oleh

Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang dengan Konsep Minimalis

Rumah adalah tempat kita untuk bisa merasakan ketenangan dan juga menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Adanya desain ruangan yang ada di dalam rumah, membuat suasana rumah juga menjadi berbeda. Salah satu yang terpenting dari banyak ruangan di rumah, yang harus didesain sedemikian rupa adalah ruang tamu. Ini merupakan sebuah bagian krusial mengingat ruang tamu memiliki beberapa macam bentuk, tergantung dari kondisi rumah itu sendiri. Cara menata ruang tamu yang memanjang bisa Anda pelajari dalam artikel berikut ini.

Anda mempunyai rumah ukuran minimalis, tapi bentuknya memanjang? Jangan khawatir, dengan berbagai cara menata ruang tamu yang memanjang maka akan mempercantik ruangan tersebut. Alhasil, nantinya Anda tidak akan malu jika ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang luas, desain interior untuk ruangan memanjang, menata ruang tamu sederhana, cara menata rumah panjang, cara menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur
Diperlukan penataan furniture yang tepat, untuk model ruang tamu memanjang – Diminimalis.com

Menata ruang tamu yang memanjang tentu saja akan lebih sulit dibandingkan dengan cara menata ruang tamu yang luas. Ruang tamu yang memanjang didesain sedemikian rupa agar ruang tamu tersebut tidak terlihat sempit dan sesak. Tapi diusahakan pula jika berbagai furniture yang ada di ruang tamu yang berbentu panjang, tidak mempersempit ruangan.

Desain interior pada rumah yang berbentuk panjang terutama bagian depannya, harus dilakukan dengan sebagus mungkin agar tidak terlihat monoton. Orang-orang kadang yang memiliki ruangan seperti itu, sering merasa bingung untuk mendesainnya. Apalagi biasanya mereka tidak memiliki wawasan yang luas soal desain rumah. Untuk itu, berikut cara mendesain ruang tamu persegi panjang yang tepat:

1. Furniture yang terlalu banyak nantinya akan berdampak buruk pada hasil desain untuk ruang tamu yang memanjang. Maka dari itu, untuk menghindari adanya penyempitan ruang tamu, Anda hanya memerlukan sofa yang memanjang dan cukup satu saja.

2. Pilihlah warna sofa yang sesuai dengan warna tembok atau bisa juga yang warnanya disesuaikan dengan warna ruang tamu tersebut. Warna krem dan abu-abu adalah warna yang cenderung cocok untuk segala warna cat di ruangan.

3. Ruangan yang memanjang memang cenderung sempit. Oleh karena itu, agar ruang tamu Anda bisa terlihat luas, jangan lupa untuk memberikan karpet pada ruang tamu. Selain melindungi lantai, karpet juga nyaman untuk pijakan kaki. Karpet yang menutup seluruh lantai ruang tamu yang memanjang akan terlihat cocok dan ruang tamu terlihat lebih luas.

menata ruang tamu sederhana cara menata ruang keluarga menata ruang tamu pintu tengah cara menata ruang tamu yang luas menata ruang tamu tanpa kursi cara menata ruang tamu sederhana cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga cara menata ruang tamu yang memanjang ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Ruang tamu akan nampak elegan, dengan penyesuaian furniture dengan warna interior – Diminimalis.com

4. Masih membahas seputar furniture, meja adalah hal penting yang harus ada di ruang tamu. Pastikan Anda memilih meja yang tidak terlalu besar. Meja kopi sangat pas jika ditaruh di ruang tamu yang memanjang. Anda bisa memilih meja kopi dengan desain yang artistik sehingga meja tersebut menjadi pusat perhatian meski Anda sendiri tidak menggunakan meja itu untuk meracik kopi.

Keempat poin tersebut sebenarnya adalah hal yang yang paling inti jika Anda mempunyai ruang tamu dengan bentuk yang memanjang. Rumah sekarang memang rata-rata bentuknya modern, namun ukurannya minimalis. Tidak heran jika beberapa orang memilih untuk membuat rumah dengan desain yang memanjang untuk meminimalisir pembangunan.

Sebagai konsekuensinya, ruang tamu yang memanjang juga sering digunakan sebagai ruang keluarga. Kasus seperti ini juga butuh kreativitas agar ruangan bisa terlihat luas dan tidak berantakan meski memiliki dua fungsi yang berbeda. Cara menata ruang tamu yang menyatu ruang keluarga sebenarnya tidak terlalu sulit asal tahu caranya.

Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang dengan Dekorasi Dinding

Tidak masalah jika Anda memiliki ruang tamu memanjang yang juga difungsikan sebagai ruang keluarga. Justru ada banyak hal yang bisa Anda kreasikan agar satu ruangan tersebut bisa tetap nyaman untuk menerima tamu dan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga secara bersamaan.

Jika ruang keluarga dilengkapi dengan televise, kami sarankan untuk membeli LED TV yang ramping dan dibuat khusus untuk rumah minimalis. TV ini bisa ditempelkan pada tembok untuk menutup tembok yang kosong. Jika diletakkan di tengah tembok, tambahkan 2 bingkai foto kecil yang mengapit televise tersebut.
Selanjutnya, agar ruang ruang tamu yang memanjang tersebut terlihat lebih luas, Anda juga harus menambahkan sedikit bumbu-bumbu dekorasi pada dinding dengan kreatif agar suasana ruang tamu menjadi lebih hidup. Berikut beberapa ide untuk menata ruang tamu yang sempit:

 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang luas, desain interior untuk ruangan memanjang, menata ruang tamu sederhana, cara menata rumah panjang, cara menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur
Ruang tamu yang memanjang sebaiknya diberikan banyak aksesoris hiasan dinding – Diminimalis.com

1. Aksen dinding dibuat berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Banyak rumah yang kini menggunakan aksen dinding seperti itu. Aksen dinding dengan warna yang berbeda di tiap sisinya memang memberikan suasana ruangan menjadi lebih hidup dan tidak monoton.

2. Kalau tidak mengecat warna dengan aksen yang berbeda, Anda bisa mengkreasikan dinding dengan memberi motif dinding yang cukup unik dengan menggunakan wallpaper dinding.

3. Berikanlah rak tempel pda dinding Anda yang warnanya senada dengan tembok atau bisa juga warna lain yang cocok dengan warna tembok. Rak mini tersebut nantinya bukan untuk menyimpan barang, melainkan dekorasi untuk ditambahkan sesuatu di atasnya.

4. Cara menata ruang tamu yang memanjang selanjutnya agar terlihat bagus adalah dengan menambahkan jendela yang cukup besar. Ruang tamu identik dengan kekakuan karena biasanya membicarakan hal penting. Agar tidak bosan, jendela besar bisa menyuguhkan panorama dari dalam rumah sehingga Anda dan tamu yang sedang duduk merasa lebih rileks.

5. Anda bingung untuk memilih warna dinding ruang tamu? Mengecat ruang tamu dengan warna serba putih adalah cara terbaik, ruangan tersebut juga terlihat lebih elegan.

Semua tips-tips di atas bisa Anda terapkan agar bisa mensiasati cara menata ruang tamu yang memanjang agar bisa terlihat luas dan nyaman. Selain menerapkan tips di atas, ada baiknya juga Anda untuk memahami cara mendesain ruang tamu sederhana, menjadi nampak istimewa dengan cara yang mudah.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.