oleh

Cara Mendidik Anak Kembar Meski Berbeda Karakter

Kehadiran buah hati dalam sebuah rumah tangga merupakan anugrah tak terkira bagi pasangan yang baru menikah, terlebih bila kita dikarunia sepasang anak kembar. Cara mendidik anak kembar pun berbeda dengan cara mendidik anak pada umumnya. Apabila Anda memiliki anak kembar, hal-hal penting berikut sebaiknya diperhatikan untuk bisa mendidik anak kembar dengan lebih baik.

Cara Mendidik Anak Kembar menghadapi anak kembar, pola asuh anak kembar, mengurus bayi kembar sendiri, cara mengasuh anak kembar, cara mendidik anak kembar 3, pengalaman mengurus bayi kembar kebiasaan anak kembar,
Ada cara tersendiri untuk mendidik anak kembar – Diminimalis.com

Cara Mendidik Anak Kembar yang Tepat

Cara mendidik anak kembar 3 atau 2 juga memiliki tantangan yang berbeda. Jadi, peran orang tua cukup penting untuk mengerti pola asuh anak yang baik untuk mendidik anak kembar.

1. Mengenal gender

Desain Kamar Anak Kembar, Desain Kamar Anak Kembar minimalis, tempat tidur anak kembar
Bila anak kembar Anda berjenis kelamin sama, tak masalah untuk menyatukan mereka dalam satu kamar – diminimalis.com

Kelahiran anak kembar memang tidak sebanyak jumlah kelahiran anak biasa. Begitu juga dengan anak kembar laki-laki dan perempuan, kembar berbeda gender ini hanya terjadi beberapa persen saja dari total kelahiran di dunia. Cara mendidik anak kembar laki laki dan perempuan pun berbeda.

Apabila Anda memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan, perhatikan untuk bisa mengenalkan perbedaan gender sejak dini. Cara mendidik anak kembar yang berbeda gender dimulai dari pengenalan terhadap perbedaan alat vital dan fungsinya. Pengenalan sejak dini wajib dilakukan agar salah satu anak tidak krisis kepribadian. Bila anak kembar Anda berjenis kelamin sama, tak masalah untuk menyatukan mereka dalam satu rancangan kamar kembar minimalis.

2. Bantu untuk menjadi diri sendiri

Kebanyakan orang tua dalam menghadapi anak kembar adalah selalu menyamakan semua hal, mulai dari pakaian hingga aksesoris kecil lain. Padahal kembar bukan berarti sama secara psikologis atau kepribadian.
Peran orang tua cukup penting untuk bisa membantu masing-masing anak menemukan jati dirinya sendiri. Cara mendidik anak kembar yang baik adalah membiarkan dan melatih masing-masing untuk bisa menentukan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti kesukaan, keinginan, dan yang lainnya.

3. Mencontohkan yang benar

Terlahir dengan rupa yang sama tidak berarti si anak mempunyai sifat yang sama persis. Beberapa kondisi memperlihatkan yang satu cenderung lebih baik dan terkadang yang satunya sedikit nakal. Perhatikan pola asuh anak kembar agar tidak ada yang merasa paling disayang atau tidak dipedulikan.

Apabila ada salah satu dari si kembar yang nakal, orang tua harus tahu cara mendidik anak kembar dengan memberi penjelasan yang masuk akal dan dengan contoh langsung. Hindari untuk membandingkan yang satu dengan yang lain, karena hal tersebut bisa membuat kecemburuan antara anak kembar.

4. Kembangkan minat masing-masing

mengakrabkan anak dengan ART, cara membuat ART betah di rumah, ciri ART idaman
Kembangkan bakat masing-masing anak kembar Anda meski tidak sama – Diminimalis.com

Memang banyak orang tua yang cukup repot untuk mengurus bayi kembar sendiri. Suami dan istri harus bisa aktif agar bisa mengasuh serta mendidik dengan baik. Apalagi saat si kembar sudah mulai tumbuh besar. Orang tua perlu memulai untuk mengarahkan minat atau imipian dari masing-masing.

Cara mendidik anak kembar yang baik adalah dengan membantu setiap anak untuk menemukan minat dan bakatnya. Pelajari kesukaan dari masing-masing anak dan berikan bantuan bagi salah satu yang kesulitan menemukan bakatnya.

Pada anak kembar, bakat yang dimiliki tidak selalu sama. Bila yang satu memeiliki kreatifitas tertentu, bisa jadi yang satunya memiliki kreatifitas di bidang lain. Jadi, kemampuan orang tua untuk mengetahui bakat dan minat masing-masing anak sangat diperlukan. Orang tua akan lebih mudah untuk mengarahkan kemampuan yang dimiliki si kembar jika tahu apa yang mereka sukai.

5. Kenalkan anak dengan kreativitas

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan minat dan bakatnya adalah dengan mengajak anak untuk melakukan hal yang kreatif. Meski orang tua sibuk bekerja setiap hari, akhir pekan bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan hal secara bersamaan.

Lakukan kegiatan kreatif seperti mewarnai, menyusun mainan, atau mengajak anak mengunjungi kebun binatang. Cara seperti ini akan membantu anak mengembangkan kreativitas. Selain itu, ikatan antara si kembar dan orang tua pun tetap terjaga.

6. Bantu anak menemukan tempat yang nyaman

Ada begitu banyak orang berbagi pengalaman mengurus bayi kembar. Pengalaman tersebut tentu sangat berguna bagi orang tua lain yang juga memiliki bayi kembar. Salah satu hal yang cukup penting adalah dengan memberikan ruang privasi untuk masing-masing.

Anak kembar memang lebih suka melakukan hal secara bersama-sama. Namun adakalanya membutuhkan waktu sendiri dan orang tua harus bisa memahami hal tersebut. Untuk urusan kamar, tidak ada salahnya jika Anda membuatkan dua ruangan agar masing-masing anak memiliki privasi sendiri.

Ada banyak model rumah minimalis yang bisa dicontoh untuk membuat kamar bagi anak kembar. Tak perlu terlalu besar, yang penting masing-masing anak bisa memiliki ruangan sendiri saat ia besar nanti.

7. Mengenalkan perbedaan

Mungkin ada anak kembar yang selalu menganggap apa yang didapat saudaranya harus didapatkan olehnya juga. Sesuatu yang dimiliki oleh saudaranya harus dimilikinya juga. Hal tersebut sebaiknya dijelaskan oleh orang tua.

Cara mendidik anak kembar agar tidak selalu menuntut hal yang sama adalah dengan menjelaskan perbedaan. Beri tahu dengan cara yang tepat bahwa tidak semua yang dimiliki salah satu ada pada si kembar yang lainnya. Kebiasaan anak kembar yang ingin selalu sama sebaiknya dikurangi.

Hal tersebut agar si kecil bisa lebih menerima dengan apa yang dimilikinya dan tidak selalu cemburu dengan saudaranya. Mengenalkan perbedaan akan membantu si kembar bisa lebih beradaptasi dan mampu mengembangkan apa yang dimilikinya.

Tentunya, cara mendidik anak kembar perlu memperhatikan lebih banyak hal dalam prakteknya. Apalagi sensitivitas dan perasaan anak kembar terkadang membuat orang tua harus bekerja ekstra keras dalam mendidik anak kembar. Selain 7 poin di atas, kesabaran orang tua juga berperan penting dalam tumbuh kembang anaknya.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed