oleh

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur dengan Konsep Minimalis Kekinian

Dunia design interior semakin banyak mengalami perubahan dan inovasi. Salah satu yang paling terlihat adalah gaya minimalis yang kini banyak digunakan oleh pemilik rumah. Konsep rumah ini kerap menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu, seprti ruang tamu dan dapur yang saling berdampingan. Cara menata ruang tamu dan dapur pun harus disesuaikan agar tercipta kesinambungan antara satu ruang dengan ruang lain.

Beberapa dari Anda mungkin masih bertanya, apakah cara menata ruang tamu dan dapur bersamaan tidak akan mengganggu akktivitas? Jawabannya tentu saja tidak jika Anda merencanakan dengan tepat. Bahkan Anda akan memiliki keuntungan lebih jika menggunakan cara ini karena akhirnya terdapat spot baru yang bisa mengumpulkan semua anggota keluarga saat berada di rumah.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Contoh dekorasi ruang tamu yang menyatu dengan dapur – Diminimalis.com

Konsep minimalis tengah menjadi sorotan karena merupakan desain yang mengedepankan kebersihan, simplicity, dan gaya elegan yang tidak membosankan. Apabila dahulu konsep minimalis sering digunakan untuk rumah dengan ruangan yang kecil, namun sekarang konsep ini telah digunakan pula sebagai ‘style living’ dan terbukti telah diadaptasi oleh aneka jenis rumah.

Cara Menata Ruang Tamu Dan Dapur yang Dapat Anda Lakukan Untuk Rumah Anda

Jika Anda ingin menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, tidak ada salahnya untuk mencoba cara di bawah ini. Tentu saja, terdapat beberapa perabotan yang perlu Anda ubah posisinya, atau bahkan Anda ganti dengan yang baru jika memang sangat dibutuhkan.

mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
tambahkan mini bar dengan furniture kursi bar yang cantik di dapur minimalis Anda – diminimalis.com

• Bar
Ide yang pertama tentu saja dengan melepaskan sekat antara dapur dan ruang tamu, dan mengganti sekat tersebut dengan meja a la bar. Meja ini selain dapat digunakan untuk membedakan ruang masak dan tempat duduk ruang tamu, juga dapat Anda fungsikan sebagai tempat sarapan pagi yang super minimalis. Tentunya dengan penambahan meja sebagai sekat tersebut juga memberikan lebih banyak tempat jika ada tamu yang datang ke rumah Anda.

• Double-function Room
Apabila Anda hanya menginginkan satu ruang untuk dijadikan sebagai ruang makan dan ruang tamu, maka tidak ada salahnya untuk mengganti meja makan Anda dengan meja yang lebih catchy untuk tamu keluarga. Anda dapat mengganti meja makan dengan kursi dan meja rotan yang memiliki warna senada dengan dapur Anda. Secara otomatis, meja tersebut nantinya dapat menjadi ruang tamu Anda yang sangat unik.

• Klasik Minimalis
Ide yang selanjutnya adalah konsep minimalis dengan perabotan klasik yang identik dengan warna kayu atau hitam putih serta pastel untuk mengedepankan suasana yang fresh. Anda hanya membutuhkan satu set kursi dengan meja dan diletakkan persis di depan dapur Anda. Tentunya tamu akan lebih leluasa berbincang ketika rumah Anda memiliki konsep klasik yang membuat suasana lebih rileks.

• Scandinavian Mewah
Siapa yang bilang bahwa desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur tidak dapat terlihat mewah? Anda tentu dapat mewujudkannya dengan memilih perabotan yang tepat, seperti salah satunya kitchen set yang berwarna putih tulang disertai dengan sofa panjang yang nyaman. Perpaduan dua perabotan dengan warna senada tersebut akan membuat Anda merasa nyaman dengan interior yang tidak membosankan.

• You Can See
Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan memberikan sekat kaca yang transparan antara ruang tamu atau keluarga dengan ruang dapur Anda. Jangan berikan set meja dan kursi di dapur Anda, cukup meja a la bar saja. Meskipun diberikan sebuah sekat, konsep ini sangatlah minimalis dan seolah menyatu karena ruang tamu dan dapur masih dapat terlihat dengan jelas alias You Can See.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Ruang tamu dan dapur sederhana dengan konsep minimalis – Diminimalis.com

• Konsep Sederhana
Desain dapur dan ruang makan sederhana selanjutya mungkin cocok untuk Anda yang sedang menghemat budget. Anda cukup memberikan tambahan kursi kayu yang ramping di bagian dapur Anda, yang secara otomatis dapat langsung Anda gunakan sebagai tempat berkumpul keluarga.

• Gunakan U-Kitchen Set
Beberapa kitchen set sekarang juga dapat Anda pilih untuk mewujudkan konsep minimalis dalam ruang tamu dan makan. Anda dapat memilih kitchen set yang melengkung membentuk huruf U dan menghadap langsung ke bagian ruang tamu dengan tidak memberikan sekat. Secara otomatis, Anda dapat mewujudkan dua ruangan yang menjadi satu namun tetap terlihat rapi.

• Wall-mounted Chair
Apabila Anda merasa ruang dapur atau makan Anda sudah cukup kecil, maka pilihlah inovasi bangku terbaru yang menempel di dinding untuk mempersempit ruang dalam dapur. Anda tentunya harus menyakan warna dan desain kursi tambahan dengan dapur yang telah Anda buat agar tampil serasi.

Cara menata ruang tamu dan dapur di atas tentu saja dapat Anda pilih yang menurut Anda paling sesuai dan tepat dengan konsep minimalis rumah Anda. Sebagai catatan, jangan sampai perubahan yang telah Anda buat akan mengubah keserasian ruangan lain seperti kamar atau ruang kerja Anda. Pastikan bahwa seluruh ruangan harus memiliki tema yang sama dengan tujuan menjaga konsep minimalis dan juga menambah nilai artistik interior rumah Anda.

Perhatikan Anggaran Interior Ruangan

Beberapa konsep di atas memang membutuhkan perabot khusus guna mempercantik interior dapur dan ruang tamu. Apabila Anda belum memiliki perabotan yang Anda inginkan, tentu saja Anda harus mengeluarkan anggaran untuk memesan atau membeli perabotan yang paling sesuai.

Demikianlah ulasan kami tentang cara menata ruang tamu dan dapur dengan konsep minimalis kekinianPastikan bahwa sebelum Anda melakukan perombakan terhadap desain ruang tamu dan makan, Anda sudah mengetahui budget yang harus Anda miliki terlebih dahulu. Bahkan jika Anda memiliki budet yang minim, Anda tentu harus melakukan kreativitas lebih dengan barang yang tersedia guna mendukung penataan ruang tamu dan dapur yang ideal. Pastikan juga Anda untuk memahami cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa dengan cara yang simpel.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed