Cara Mendesain Carport yang Aman Sebagai Pelindung Mobil Anda

desain carport yang ideal - diminimalis.com

Cara mendesain carport yang ideal dibutuhkan beberapa tahapan. Dibandingkan dengan garasi, carport lebih mudah diakses dan dibangun untuk mempermudah meletakkan mobil. Namun untuk mendesainnya kita perlu membuatnya dengan standar keamanaa dan kenyamanan saat menepatkan kendaraan kita.

cara mendesain carport, cara mendesain carport batu alam, standar kemiringan carport
desain carport yang ideal – diminimalis.com

Cara mendesain carport ideal.

Biasanya carport dibangun di depan garasi, samping rumah, atau lintansan entrance rumah. Tujuannya adalah untuk memudahkan aksesibilitas dari mobil tersebut. Lebar minimum carport adalah 2,5 m, lebar ideal mencapai 3 m. Sedangkan jika Anda ingin lebar carport yang benar-benar sesuai dengan mobil, cobalah mengukur langsung lebar mobil tersebut dengan kondisi semua pintu mobil terbuka penuh. Untuk panjang idealnya adalah 5,5-6 m.

Keidealan suatu carport yang pertama dipengaruhi oleh tekstur permukaan lantainya. Usahakan carport mempunyai lantai yang bertekstur kasar agar tidak gampang licin terutama saat basah. Pastikan pula struktur carport cukup kokoh untuk menahan beban mobil yang rata-rata sekitar 2 ton.

cara mendesain carport, cara mendesain carport batu alam, standar kemiringan carport
carport dengan pergola sebagai peneduhnya – diminimalis.com

Sedangkan syarat yang selanjutnya yakni area yang dipakai untuk carport, sebaiknya berjenis semi-terbuka. Hal ini dimaksudkan agar bagian dalam carport tahan terhadap perubahan cuaca yang drastis.

Langkah-langkah membuat carport yang ideal:

Galilah tanah yang dipakai untuk carport sedalam 20-30 cm lalu masukkan tanah padas ke dalamnya. Hal ini dimaksudkan untuk memadatkan struktur dari tanah tersebut. Jangan lupa siram tanah dengan sedikit diinjak-injak sehingga semakin kokoh. Tanah padas bisa diganti dengan material bekas beton atau kerikil berukuran kecil-kecil.

Buatlah pondasi sedalam 30 cm yang mengelilingi area carport dengan memakai campuran semen, pasir, dan batu bata. Pondasi akan menahan carport secara maksimal sehingga carport tidak mudah melesak tergeser ke lingkungan di sekitarnya.

Pembuatan lantai carport harus memperhitungkan tingkat kemiringannya sehingga menghasilkan sistem drainase yang baik. Bisa dibilang sistem drainase inilah yang paling mempengaruhi daya tahan carport di rumah Anda. Semakin sedikit air yang menggenangi carport, semakin sedikit pula jamur dan lumut yang bakal tumbuh di sana.

Carport biasanya dibangun lebih tinggi daripada lingkungan di sekitarnya sehingga diperlukan landasan sebagai jembatan. Kemiringan landasan carport yang baik sekitar sepuluh persen, di mana setiap panjang 1 meter maka tinggi bertambah 10 derajat.

Demikian ulasan kami tentang cara mendesain carport yang ideal, Anda juga bisa membaca ulasan kami tentang Aneka jenis bahan pelapis lantai carport minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Lantai carport minimalis dan aneka jenis bahan pelapisnya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.