Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara Menanam Pohon Kurma di Halaman Rumah Tanpa Susah

cara menanam pohon kurma, cara membedakan pohon kurma jantan dan betina, berapa lama pohon kurma berbuah

Ada yang tahu, cara menanam pohon kurma yang benar? Belakangan ini cukup ramai promo investasi kavling kebun kurma di beberapa daerah di Jawa barat dan Kalimantan selatan. Promo tersebut juga menyertakan perhitungan hasil kurma yang melimpah dan estimasi keuntungan yang wah.

Kenapa baru sekarang promonya mulai gencar? Meski kesuburan tanah Indonesia begitu meleganda,   namun urusan penanaman pohon kurma memang tidak semata-mata bergantung atas faktor tanah saja. Kita tentu sangat mafhum, bahwa  kurma adalah pohon asli gurun, bukan pohon tropis layaknya pohon- pohon di Indoensia. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM.

Meski kita paksa-paksakan menanamnya di sini dan bisa  hidup, bukan berarti bisa menghasilkan buah yang bagus. Maka pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan membahas bagaimana cara menanam pohon kurma yang benar. Agar adanya pohon kurma di halaamn rumah minimalis Anda, bukan hanya sekdear dijadikan tanaman hias yang ekslusif. Sukur-sukur bila berbuah banyak dan lebat, tentu akan membuat taman Anda nampak menawan di mata orang.

cara menanam pohon kurma, cara membedakan pohon kurma jantan dan betina, berapa lama pohon kurma berbuah
Pohon kurma yang menawan di halaman rumah minimalis – diminimalis.com

Kurma sendiri merupakan keluarga dari pohon sejenis palem. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak, semi-kering dan kering. Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung sumber vitamin C dan energi sebesar 230 kcal.

Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka dapat tumbuh dengan mudah dari bakal biji, tetapi hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tanaman, karena bisa menghasilkan panen yang banyak serta buah yang manis dan besar. Tanaman yang tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tanaman yang menggunakan bibit. (Wikipedia).

Cara Menanam Pohon Kurma yang Baik dan Benar

Di bawah ini merupakan beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan apabila ingin menanam pohon kurma di taman rumah minimalis Anda.

1. Siapkan bibit berkualitas

Sebagian penjual tanaman buah sudah banyak yang mulai menjual bibit kurma. Anda bisa membeli dalam bentuk bibit atau biji. Bila Anda membeli dalam bentuk biji, maka biji kurma tersebut perlu direndam terlebih dahulu selama 2×24 jam.

2. Siapkan biji kurma di dalam wadah

Usahakan wadah yang Anda gunakan memiliki kelembaban yang cukup stabil, oleh karena itu Anda bisa menambahkan tisu basah dan cek kelembabannya setiap saat. Setelah berselang beberapa hari, biji kurma tadi akan memunculkan tunas-tunas.

3. Pindahkan ke media baru

Setelah itu, Anda perlu memindahkan biji kurma yang sudah bertunas tadi ke wadah yang baru, misalnya polybag ataupun pot yang berukuran kecil. Kemudian setelah daunya tumbuh kira-kira mencapai setengah sentimeter, Anda bisa pindahkan bibit kurma tersebut pada lahan yang sudah disiapkan.

4. lakukan  penyerbukan.

Jenis kurma jantan dan betina dikawinkan, penyerbukan ini bisa dilakukan dengan cara mengikat bunga jantan dan betina, kemudian dilanjutkan dengan merontokkan serbuk sari jantan ke betina. Pohon betina memiliki ciri dapat menghasilkan anakan di sekitarnya pada umur 3 tahun. Ciri inilah yang nanti bisa Anda jadkan acuan untuk membedakannya.

5. lakukan beberapa perawatan

cara menanam pohon kurma, cara membedakan pohon kurma jantan dan betina, berapa lama pohon kurma berbuah
Pohon kurma yang terawat dapat menghasilkan buah yang lebat – diminimalis.com

Dengan cara memberikan pupuk serta hindarkan dari gangguan burung dan lalat. Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, perlu digaris bawahi juga, bahwa pohon kurma dapat tumbuh di iklim yang panas dan kering, serta toleran terhadap tanah basah dan bergaram. Suhu rata-rata supaya pohon kurma dapat tumbuh yaitu 12.7—27.50c. Sementara pada saat penyerbukan hingga pematangan, suhu idealnya kisaran 21—270c.

5 tahapan cara menanam pohon kurma di atas bisa Anda lakukan apabila menamannya dengan cara pembibitan, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, akan lebih baik bila Anda menaman pohon kurma dengan metode stek. Pohon kurma dapat berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.