oleh

Cara Menata Ruang Tamu Persegi Panjang Agar Interior Lebih Efisien

Setiap ruang tamu dalam sebuah hunian perlu sentuhan dan penataan yang tepat. Masing-masing ruang tamu juga perlu konsep tersendiri yang harus disesuaikan dengan berbagai macam hal termasuk bentuk ruangan. Berbicara soal bentuk ruang tamu, terdapat satu bentuk ruang yang seringkali membuat bingung banyak orang untuk menatanya yaitu, bentuk persegi panjang. Tahukah Anda bagaimana cara menata ruang tamu persegi panjang yang benar? Bagaimanakah cara membuat ruang tamu persegi panjang bisa menjadi nyaman dan menarik?

Perlu diketahui, sebenarnya tidak ada yang susah dalam penataan ruang termasuk ruang tamu persegi panjang. Kabar gembira untuk Anda yang sedang mencari tahu cara menata ruang tamu persegi panjang, karena penataannya memang tidak terlalu susah. Namun, bentuk ruang tamu persegi panjang memang perlu perhatian khusus agar tertata rapi, nyaman dan yang terpenting tetap terlihat luas sehingga bisa digunakan untuk menjamu tamu dengan baik. Untuk membuat Anda lebih paham tentang penataan ruang tamu persegi panjang, di sini akan diberikan ulasan lengkapnya.

 Cara Menata Ruang Tamu Persegi Panjang, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang luas, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang keluarga, menata ruang tamu pintu tengah, menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu dan dapur, cara menata ruang tamu ukuran 4x4
Contoh ruang tamu persegi panjang dengan penataan yang elegan – Diminimalis.com

Namun, sebelum berbicara soal cara menata ruang tamu yang memanjang, perlu sekali diketahui tentang pentingnya pemilihan furniture yang tepat. Dalam sebuah ruang tamu umumnya terdapat beberapa furniture wajib seperti sofa atau kursi ruang tamu, meja ruang tamu, dan juga rak atau lemari kecil untuk pajangan, album, dan sebagainya. Jika Anda ingin membuat ruang tamu memanjang menjadi lebih menarik dan luas, pemilihan furniture haruslah tepat. Pilihlah furniture yang tidak terlalu lebar karena bisa menghabiskan luas ruangan Anda.

Inilah Cara Menata Ruang Tamu Persegi Panjang yang Benar

Lalu, apa sajakah yang harus diperhatikan ketika ingin menata ruang tamu sederhana dengan bentuk persegi panjang? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini:

 Cara Menata Ruang Tamu Persegi Panjang, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang luas, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang keluarga, menata ruang tamu pintu tengah, menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang tamu dan dapur, cara menata ruang tamu ukuran 4x4
Maksimalkan ruangan dengan penataan furniture yang tepat – Diminimalis.com

• Memaksimalkan dekorasi ruangan
Cara menata ruang tamu persegi panjang yang pertama adalah dengan memaksimalkan dekorasinya. Jika ruang tamu Anda tidak memiliki luas ruangan yang baik, maka Anda harus memaksimalkan ruangan. Cara terbaik untuk penerapan hal ini adalah dengan menempatkan furniture dekat atau rapat dengan dinding. Dengan cara ini, Anda tidak membuang luas ruang yang sudah sempit dan bisa dimaksimalkan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

Memaksimalkan ruangan ini perlu sekali didukung dengan pemilihan produk furniture yang tepat terutama sofa. Ya, jika Anda masih dalam tahap membangun dan belum membeli sofa maka pilihlah yang tidak terlalu lebar pada bagian tempat duduknya namun dengan bentuk yang besar pada bagian tempat bersandarnya. Trik yang satu ini bisa membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas hanya dengan pemilihan sofa yang tepat.

• Memilih warna-warna cerah
Salah satu cara termudah untuk mengelabuhi pandangan agar ruang tamu terlihat luas adalah dengan pemilihan warna cerah. Pilihlah warna yang cerah untuk dinding baik untuk Anda yang ingin memilih cat atau juga wallpaper. Warna yang cerah akan membuat ruangan terasa lebih lega.

Pemilihan warna cerah ini juga berlaku untuk warna furniture. Berbagai furniture yang disematkan pada ruang tamu sebaiknya terlihat cerah meskipun bisa juga dipadukan dengan sedikit warna gelap agar lebih cantik. Terlebih lagi untuk furniture yang ukurannya besar seperti sofa, perlu sekali diperahtikan pemilihan warnya agar ruang tamu Anda tidak terkesan sempit hanya karena bentuknya memanjang.\

ruang tamu klasik, desain ruang tamu klasik sederhana, desain ruang tamu klasik modern
Berilah cermin cantik pada ruang tamu Anda – Diminimalis.com

• Menyematkan cermin di ruang tamu
Salah satu cara menata ruang tamu persegi panjang berikutnya  adalah dengan menyematkan cermin. Cara ini sudah diketahui sejak lama dan memang terbukti efektif untuk memberikan efek lega dan luas pada ruang tamu yang berukuran sempit termasuk ruang tamu persegi panjang. Pada salah satu sisi dinding ruang tamu Anda, berikan cermin cantik khusus untuk ruang tamu yang kini sangat mudah ditemukan.

Agar semakin terlihat cantik, pilihlah cermin dengan bentuk dasar tegak lurus. Anda bisa memilih cermin dengan bentuk persegi panjang dengan bingkai yang juga berbentuk tegak lurus agar terlihat minimalis dan memang identik dengan konsep modern yang cantik.

• Menyematkan karpet sebagai pusat perhatian
Karpet pada ruang tamu bisa memiliki fungsi sebagai pusat perhatian. Ruang tamu yang berbentuk persegi panjang bisa disematkan karpet yang juga berbentuk persegi panjang sebagai pusat perhatian. Agar ruang tamu terlihat besar dan nyaman, karpet yang digunakan harus memiliki ukuran yang tepat dan letakkan pada titik tengah atau di bawah kursi tamu.

• Pemilihan meja tamu yang tepat
Banyak orang yang akan sangat memperhatikan soal pemilihan sofa namun lupa dengan meja ruang tamu. Padahal, meja ruang tamu jua bisa sangat berpengaruh pada kelegaan dari ruang tamu terlebih lagi ruang tamu persegi panjang. Agar tidak terlalu memakan luas ruangan, pilihlah meja minimalis dengan ukuran kecil.

• Memilih furniture tambahan yang tepat
Cara menata ruang tamu persegi panjang yang terakhir adalah dengan memilih furniture yang tepat. Ruang tamu persegi panjang akan memiliki masalah pada sisi lebarnya. Pada sisi yang sempit, jangan Anda tambahkan furniture yang bisa semakin membuat ruang tamu terasa sempit. Contohnya saja untuk rak buku atau rak album, sebaiknya pilihlah yang bentuknya tegak dan tinggi agar tidak memakan banyak luas ruangan. Bisa juga Anda memilih rak gantung sederhana agar area lantai ruang tamu Anda bisa dimanfaatkan secara maksimal dan tidak terganggu oleh rak sebagai furniture tambahan.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang cara menata ruang tamu persegi panjang. Jika Anda ingin menata ruang tamu persegi panjang dengan baik, lihatlah berbagai contoh desain dan inspirasi penataan ruang tamu yang kini bisa ditemukan dengan mudah diberbagai majalah, website dan juga media sosial. Jangan lupa pahami juga tentang cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa pada rumah minimalis Anda. (an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed