Cara Menata Ruang TV dengan Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Estetika

Ruang tv dengan penataan yang sangat nyaman - Diminimalis.com

Keberadaan TV memang penting untuk dihadirkan pada salah satu ruangan rumah minimalis kita. Adanya TV membuat kita bisa menghabiskan waktu bersama sambil bersantai menonton acara favorit. Namun untuk menempatkan TV di rumah tidak boleh asal-asalan. Anda perlu memahami cara menata ruang TV dengan benar, dengan memeprtimbangkan aspek estetika dan kesehatan.

Selama beberapa tahun terakhir, televisi telah mengalami evolusi yang nyata. Dulunya yang bentuknya tabung dan berat, sekarang sudah bertransformasi menjadi benda tipis dan ringan. Meski TV dengan model tabung masih beredar, namun lama-lama kesistensinya akan kalah dengan TV slim.

cara menata ruang tv, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tv kecil, ruang tv minimalis modern, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, desain ruang tv sempit, ruang makan sekaligus ruang keluarga,
Ruang tv dengan penataan yang sangat nyaman – Diminimalis.com

Cara menata ruang TV

Selain menata ruang tamu di rumah, ruang TV memang sebaiknya tetap diprioritaskan untuk ditata dengan baik. Meski interior tersebut bersivat pribadi, namun aspek kenyamanan dan estetika tetap perlu diperhatikan. Di bawah ini kami telah merangkum berbagai cara menata ruang TV dengan memperhatikan aspek kesehatan, kenayaman dan estetika. Simak lebih jelasnya pada pembahasan berikut ini.

1. Perhatikan Pencahayaan

Anda perlu mengatur cahaya di ruangan yang menjadi lokasi favorit menonton tv. Atur pencahayaan pada layar TV Anda dan pastikan lampu di ruangan dalam keadaan menyala sebagai penyeimbang cahaya. Ruangan yang gelap membuat pupil mata pada buah hati Anda akan bekerja terlalu keras.

Tips Menonton TV, Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
Perhatikan pencahayaan ruangan, untuk menghindari dampak negatif bagi kesehatan mata – diminimalis.com

2. Mengatur jarak pandang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda perlu memperhatikan jarak pandang anak ke layar TV karena akan mempengaruhi penglihatan. Anak yang terbiasa menonton tv dalam jarak pandang yang dekat akan mengakibatkan kerusakan mata secara permanen. Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan ukuran 5x lebar diagonal layar TV. Sebagai contoh diagonal layar TV adalah 21 inch maka Anda tinggal mengalikan 5 x 21 inch yang hasilnya 105 inch dengan jarak pandang yang baik 5 meter.Mengatur pencahayaan ruangan

3. Selektif Dalam Memilih Tempat Duduk

Trik mendekorasi ruang TV minimalis yang serba ideal juga tidak lepas dari furnitur utama berupa tempat duduk saat menonton. Bagi Anda yang memang mau memilih furnitur berupa sofa atau kursi empuk, kenyamanan adalah unsur utama yang harus diperhatikan saat memilih tempat duduk. Jadi, pilih sofa duduk yang rendah dan lapang supaya mudah dihias dengan aksesoris seperti bantal-bantal berbagai ukuran hingga selimut untuk bersantai bersama keluarga.

4. Pilih TV Berkualitas Baik

Kualitas TV yang baik juga pasti akan memiliki estetika dan bodi yang berbeda dengan TV kebanyakan. Berhubung ruang TV minimalis umumnya tidak akan lagi didekorasi dengan pernak-pernik atau aksesoris ruangan yang berlebihan, jadikan unit televisi sebagai fokus utama yang bisa dibanggakan di ruang TV minimalis Anda.

5. Pilih program TV edukatif untuk keluarga

Ragam program TV edukatif ini bukannya tak ada, namun sudah makin jarang ditemukan. Akan sangat riskan apabila tontonan yang salah merubah karakter seseorang, apalagi anak-anak yang belum dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Pengawasan orangtua terutama sangat diperlukan agar anak bisa mendapat konsumsi tayangan yang berbobot dan sesuai usianya.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa stasiun TV yang secara konsisten menayangkan tayangan dengan muatan pendidikan serta ramah anak. Nilai edukasinya terutama adalah dalam hal menambah wawasan terkait pengetahuan umum. Berikut adalah aneka acara TV yang mendidik anak supaya semakin cerdas.

6. Tak ada salahnya menggunakan konsep ruang TV lesehan

Semua orang memang bebas memilih apakah akan menggunakan konsep ruang tv dengan sofa atau konsep ruang tv lesehan. Namun untu pemilihan konsep lesehan, terdapat sejumlah keunggulan seperti pemanfaatan ruang yang lebih mudah, perlengkapan ruang tv yang cenderung lebih murah, dan juga suasana hangat yang lebih terasa. Lesehan tidak selalu identik dengan kesederhanaan dan tradisional. Terlebih lagi jika memilih konsep ruang tv lesehan minimalis karena gaya ruang tv ini akan membuat rumah tetap terlihat menarik dan modern.an Petir, apa saja caranya?

7. Penggunaan karpet yang eyecatching

Ruang tv lesehan yang modern dan menarik bisa juga hanya dengan memperhatikan karpet yang eyecathing. Jika biasanya karpet bukan pemain utama dalam hal mewujudkan ruang lesehan tv yang menarik, namun gaya yang satu ini justru mengedepankan pemilihan karpet yang menarik perhatian mata dengan motif dan warnaya. Jangan lupa, jika Anda ingin menggunakan karpet sebagai hal utama daya tarik ruang tv Anda, maka pilihlah yang benar-benar lembut dan membuat nyaman.

8. Lebih baik Hindari Menonton TV saat Hujan

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Menonton TV saat hujan, berpotensi TV tersambar petir – Diminimalis.com

Saat hujan turun, tidak jarang ada petir yang juga turut menyertainya. Petir inilah yang menjadi permasalahan utama ketika menonton TV. Perangkat TV di rumah biasanya dilengkapi dengan antena untuk memperoleh sinyal dari saluran TV. Antena ini umumnya dipasang di luar rumah dengan posisi yang tinggi supaya bisa mendapatkan sinyal dengan lebih kuat.

Antena luar ini bisa menimbulkan bahaya ketika terjadi hujan disertai petir. Anda perlu mengetahui beberapa cara-cara aman menonton tv ketika hujan supaya dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Petir saat hujan sangat berbahaya apabila menyambar antena TV. Antena TV bisa dengan mudah tersambar {tersembar} petir jika posisinya dipasang terlalu tinggi di atas rumah. Semakin tinggi posisinya, akan semakin mungkin jika antena Anda menjadi objek sambaran petir.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang TV ideal pada rumah minimalis. Semoga artikel kami di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin memaksimalkan ruang TV untuk meningkatkan quality time bersama keluarga. Pastikan pertimbangkan aspek kesehatan, kenyamanan dan estetikan saat Anda menata ruang TV tersebut. Semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.