Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Mencegah Kebakaran yang Hingga Kini Masih Efektif, Apa Saja itu?

Anda perlu memahami cara mencegah kebakaran sebelum semua terlambat - Diminimalius.com

Penyebab terjadinya kebakaran di rumah bisa sangat beragam, mulai dari kompor meleduk, hubungan arus pendek, membuang putung rokok sembarangan, dan masih banyak lagi. Bila dilihat secara sekilas, semua kejadian itu kebanyakan berawal dari kelalaian penghuninya. Maka pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas tentang tema cara mencegah kebakaran di rumah dengan efektif, yang sebaiknya Anda terapkan.

cara mencegah kebakaran, cara menghindari bahaya kebakaran, cara menghindari bahaya kebakaran
Anda perlu memahami cara mencegah kebakaran sebelum semua terlambat – Diminimalius.com

Cara mencegah kebakaran di rumah

Mencegah kosrleting Listrik


Kebanyakan kebakaran listrik bersumber dari sistem pemasangan listrik yang salah atau perawatan sistem kelistrikan yang buruk. Untuk mencegah kebakaran listrik, pastikan bahwa semua pekerjaan kelistrikan dilakukan sesuai standar biro teknik listrik resmi. Juga pastikan agar sistem kelistrikan bersih dari debu, sampah dan sarang laba-laba.

Ganti kabel listrik yang rusak dan retak dan gunakan sambungan kabel hanya untuk pengkabelan yang sifatnya sementara saja.Hubungi tukang listrik yang mahir jika Anda memiliki masalah dengan fuse yang turun atau sesuatu yang berbau terbakar pada alat listrik Anda. Ini merupakan langkah mudah mencegah agar lonjakan daya agar tidak mengakibatkan korsleting.

Bijak Gunakan Alat Elektronik

cara memadamkan kebakaran, prinsip memadamkan api, cara memadamkan api listrik
Listrik korslet dapat mengakibatkan kebakaran yang besar – Diminimalis.com

Menggunakan peralatan listrik sudah semestinya dilakukan dengan benar dan tepat. Hindari untuk menggunakan peralatan listrik yang melebihi kapasitas meter listrik di rumah Anda. Jangan lupa untuk rutin dan terbiasa mematikan peralatan listrik yang sudah tidak digunakan lagi. Selain mencegah percikan api yang timbul akibat arus listrik yang bermasalah, kebiasaan tersebut tentu akan menghemat tagihan listrik Anda.

Hindari Anak-Anak Dari Korek Api

Anak sangat menyukai hal baru yang mereka temui. Maka sebisa mungkin sembunyikan korek api dari anak-anak. Karena bila terdapat korek atau pemantik api di dekat mereka, bisa saja mereka akan memainkannya. Apabila Anda lengah mengawasi, korek api yang mereka nyalakan bisa mengenai benda-benda disekitarnya dan api bisa menjalar kemana-mana.

Sediakan Fire Extinguisher (tabung pemadam kebakaran)

Fire extinguisher tak hanya dibutuhkan untuk area publik saja, sebaiknya Anda juga memilikinya di rumah. Hal ini bisa mengantisipasi dan meminimalisir kebakaran besar yang terjadi di tempat tinggal Anda. Letakan alat kebakaran tersebut di dekat sumber api, seperti di area dapur agar yang rawan akan kebakaran.

Hal yang tak kalah penting ialah memeriksa keadaan alat tersebut berfungsi dengan baik. Akan fatal akibatnya, bila pada saat-saat krusial untuk menggunakannya, alat tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik. Perhatikan tanggal kadaluarsa alat tersebut dan ganti tabungnya bila sudah timbul karat.

Bijak menggunakan tabung dan kompor gas

Jangan menyolok bibir tabung gas menggunakan pisau saat membuka segelnya. Karena ini akan membuat tabung gas mudah bocor. Selain itu jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.

Gunakan bahan bangunan rumah yang tahan api

Pemilihan bahan bangunan rumah, sangat erat hubunganya dengan pencegahan kebakaran rumah. Karena jika bahan yang kita pilih tahan terhadap api, tentu akan menghambat pertumbuhan api saat terjadi kebakaran.

Demikian ulasan kami tentang cara mencegah rumah dari kebakaran. Semoga tips di atas dapat melindungi Anda dan keluarga dari resiko kebakaran di rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.