oleh

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Agar Terlihat lebih Luas dan Nyaman

Rumah di perkotaan umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar karena terbatasnya lahan untuk perumahan. Ukuran rumah yang tidak luas pun berdampak pada ukuran ruangan-ruangan di dalamnya yang juga dibuat tidak terlalu besar. Meskipun ukurannya tidak luas, umumnya rumah dibuat dengan memisahkan antar ruangannya secara jelas. Kali ini akan dibahas mengenai cara menata ruang tamu ukuran 3×3 agar terlihat luas.

Perlu pertimbangan khusus pada cara menata ruang tamu ukuran 3×3. Ruang tamu dengan ukuran tersebut bisa dibilang tidak luas namun tidak pula terlalu sempit. Ukuran ini sangat wajar dijumpai pada rumah-rumah yang berada di lokasi perumahan di perkotaan. Ukuran ruang tamu yang tak terlalu luas bisa disiasati dengan pemilihan desain ruangan yang tepat.

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tamu ukuran 4x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, interior ruang tamu minimalis modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa, desain ruang tamu minimalis type 36, cara menata ruang tamu dan dapu
Contoh ruang tamu 3×3 yg sangat menginspirasi – Diminimalis.com

Ruang Tamu Sempit Dapat Diatasi dengan Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3×3 Ini

Anda pasti sudah tidak asing dengan desain rumah minimalis yang banyak dijumpai di Indonesia. Nah, desain interior ruang tamu minimalis modern ini sangat cocok diterapkan untuk membuat ruangan tamu Anda tetap terlihat luas dan cantik. Ada trik-trik tertentu yang bisa Anda terapkan untuk menciptakandesain ruang tamu kecil agar tetap terlihat luas, diantaranya:

– Pemilihan warna yang pas
Permainan warna memberikan efek yang cukup nyata pada kesan keseluruhan ruangan. Warna-warna cerah bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas. Anda bisa menggunakan warna cerah dengan nuansa pastel seperti cokelat muda, hijau muda, kuning muda, biru muda, putih tulang ataupun warna-warna cerah lainnya. Warna-warna pastel dapat memberikan kesan ruangan yang lebih tenang dan nyaman.

Warna-warna cerah bisa memberi kesan ruangan lebih ceria sedangkan warna netral memberi kesan ruangan yang lebih hangat. Anda bisa menggunakan satu warna untuk semua sisi dinding ataupun mengkombinasikannya dengan warna lain yang senada. Penggunaan kombinasi warna lain di salah satu sisi dinding akan memberikan kesan lebih manis pada ruangan.

Penataan dan pemilihan furnitur

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tamu ukuran 4x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, interior ruang tamu minimalis modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa, desain ruang tamu minimalis type 36, cara menata ruang tamu dan dapu
ruang tamu 3×3 dengan penataan furniture yang pas – Diminimalis.com

Teknik pemilihan dan penataan furnitur di ruang tamu juga sangat berpengaruh terhadap keseluruhan tampilan ruangan. Sebaiknya pilihlah model furnitur yang minimalis atau sederhana. Hindari penggunaan furnitur dengan ukuran besar dan model yang terlalu rumit. Furnitur ini bisa diletakkan dengan bentuk letter L menempel pada dinding untuk memberikan sisa ruang yang lebih lapang untuk pergerakan Anda.

Salah satu furnitur yang perlu dihindari untuk ruang tamu ukuran 3×3 m adalah model furnitur klasik dengan model yang glamour. Penggunan furnitur minimalis selain akan membuat ruangan lebih lapang juga akan memberikan kesan lebih modern, rapi dan elegan. Sementara itu penggunaan model klasik akan membuat ruangan terlihat penuh dan sempit.

– Pasang cermin di salah satu sisi dinding

Cara Menata Ruang Tamu Ukuran 3x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 3x4, desain ruang tamu ukuran 2x2, desain ruang tamu ukuran 4x3, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, interior ruang tamu minimalis modern, desain ruang tamu minimalis tanpa sofa, desain ruang tamu minimalis type 36, cara menata ruang tamu dan dapur
ruang tamu 3×3 dengan ornamen cermin pada salah satu dindingnya – Diminimalis.com

Ilusi optik dengan memasang cermin di salah satu dinding ruang tamu bisa menjadi trik jitu cara menata ruang tamu ukuran 3×3 agar terlihat lebih lapang. Pantulan bayangan pada cermin akan membuat seolah-olah ruang tamu Anda berukuran 2 kali lipat lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Ukuran cermin pun sebaiknya dibuat cukup besar agar pantulan ruangan yang tercipta juga semakin luas.

– Pengaturan pencahayaan
Pencahayaan ruangan memainkan peran yang penting untuk membuat tampilan ruang terlihat sempit atau luas. Pencahayaan yang tepat dapat mengatasi ruangan sempit tetap terasa nyaman dan tidak sumpek. Berikan akses masuk cahaya yang mencukupi baik dengan jendela, ventilasi, glass block di dinding ataupun sumber pencahayaan lain.

Anda bisa menggunakan jendela sudut dari kaca transparan untuk membuat ruangan terkesan lebih luas dari ukuran asli. Desain ruang tamu minimalis dengan pencahayaan yang cukup akan membuat keindahan ruangan lebih terpancar.

– Hindari penggunaan terlalu banyak ornamen atau hiasan dinding
Jika Anda memiliki ruang tamu berukuran 3×3 sebaiknya biarkan dinding tetap polos tanpa terlalu banyak ornamen hiasan. Anda bisa meletakkan lukisan di salah satu sisi dinding untuk mempercantik ruangan tetapi hindari memasang lebih dari 2 atau 3 bingkai foto maupun gambar yang memenuhi sisi tembok.

Tembok yang penuh terisi hiasan ataupun figura akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sumpek. Kalaupun Anda ingin memajang banyak foto di ruang tamu sebaiknya pasang foto berukuran kecil dan susunlah figura-figura foto tersebut menjadi satu misalnya membentuk sebuah persegi besar di tengah ruangan. Cara ini membuat Anda tetap dapat memajang aneka foto keluarga tanpa memenuhi dinding ruangan.

– Maksimalkan ruang untuk penyimpanan barang
Ruangan dengan luasan tidak seberapa perlu disiasati agar tetap terlihat rapi namun dapat pula berfungsi untuk menyimpan aneka barang di rumah. Di ruang tamu biasanya Anda memerlukan ruang untuk menyimpan majalah, pajangan ataupun ornamen penghias lain.

Anda bisa memaksimalkan ruang dengan membuat laci-laci pada meja tamu agar barang-barang tersimpan rapi dan tidak berserakan. Selain itu, jika Anda ingin meletakkan pajangan ataupun foto, Anda bisa menggunakan floating shelf agar ruang tetap rapi dan cantik.

– Pemilihan gorden
Pemilihan ornamen pelengkap seperti gorden juga turut andil dalam menciptakan kesan ruangan. Agar ruang tamu ukuran 3×3 m tetap terlihat luas, gunakan gorden minimalis dengan warna senada dengan dinding.
Hindari penggunaan gorden model klasik dengan banyak lekukan dan kain yang menjuntai-juntai. Desain gorden yang terlalu rumit dan mewah hanya akan membuat ruangan yang sempit terasa makin sempit.

Poin-poin tadi bisa Anda dilakukan sebagai cara menata ruang tamu ukuran 3×3 m supaya tetap terasa lapang dan nyaman. Menata ruang tamu sebaik mungkin dengan cara sederhana dapat memberikan kesan yang baik kepada tamu-tamu Anda serta memberikan kenyamanan pada tamu yang berkunjung. Trik-trik ini juga bisa Anda terapkan untuk membuat desain ruang tamu ukuran 2×3 ataupun ukuran lain yang juga tidak terlalu besar. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed