Cara Menata Ruang Tamu Sederhana Agar Terlihat Mewah dengan Budget Murah

Salah satu kriteria rumah minimalis ideal adalah tidak ribet dirapikan dan ditata sesuai keinginan penghuninya. Seluruh ruang sebaiknya memang bisa dikondisikan demikian, salah satunya yang paling utama adalah ruang tamu. Ruang tamu merupakan interior yang penataannya harus kita perhatikan dengan benar, karena bisa dibilang bahwa ruangan ini adalah pertaruhan bagi penghuninya. Kepribadian si empunya rumah, secara tersirat akan nampak dari tampilan ruang tamu yang nantinya akan dinilai tamu-tamu . Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk  tentang cara menata ruang tamu sederhana tanpa perlu melakukan berbagai hal yang ribet.

Cara menata ruang tamu sederhana tentu diperlukan bagi kita yang saat ini membutuhkan berbagai keprkatisan saat merapikan rumah. Hal yang sering jadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat ruang tamu yang kecil namun terasa ruangan yang luas? Apa saja furnitur yang harus ada? Bagaimana dengan penempatannya?

cara menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang luas, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang keluarga sederhana, cara menata ruang tamu ukuran 3x3
Ruang tamu sederhana dengan penataan yang elegan – Diminimalis.com

Ok, di bawah ini kami telah merangkum berbagai tahapan untuk menata ruang tamu sederhana yang bisa  lakukan di rumah minimalis .

Cara menata ruang tamu sederhana tanpa ribet

1. Menyesuaikan Ukuran Ruangan 

Jika ruang untuk tamu di rumah  berukuran luas, cara menata ruang tamu yang luas bisa lebih fleksibel dibandingkan ruangan yang kurang luas. Hal ini karena  bisa menempatkan setiap furniture yang ada di dalamnya lebih bebas, bahkan bisa diubah-ubah sesuai keinginan pemiliknya.

2. Menentukan Konsep Ruang yang Digunakan 

ruang tamu tanpa kursi, desain ruang keluarga lesehan sempit, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur, ruang tamu lesehan ala arab, ruang tamu lesehan ala jepang, cara menata ruang tamu yang sempit, desain ruang keluarga terbuka, ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Ruang tamu tanpa kursi pada interior bergaya Jepang – Diminimalis.com

Ini dia langkah awal dalam membuat ruang tamu dengan budget minim.  harus menentukan desain interiornya, berapa ukurannya, perabotan apa yang akan  pilih dan bagaimana tata letak furniture.Dengan rencana mendetail, maka pengeluaran  bisa di optimalkan dan tanpa takut membengkak.

Pastikan  tetap memeperhatikan kriteria konsep interior rumah minimalis. Cara menata ruang tamu dengan menerapkan konsep modern minimalis ini akan membuat ruang tamu di rumah  menjadi lebih nyaman namun tidak berlebihan.

Menentukan Warna Cat Dinding

Setelah menentukan konsep ruang yang akan digunakan, kini saatnya  memilih warna cat yang sesuai dengan konsep ruang tamu . Memilih warna cat ataupun wallpaper yang sesuai adalah salah satu cara menata ruang tamu yang paling dasar. Sebelum menentukan tata letak barang-barang di dalamnya, warna cat ruangan akan terlebih dahulu menentukan kesan tampilan yang ingin ditampilkan pada ruangan tersebut.

Bila Ruang tamu  memiliki ukuran 3×3

Menambahkan Cermin Besar untuk Membuat Ruangan Tampak luas 

Jika ruang tamu  memiliki ukuran yang kecil, hal ini bisa disiasati dengan memberikan cermin besar di beberapa titik di ruang tamu. Misalnya jika ruangan  berukuran 3×3 m. Cara menata ruang tamu ukuran 3×3” dengan menambahkan cermin di beberapa sisi adalah pilihan yang tepat untuk ruangan yang sempit.  Hal ini akan membuat ruang tamu yang sempit bisa terkesan lebih luas.

Lebih Kreatif Dalam Pemilihan Furnitur

Furniture Jati Jepara, furniture jati jepara asli, mebel jati jepara minimalis, mebel jepara minimalis, mebel jepara murah, daftar harga mebel jepara, mebel jati jepara penipuan, katalog mebel jepara, mebel jati jakarta
Set kursi dengan ukuran pas untuk ruang tamu – Diminimalis.com

Hal selanjutnya yang harus  perhatikan untuk ruang keluarga di rumah minimalis adalah pemilihan furnitur. Karena ruangan  terbatas, maka usahakan untuk memilih furnitur yang memiliki banyak fungsi sekaligus.

Jangan lupa untuk memilih kursi atau sofa yang tepat dengan desain ruang tamu . Kursi dan sofa adalah furniture yang wajib ada di ruang tamu. Oleh karena itu  harus memilih kedua benda ini dengan tepat. Jika tidak menggunakan kursi  bisa menggunakan cara menata ruang tamu tanpa kursi. Cara ini bisa dengan menambahkan karpet yang bisa digunakan untuk duduk.

Berikan furniture multifungsi

bisa menempatkan sofa bed pada ruang tamu . Sofa bed adalah sofa kecil yang bisa ditarik menjadi tempat tidur. Selain digunakan untuk duduk, sofa ini juga bisa menjadi tempat tidur bagi tamu  yang datang. Sofa bed ini bisa disesuaikan dengan meja apa saja, asalkan peletakan meja tersbut berada di tengah ruangan.

Pilih Cat yang memberikan kesan luas

Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih cat untuk ruang tamu. Gunakan cat dinding sesuai selera , khususnya yang berwarna cerah. Sangat disarankan supaya  memilih cat berwarna cerah karena akan membuat ilusi ruangan sempit menjadi terlihat cukup luas.

Hal ini bisa terjadi karena warna cerah pada umumnya akan memantulkan sinar matahari sehingga ruangan akan terkesan lebih terbuka dan luas. Warna cat yang bisa  pilih seperti krem, putih dan perpaduan antara hijau dengan biru. Selain memainkan warna dinding,  bisa memberikan nuansa luas, dengan memasang wallpaper pemngan alam di ruang tamu .

Membeli Barang Bekas

Jika budget  benar-benar minim namun furniture di dalam ruang tamu  ingin komplit. Maka alternatif terbaiknya yaitu membeli barang bekas. Jangan menyepelekan barang bekas, di sana biasanya masih banyak furnitur-furnitur bagus. Cukup memolesnya sedikit, maka akan terlihat seperti baru

Bila ruang tamu  luas

Gunakan Penyekat Ruang yang Tepat 

Penyekat antar ruang sangat dibutuhkan jika ruang tamu yang  gunakan menyatu dengan ruang lain. Misalnya ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Memberikan penyekat antar ruang adalah salah satu kunci utama dalam cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Sekat yang dipilih pun bisa bervariasi, bisa menggunakan kaca, gorden, atau furniture tertentu yang bisa menjadi sekat antar kedua ruangan ini.

Demikianlah ulasan kami tentang cara menata ruang tamu sederhana denngan biaya murah tanpa ribet. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi  yang ingin mendekorasi ruang tamu dengan desain sederhana, namun nampak istimewa. Semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.