Maka setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang berada dalam kepemimpinannya, termasuk anak-anak kita.

Adalah menjadi hal yang amat disayangkan ketika kita terlalu sibuk dengan urusan orang banyak yang seringkali hanya berkutat seputar duniawi, hingga kita justru melalaikan kewajiban kita kepada anak yang telah jelas-jelas merupakan perkara akherat. Dimana setiap perkara duniawi kelak akan diminta pertanggungjawabannya, terlebih lagi urusan ibadah dan tanggung jawab anak.

Cara mengajar anak mengaji menjadi kewajiban yang harus diusahakan

Memberi bekal ilmu kepada anak-anak kita menjadi wajib, sehingga kita tidak meninggalkan generasi yang lemah di masa di mana si anak akan hidup, baik lemah mental, akal, ilmu dan juga fisik. Mengaji alquran adalah salah satu ilmu yang menjadi pondasi utama dari setiap generasi muslim. Dengan pandai membaca alquran, maka anak juga akan sedikit demi sedikit mencintai alquran. Dengan mengajarkan anak mengaji alquran dengan baik dan benar, maka hal tersebut menjadi pintu awal bagi si anak untuk menggali gudang ilmu yang lebih banyak lagi.

عن عثمان بن عفّان رضي الله عنه عنِ النبيِّ صلى الله عليه و سلّم قال : خيركم من تعلّم القرآن و علّمه

Dari ‘Utsman radhiyallahu’anhu, dari Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.”

(HR Bukhari no.5027)

orangtua lah yang menjadikan kafir #rumahkusurgaku - diminimalis.com
orangtua lah yang menjadikan kafir #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Kewajiban orang tua lah untuk memastikan anaknya menjadi muslim yang baik. Apa yang hendak kita katakan di hadapan Alloh subhanahuwata’ala kelak, ketika ternyata anak-anak kita tidak mengikuti keislaman kita, baik berislam secara menyeluruh, maupun hanya berislam secara dzahirnya saja. Maka takutlah kepada Apa yang telah Alloh peringatkan, bahwa kita lah yang bertanggung jawab atas hal ini.

Sebagaimana dalam hadits yang berbunyi,

كُلُّ إِنْسَانٍ تَلِدُهُ أُمُّهُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

“Setiap manusia dilahirkan ibunya di atas fitrah. Kedua orang tuanya yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.”

(H.R. Muslim)

Maka, “bagaimana cara mengajar anak mengaji dengan mudah dan berpahala?”
Jawabnya adalah dengan kita terlebih dahulu menjadi orang tua yang baik dan melaksanakan kewajiban kita sebagai orang tua yang telah Alloh perintahkan. Sehingga anak-anak kita akan meniru keteladanan kita dan menjadikan hal terebut sebagai ladang pahala yang tak pernah henti untuk kita.
Wallhua’lam bishowab. (rd)

You might also like
1 Comment
  1. […] yang baik. Apa yang ia lihat dari kedua orangtuanya, maka itulah yang ia tiru. Jika kita sebagai orang tua mampu memberi teladan yang baik, maka anak kita pun akan meniru apa yang ia lihat dari kedua ibu […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.