oleh

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Minimalis yang Praktis

Dalam konsep hunian rumah minimalis, ada banyak hal hal yang bisa kita rancang dengan desain seefisen mungkin. Tujuan utama dari desain ini adalah untuk memaksimalkan penataan ruang, dipadukan dengan pemilihan furniture yang tepat untuk masing-masing ruangan. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan fokus membahas 2 ruangan yang layak diprioritaskan untuk didekorasi dengan konsep minimalis, yaitu ruang tamu dan dapur. Dua ruangan tersebut merupakan interior yang dapat tak habis untuk dimake over dengan berbagai rancangan dengan tema minimalis. Lantas bagaimana cara menata ruang tamu dan dapur minimalis yang tepat? Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Minimalis, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka
Ruang tamu dan dapur yang menyatu dalam satu ruangan – Diminimalis.com

Cara menata ruang tamu dan dapur minimalis yang praktis

Cara menata ruang tamu minimalis

Di sini kita akan mulai dengan penataan bagian ruang tamu terlebih dahulu, berikut ini beberapa upaya yang bisa Anda aplikasikan.

1. Gunakan warna-warna terang dan lembut.
Sudah umum dipahami bahwa warna terang dan kalem (soft) di dinding dan lantai bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih besar dan lebih cerah. Seperti misalkan memadukan gorden berwarna beige, dinding warna pink, karpet berwarna krem dengan lantai yang berwarna putih.

2. Tambahkan cermin.

ruang tamu klasik, desain ruang tamu klasik sederhana, desain ruang tamu klasik modern
Ruang tamu dengan cermin lebar di dindingnya, memberikan kesan klasik dan mewah – Diminimalis.com

Letakkan cermin di seberang jendela agar cahaya yang masuk akan berpendar ke seluruh ruangan, sehingga membuatnya nampak lebih luas. Hal ini berlaku pula saat malam tiba, manakala cahaya lampu akan memancar dari cermin. Semakin besar cerminnya, tentu kesan luas yang diberikan akan lebih maksimal.

3. Tambahkan beberapa aksesoris mengkilap.
Lampu hias yang mengilap dan ornamen yang berkilauan akan memiliki efek yang sama seperti cermin, karena dapat memantulkan cahaya dan mencerahkan ruangan. Hal tersebut akan membantu untuk menghadirkan ruangan agar terkesan luas.

4. Cocokkan warna tirai/gorden pada dinding.
Tirai/gorden yang menyatu dengan dinding akan membuat ruangan terasa jauh lebih besar. Caranya adalah dengan menyamakan warna tirai/gorden dengan warna dinding. Misalkan putih dengan putih, biru muda dengan biru muda dan lain sebagainya.

5. Pilih furnitur berukuran kecil.

Memilih furniture yang menyesuaikan dengan keterbatasan ruang, merupakan hal wajib untuk mendapatkan ruang tamu yang ideal. Jika sekiranya ruang tamu Anda tidak cukup untuk menempatkan seperangkat sofa berukuran besar, gunakan saja kursi kayu tradisional berlapis busa. Atau bila Anda ingin lebih mengefisienkan ruangan, Anda bisa menerapkan ruang tamu lesehan, dan cukup menenmpatkan karpet yang cantik pada ruang tamu Anda.

6. Tambahkan tanaman hias.
Tanaman hias apapun yang berwarna hijau atau bunga-bunga kecil yang cantik, akan selalu berhasil membuat ruang terkecil sekalipun terasa lebih segar dan ringan. Jika Anda tidak memiliki banyak ruang di lantai, cobalah dengan pot gantung atau letakkan pot-pot kecil berisi tanaman di rak gantung. Semprot dengan air setiap hari, agar tanaman Anda selalu sehat dan segar.

Jangan lupa juga untuk menambah berbagai hiasan dinding untuk agar cara menata ruang tamu dan dapur minimalis Anda lebih maksimal. Pastikan juga untuk tidak melakukan penataan hiasan ini sekedarnya saja. Pasalnya, penataan hiasan interior yang asal-asalan dan tak terkonsep justru hanya akan terlihat semakin berantakan. Sehingga setiap penataannya membutuhkan perhitungan yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk penataan hiasan dinding untuk keindahan interior ruang tamu pada rumah minimalis Anda.

Cara Menata Dapur minimalis

Setelah kita mengonsep penataan ruang tamu, kita bisa lanjut merancang dekorasi dapur minimalis yang praktis, berikut tahapannya.

1. Pilih Warna yang Pas
Meski sebenarnya warna bebas ditentukan oleh Anda sebagai pemilik rumah, namun disarankan untuk memilih warna terang untuk dapur kecil untuk memberi kesan luas dan lapang. Jika ingin memakai warna gelap, ada baiknya diaplikasikan di bagian-bagian tertentu saja. Dengan pemilihan warna interior dapur yang tepat Anda akan dapat meningkatkan mood Anda saat memasak.

2. Tentukan Ukuran yang Pas
Jika Anda memiliki ruang dapur yang terbatas, ada baiknya memilih ukuran perabotan dapur yang pas. Misalnya memilih lemari es dan kompor yang berukuran sedang dan membuat lemari kabinet bersusun ke atas untuk menghemat ruang. Semua ini bergantung pada selera dan luasnya dapur minimalis Anda.
Untuk memudahkan Anda saat memasak, buatlah beberapa laci pada pinggir meja dapur sebagai tempat menyimpan alat-alat masak, seperti pisau, alat-alat menggoreng, termasuk perlengkapan untuk makan. Anda juga dapat menempatkan satu keranjang sampah tertutup di bawah meja dapur agar sisa bahan memasak dapat langsung dibuang dengan rapi.

3. Peletakan Perkakas Dapur

Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat , Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
Letakkan peralatan dapur dengan penataan yang tepat – diminimalis.com

Ada baiknya kita memisahkan ruang peralatan berdasarkan intensitas pemakaiannya. Sediakan laci atau tempat terjangkau untuk meletakkan peralatan yang sering digunakan, supaya Anda tidak kerepotan saat hendak menggunakannya. Untuk peralatan-peralatan yang jarang digunakan, lebih baik ditempatkan di area terpisah sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda selama berada di dapur.

4. Gunakan Kanopi
Jika Anda ingin membuat dapur dengan suasana outdoor yang menyenangkan, maka Anda dapat menggunakan kanopi. Alat tersebut dapat membuat dapur idaman Anda tahan terhadap sinar dan panas matahari. Hanya dengan menyediakan dana yang terjangkau, maka Anda sudah bisa mendapatkan kanopi tersebut. Dengan demikian, dapur idaman Anda dapat terwujud dengan dana terbatas.

Demikian ulasan kami tentang cara menata ruang tamu dan dapur minimalis yang praktis. Dengan menerapkan cara sederhana untuk memaksimalkan desain ruang tamu dan dapur Anda, interior rumah minimalis Anda akan tampak lebih manis tanpa dekorasi yang ribet. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang mendambakan memiliki ruang tamu dan dapur ideal di rumah minimalis tercinta. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed