Tips Cara Mencari ART yang Ideal dan Profesional

Diperlukan cara yang tepat untuk mencari ART ideal - Diminimalis.com

Di zaman modern ini kebutuhan akan tenaga ART atau Asisten Rumah Tangga memang sudah tak terelakkan lagi. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar dengan tingkat kesibukan kerja yang begitu tinggi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas untuk Anda, terkait cara mencari ART yang ideal.
Mencari seorang ART yang tepat bukanlah perkara gampang. Tak hanya mutlak soal kepercayaan saja, perilaku serta latar belakang keluarganya harus Anda ketahui, guna mengenal sosok orang yang akan menjadi bagian dalam kehidupan rumah tangga Anda ini.

Sekarang ini banyak sekali pemberitaan tentang kasus kejahatan/kriminal yang dilakukan oleh asisten rumah tangga, baik yang beredar di media sosial (internet) ataupun di televisi. Ketakutan akan terjadinya hal yang sama seperti yang terjadi dalam pemberitaan pasti muncul dalam benak Anda.

Lantas, bagaimana cara mencari ART yang tepat dan sesuai dengan harapan? tentu saja Anda perlu memilih ART yang jujur, rajin, amanah, disiplin dan dapat menjaga rahasia keluarga Anda? Tenang, kali ini kami akan membagikan beberapa cara tepat mencari ART yang bisa anda terapkan.

Cara Mencari ART, Cara Tepat Mencari ART, cari pembantu, cari pembantu dari kampung, susahnya cari pembantu rumah tangga, Daftar Pekerjaan ART, contoh jadual kerja pembantu rumah, contoh jadwal kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga, peraturan pembantu rumah tangga, contoh jadwal membersihkan rumah, cara cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jadwal rutinitas ibu rumah tangga, kategori pekerjaan
Diperlukan cara yang tepat untuk mencari ART ideal – Diminimalis.com

Cara Mencari ART yang Ideal

1. Cari melalui orang terdekat

Cara mencari ART yang pertama adalah melalui orang terdekat. Sebaiknya Anda meminta rekomendasi asisten rumah tangga yang dikenal oleh orang orang terdekat Anda, seperti orang tua, keluarga, teman baik maupun tetangga.

Namun jika Anda hanya meminta rekomendasi dari orang terdekat, Anda mungkin tidak mengetahui secara pasti bagaimana pengalaman kerjanya. Ditambah lagi jika terjadi sesuatu, Anda pasti akan menyalahkan orang yang memberikan rekomendasi. Hal ini jangan sampai terjadi pada Anda. Walaupun Anda sudah mendapat rekomendasi, Anda tetap harus jeli memilih asisten rumah tangga.

Lebih baik lagi jika Anda memilih asisten rumah tangga dari lingkungan tempat tinggal Anda sendiri yang sudah Anda ketahui identitas, latar belakang, sifat dan prilakunya.

2. Cari melalui agen penyalur atau yayasan yang terpercaya

Agar tidak ketergantungan dengan pembantu Agar tidak ketergantungan dengan art mandiri tanpa pembantu tips bila pembantu mudik
Agar mendapat ART terpercaya, Anda perlu mencari melalui agen terpercaya pula – Diminimalis.com

Kalau Bila Anda tidak memiliki kepercayaan terhadap orang yang sudah direkomendasikan oleh orang orang terdekat Anda, maka Anda bisa mencoba mencari melalui agen penyalur tenaga kerja resmi dan terpercaya. Biasanya, asisten rumah tangga yang disediakan oleh agen penyalur resmi akan lebih professional karena sudah mendapat pelatihan khusus.

Periksa juga pengalaman kerjanya sebagai ART dan berapa lama orang tersebut mampu bertahan dalam sebuah keluarga yang menjadi tempatnya bekerja.

3. Ketahui identitas serta latar belakang keluarganya

Anda akan mempekerjakan seseorang yang pastinya belum Anda kenal asal usulnya. Sebelum bekerja sama, Anda harus mengetahui identitas lengkap calon asisten rumah tangga yang akan Anda pilih, seperti namanya dan tempat tinggalnya. Bila perlu datanglah ke rumahnya untuk memastikan apakah informasi yang Anda terima tentang identitasnya memanglah benar.

Selidiki lebih lanjut tentang latar belakang keluarganya, apakah orang tersebut berasal dari keluarga baik baik atau dari keluarga yang pernah memiliki riwayat kriminal. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan Anda terhadap orang tersebut.

Bila calon asisten rumah tangga yang ingin Anda pilih berasal dari luar daerah atau luar kota, maka Anda bisa mencari tau informasi mengenai seluk beluk kehidupannya, melalui orang orang yang sudah kenal atau dekat dengannya.

4. Perhatikan usianya

Usia memang tidak memberi jaminan apakah seseorang tersebut memiliki pengalaman yang banyak. Namun alangkah baiknya jika Anda memilih orang dengan usia yang cukup matang, tidak terlalu muda atau terlalu tua.

Seseorang dengan usia yang muda mungkin akan memiliki emosi yang labil dan cenderung tidak berpikir panjang sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu.

Sedangkan seseorang dengan usia yang sudah tua akan membuat Anda merasa sungkan untuk menegurnya saat ART tersebut berbuat salah. Ditambah lagi persoalan tenaga yang pastinya tidak sebanyak dan sekuat orang yang lebih muda.

Sebaiknya pilihlah calon ART yang usianya tidak terlalu muda dan tidak pula terlalu tua. Pilihlah orang dengan usia yang masih produktif agar pekerjaan yang Anda berikan tidak berat untuknya dan juga pilihlah yang sudah berpengalaman bekerja sebagai ART.

5. Beri masa percobaan

Jangan langsung memutuskan untuk mempekerjakan seseorang yang belum Anda percayai. Berikanlah masa percobaan minimal 2 bulan untuk melihat bagaimana kinerja dan sikap professionalismenya dalam mengerjakan pekerjaan yang Anda berikan.

6. Kenali sifat dan sikapnya

Selama masa percobaan, Anda harus sering mengamati bagaimana sifat asli baik dan buruknya dengan cara sering berkomunikasi. Periksa apakah orang tersebut mempunyai sifat pemarah, penggosip atau yang lainnya. Jangan lupa juga untuk mengamati sikap dan prilakunya terhadap Anda dan keluarga Anda, apakah orang tersebut memiliki prilaku yang sopan santun yang Anda harapkan.

7. Deskripsikan pekerjaan

Daftar Pekerjaan ART, contoh jadual kerja pembantu rumah, contoh jadwal kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga, peraturan pembantu rumah tangga, contoh jadwal membersihkan rumah, cara cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jadwal rutinitas ibu rumah tangga, kategori pekerjaan
Sampaikan deskripsi pekerjaan utam ART Anda sebelum mulai bekerja di rumah Anda – Diminimalis.com

Jangan pernah mengharap asisten rumah tangga untuk peka dengan sendirinya mengenai apa yang harus dilakukan dan dikerjakan.

Berilah daftar pekerjaan ART Anda dan sesuaikan dengan gaji yang bisa Anda berikan. Beri tau juga mengenai apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan selama bekerja di rumah Anda.

8. Negosiasi mengenai gaji

Kalau Anda sudah menjatuhkan pilihan asisten rumah tangga atau ART yang akan bekerja dengan Anda, maka sebelum itu bernegosiasilah mengenai gaji. Berikan penawaran gaji yang tepat dengan pekerjaan dikerjakan. Jangan sampai Anda memberikan gaji yang tak berperikemanusiaan.

Dengarkan juga pendapat calon ART mengenai usulan gaji yang Anda tawarkan. Kalau mereka meminta gaji yang lebih, maka pertimbangkanlah semuanya secara matang.

Itulah beberapa tips tentang cara tepat mencari ART atau Asisten Rumah Tangga yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat.(ka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.